TAK terasa waktu terus berlalu dan
kita sampai di penghujung tahun. Beberapa saat lagi tahun 2011 akan
menjadi kenangan dan tahun 2012 akan menyambut kita semua. Malam
pergantian tahun baru masehi sangat ditunggu-tunggu oleh semua kalangan.
Tidak saja dibelahan bumi lain seperti di Eropa dan Amerika, masyarakat
kita juga sibuk dan sangat menanti-nantikan malam pergantian tahun
tersebut.
Berbeda
halnya dengan pergantian tahun baru hijriah, banyak masyarakat yang
tidak merayakannya, bahkan sekadar tahu saja mereka mungkin tidak.
Memang perayaan tahun baru hijriah tidak dituntut untuk merayakannya
dengan menyalakan kembang api, meniup terompet, ataupun kumpul di pusat
kota dengan tujuan yang tidak jelas. Tetapi lebih kepada bagaimana
memaknainya.
Kita
lebih dituntut untuk merefleksikan apa yang telah kita lakukan pada
tahun sebelumnya, dan diharapkan lebih baik pada tahun selanjutnya.
Sungguh ironis, hal tersebut terjadi di bumi Aceh yang mayoritas
penduduknya beragama Islam. Masyarakat lebih mengenal dan menantikan
detik-detik pergantian tahun baru masehi.
Melihat
fenomena tersebut, penulis merasa tergugah untuk sedikit mengupas
sejarah dan pandangan Islam terhadap tahun baru masehi.
Sejarah tahun baru masehi
Sejak
Abad ke-7 SM bangsa Romawi kuno telah memiliki kalender tradisional.
Namun kalender ini sangat kacau dan mengalami beberapa kali perubahan.
Sistem kalendar ini dibuat berdasarkan pengamatan terhadap munculnya
bulan dan matahari, dan menempatkan bulan Martius (Maret) sebagai awal
tahunnya.
Pada tahun 45 SM Kaisar Julius Caesar mengganti kalender tradisional ini dengan Kalender Julian. Urutan bulan menjadi: 1) Januarius, 2) Februarius, 3) Martius, 4) Aprilis, 5) Maius, 6) Iunius, 7) Quintilis, 8) Sextilis, 9) September, 10) October, 11) November, 12) December. Di tahun 44 SM, Julius Caesar mengubah nama bulan “Quintilis” dengan namanya, yaitu “Julius” (Juli).
Sementara pengganti Julius Caesar, yaitu Kaisar Augustus, mengganti nama bulan “Sextilis” dengan nama bulan “Agustus”. Sehingga setelah Junius, masuk Julius, kemudian Agustus. Kalender Julian ini kemudian digunakan secara resmi di seluruh Eropa hingga tahun 1582 M ketika muncul Kalender Gregorian.
Pada tahun 45 SM Kaisar Julius Caesar mengganti kalender tradisional ini dengan Kalender Julian. Urutan bulan menjadi: 1) Januarius, 2) Februarius, 3) Martius, 4) Aprilis, 5) Maius, 6) Iunius, 7) Quintilis, 8) Sextilis, 9) September, 10) October, 11) November, 12) December. Di tahun 44 SM, Julius Caesar mengubah nama bulan “Quintilis” dengan namanya, yaitu “Julius” (Juli).
Sementara pengganti Julius Caesar, yaitu Kaisar Augustus, mengganti nama bulan “Sextilis” dengan nama bulan “Agustus”. Sehingga setelah Junius, masuk Julius, kemudian Agustus. Kalender Julian ini kemudian digunakan secara resmi di seluruh Eropa hingga tahun 1582 M ketika muncul Kalender Gregorian.
Januarius
(Januari) dipilih sebagai bulan pertama, karena dua alasan. Pertama,
diambil dari nama dewa Romawi “Janus” yaitu dewa bermuka dua ini, satu
muka menghadap ke depan dan yang satu lagi menghadap ke belakang. Dewa
Janus adalah dewa penjaga gerbang Olympus. Sehingga diartikan sebagai
gerbang menuju tahun yang baru.
Kedua,
karena 1 Januari jatuh pada puncak musim dingin. Di saat itu biasanya
pemilihan konsul diadakan, karena semua aktivitas umumnya libur. Di
bulan Februari konsul yang terpilih dapat diberkati dalam upacara
menyambut musim semi yang artinya menyambut hal yang baru. Sejak saat
itu Tahun Baru orang Romawi tidak lagi dirayakan pada 1 Maret, tapi pada
1 Januari. Tahun Baru 1 Januari pertama kali dirayakan pada tanggal 1
Januari 45 SM.
Orang Romawi merayakan Tahun Baru dengan cara saling memberikan hadiah potongan dahan pohon suci. Belakangan, mereka saling memberikan kacang atau koin lapis emas dengan gambar Dewa Janus. Mereka juga mempersembahkan hadiah kepada kaisar.
Orang Romawi merayakan Tahun Baru dengan cara saling memberikan hadiah potongan dahan pohon suci. Belakangan, mereka saling memberikan kacang atau koin lapis emas dengan gambar Dewa Janus. Mereka juga mempersembahkan hadiah kepada kaisar.
Pandangan Islam
Firman
Allah SWT dalam surah al-Furqan ayat 72, yang artinya: “Dan orang-orang
yang tidak memberikan persaksian palsu, dan apabila mereka bertemu
dengan (orang-orang) yang mengerjakan perbuatan-perbuatan yang tidak
berfaedah, mereka lalui (saja) dengan menjaga kehormatan dirinya.”
Dalam
ayat tersebut terdapat kata “al-Zur” (perbuatan-perbuatan yang tidak
berfaidah). Menurut Ulama Tafsir, maksud al-Zur adalah
perayaan-perayaan orang kafir (Ibn Kasir, 6/130). Jelas dari pada ayat
ini Allah melarang kaum muslimin menghadiri perayaan kaum muyrikin.
Hadis
Sahih al-Bukhari dan Muslim berikut ini, sabda Rasulullah SAW yang
artinya: “Sesungguhnya bagi setiap kaum (agama) ada perayaannya dan hari
ini (Idul adha) adalah perayaan kita”. Oleh Syekh Ibnu Hajar
Al-Asqalani menjelaskan maksud hadis tersebut bahwa dilarang melahirkan
rasa gembira pada perayaan kaum musyrikin dan meniru mereka (dalam
perayaan). (Fathul Bari, 3/371).
Dalam
adat masyarakat Aceh yang identik dengan nilai-nilai Islam, dulu hanya
merayakan peringatan hari besar Islam saja seperti perayaan maulid dan
tahun baru hijriah yang malamnya dihiasi dan dihidupkan dengan dalail
khairat di balee dan meunasah.
Melihat
sejarah, pandangan Islam serta adat Islami dalam masyarakat Aceh, tidak
ada celah sedikit pun bagi umat Islam untuk ikut merayakan atau sekadar
untuk mengucapkan “happy new years”. Pada kenyataannya, pada malam
tahun baru dihiasi dengan berbagai hiburan yang menarik dan sayang untuk
dilewatkan. Muda-mudi tumpah ruah di jalanan, berkumpul di pusat kota
menunggu pukul 00.00, yang seolah-olah dalam pandangan sebagian orang
“haram” untuk dilewatkan.
Sudah sepantasnya umat Islam menghidupkan kembali syiar-syiar Islam. Jika tidak tradisi Islam akan tergerus tanpa ada yang peduli. Toh, kita semua ini manusia yang harus taat dan menjunjung tinggi aturan Allah. Tidak ada alasan untuk menafikan syiar-syiar Islam. Pantaskah kita menenggelamkan syiar Islam dan menghidupkan syiar budaya Barat?
Muftahuddin H. Lidan, Serambinews.
Sumber: yasirmaster
Arief
Tidak ada komentar:
Posting Komentar