WELCOME TO THE BLOG SERBA SERBI.

Selasa, 22 November 2011

SEA Games XXVI

PALEMBANG - SEA Games XXVI di Jakarta dan Palembang akhirnya resmi ditutup dalam closing ceremony di Stadion Jakabaring Palembang, Selasa malam ini. Dalam sambutannya, Wakil Presiden Boediono pun menyambut sukses prestasi Indonesia yang sukses menjadi juara umum.

“Akhirnya dengan mengucap Alhamdullilah SEA Games XXVI, secara resmi ditutup,” kata Boediono di Stadion Jakabaring Palembang , Selasa (22/11/2011).

Boediono pun memberikan apresiasi besar kepada seluruh pihak yang membantu penyelenggaraan SEA Games.Dan dia berharap SEA Games ini semakin mempererat kebersamaan antara negara di Asia Tenggara.

“Api yang sudah menyala di dada tidak boleh surut padam. Api itulah yang akan terus mengingatkan dan menghangatkan persahabatan masyarakat Asia Tenggara,” katanya.Dalam pidatonya, Boediono juga mengucapkan belasungkawa terhadap insiden tewasnya dua suporter di Stadion Gelora Bung Karno saat laga Timnas Indonesia menghadapi Thailand kemarin.

Di bagian lain, Ketua KONI/KOI Rita Subowo dan Menegpora Andi Mallarangeng dalam sambutannya juga mengingatkan arti penting kebersamaan yang diusung dalam even SEA Games ini. Tak lupa keduanya mengucapkan selamat kepada kontingen Indonesia yang telah meraih gelar juara umum.

Pesta olahraga se Asia Tenggara ini berlangsung sejak 11 November hingga 22 November 2011 dan memperlombakan 44 cabang olahraga. Indonesia sukses menjadi juara umum dengan perolehan 182 emas, 151 perak dan 143 perunggu. Disusul Thailand di tempat kedua dengan 109 emas, 100 perak dan 120 perunggu. Di tempat ketiga Vietnam mengantongi 96 emas, 92 perak dan 100 perunggu.

Acara penutupan digelar meriah, dan diikuti suguhan artistik para penari dan tata visual yang megah.Sebagai tanda berakhirnya, SEA Games 2011 ini, bendera SEA Games pun diturunkan. Di penghujung acara akan dimeriahkan dengan pesta kembang api.Setelah dilangsungkan di Indonesia, SEA Games selanjutnya akan digelar di Myamar pada 2013 mendatang.
(fit)

Sumber: http://sports.okezone.com/read/2011/11/22/462/532903/sea-games-2011-resmi-berakhir



Pesta Olahraga Asia Tenggara 2011 (bahasa Inggris: South East Asian Games 2011 disingkat SEA Games 2011) merupakan Pesta Olahraga Asia Tenggara yang diselenggarakan di selama 12 Hari di Jakarta dan Palembang, Indonesia, pada 11-22 November 2011.
Jakarta sudah pernah menyelenggarakan SEA Games 3 kali, yaitu pada tahun 1979, 1987, dan 1997. Palembang akan menjadi kota ketiga yang menyelenggarakan SEA Games di luar ibu kota negara setelah Chiang Mai dan Nakhon Ratchasima, Thailand.
Juara umum Pesta Olahraga Asia Tenggara 2011 ke-26 adalah Indonesia.

Pertunjukan kembang api setelah penyulutan obor menandai dimulainya SEA Games XXVI di Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia pada tanggal yang istimewa, Jumat, 11-11-2011.

1. Organisasi

1.1. Panitia penyelenggara


Stadion Sriwijaya Tempat Pembukaan Sea Games 2011.

Jakabaring Aquatic Center, ajang cabang olahraga renang dan loncat indah di Palembang

Lumban Tirta Swimming Pool Palembang.

GOR Ciracas Pasar Rebo untuk cabang olahraga Kempo.

Britama Sport Kelapa Gading untuk cabang olahraga Bola Basket
.
Indonesia South East Asian Games Organizing Committee, atau INASOC, merupakan panitia penyelenggara ajang ini. Badan ini juga menjadi panitia penyelenggara untuk ASEAN ParaGames 2011. Ketua Umum INASOC dijabat oleh Rita Subowo, yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia, dan Rachmat Gobel, seorang pengusaha Indonesia dan Presiden Direktur PT Panasonic Gobel Indonesia, menjabat sebagai Direktur Jenderal.[2][3]

 

Biaya

Dari APBN Indonesia 2010, dianggarkan total biaya sebesar 350 miliar rupiah (± 38,7 juta dolar AS), sementara dari APBN Indonesia 2011 dianggarkan total biaya senilai 2,1 triliun rupiah (± 230 juta dolar AS).[4]
Menurut Menpora, Andi Mallarangeng, Pemerintah Indonesia menambah anggaran senilai 1 triliun rupiah (± 110 juta dolar AS) dari APBN termasuk 600 miliar rupiah dari anggaran untuk sektor pendidikan, dan sumbangan dana dari sponsor.

 

Tuan rumah

Palembang sendiri dipilih menjadi tuan rumah utama SEA Games XXVI berdasarkan keputusan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang menilai atas Palembang merupakan kota yang paling bersemangat dengan disertai kesiapan fasilitas gelanggang olahraganya.

Pada awalnya pemerintah mengumumkan bahwa SEA Games 2011 akan digelar di empat provinsi, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Jakarta, dan Sumatera Selatan. Bandung dan Semarang dipilih menjadi nominasi tuan rumah SEA Games 2011 menyusul janji Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla ketika pemilihan tuan rumah Pekan Olahraga Nasional 2012. Namun, untuk mengoptimalkan pelaksanaannya, Ketua KOI dan KONI, Rita Subowo, menunjuk 2 kota lain, yaitu Jakarta dan Palembang sebagai supporting hosts. Akan tetapi gagasan penyelenggaraan di empat provinsi ini akhirnya ditinggalkan, dan tuan rumah diberikan hanya kepada Palembang dan Jakarta. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menyarankan dua provinsi cukup untuk menggelar SEA Games 2011 Indonesia, dengan alasan untuk mengurangi biaya operasional, serta mempermudah koordinasi penyelenggaraan.[5]

Tempat penyelenggaraan

Venue di Palembang[6]
Venue Olahraga
Gedung Serbaguna Dempo Senam (aerobik)
Kompleks Olahraga Dempo Angkat beban
Gedung Serbaguna Jakabaring Gulat
Kompleks Olahraga Jakabaring Akuatik (renang, selam, renang indah), atletik,
bisbol, finswimming, pétanque, sepatu roda, menembak, sofbol,
tenis, soft tennis, voli pantai, panjat tebing, ski air
Jakabaring Billiard Arena Billiar dan snooker
Hotel Jayakarta Catur
Lumban Tirta Arena Akuatik (polo air)
Ranau Gymnastic Hall Senam (artistik dan ritmik)
SPC Jakabaring Sepak takraw
Hotel Swarna Dwipa Bridge
Universitas Sriwijaya Tinju, voli (indoor)
Venue di Jakarta[6]

Padepokan Pencak Silat
Venue Olahraga
Ancol Balap sepeda (BMX)
Arthayasa Stables and Country Club Berkuda
Bowling Jaya Ancol Boling
Gelanggang Remaja Tanjung Priok Vovinam
Gelora Bung Karno Sepak bola
Gunung Mas Paralayang
Gunung Pancar Balap sepeda (MTB)
Jagorawi Country Club Golf , Lawn bowls
Danau Cipule Kano/kayak, dayung, perahu naga
Stadion Lebak Bulus Sepak bola
Kelapa Gading Judo Center Judo
Kelapa Gading Sports Mall Bola basket
Padepokan Pencak Silat Pencak silat
POPKI Sport Hall Futsal, Taekwondo
Pulau Putri Akuatik (renang terbuka)
Istora Senayan, Lapangan ABC, Tennis Indoor Panahan, bulu tangkis, karate, wushu
Stadion Soemantri Brodjonegoro Tenis meja
Subang Road Balap sepeda (road race)
Universitas Indonesia Anggar
Velodrome Rawamangun Balap sepeda (track)

Wisma atlet

Jakabaring, Palembang akan menampung seluruh atlet dari 11 negara peserta di wisma atlet seluas 45.000 meter persegi. Letak wisma atlet ini tepat di depan GOR Jakabaring

Lagu dan slogan

Lagu resmi Pesta Olahraga Asia Tenggara ke-26 pada tahun 2011 adalah :
  • "Ayo, Indonesia Bisa" (Ello dan Sherina Munaf), dan
  • "Kita Bisa" (Yovie dan Temannya (Dudi Nuno, Dikta Nuno, Ello, Judika, Terry, Astrid dan Lala Karmela))
Kedua lagu tersebut diciptakan oleh Yovie Widianto. Pada lagu Kita Bisa ditampilkan penyanyi dan para atlet-atlet Indonesia yang bertanding dalam Pesta Olahraga Asia Tenggara ke-26. Pada acara penutupan SEA Games, Lala Karmela akan menyanyikan kedua lagu ini sebelum obor dimatikan.

Pada pembukaan acara SEA Games, para penyanyi ASEAN seperti Agnes Monica, Jaclyn Victor dan KC Concepcion menyanyikan lagu "Together We Will Shine" yang di aransemen oleh Addie MS dari lagu yang diciptakan oleh Jozef Cleber.[7] [8]

Slogan Pesta Olahraga Asia Tenggara ke-26 pada tahun 2011 adalah United & Rising (Bersatu & Bangkit).

Logo dan maskot


Logo resmi SEA Games 2011 adalah guratan-guratan yang menyerupai burung garuda, lambang negara Indonesia

Logo SEA Games 2011 adalah burung Garuda yang juga merupakan lambang negara Indonesia.[9] Garuda secara fisik melambangkan kekuatan dan kepak sayapnya mempresentasikan kemegahan dan kejayaan. Tarikan guratan hijau berbentuk gunung melambangkan alam pegunungan Indonesia dan di bagian bawah guratan gelombang berwarna biru melambangkan samudera nusantara. Warna merah di kepalanya melambangkan keberanian dan semangat membara untuk memberikan hasil yang terbaik bagi bangsa. [10] Disamping itu, burung Garuda di ranah Global dikenal secara luas dan langsung terasosiasikan dengan Indonesia. Logo ini diperkenalkan dalam Pertemuan Menteri dalam Rangka Persiapan SEA Games di Jakarta, 3 Desember 2010[11] dan diluncurkan tepat 300 hari sebelum SEA Games XXVI, 15 Januari 2011 di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah.[12]

Maskot


Maskot SEA Games 2011 'Modo dan Modi'

Maskot Modo dan Modi di ajang SEA Games

Maskot resmi SEA Games 2011 ini adalah Modo dan Modi, sepasang komodo. Maskot ini diadopsi dari binatang komodo sebagai hewan purba endemik kebanggaan Indonesia, yang terdapat di Taman Nasional Komodo, meliputi pulau Komodo, pulau Rinca, dan pulau Padar, Nusa Tenggara Timur. Modo adalah komodo jantan yang mengenakan kostum tradisional Indonesia berwarna biru dengan selempang sarung batik. Sementara, Modi adalah komodo betina yang mengenakan kebaya merah juga dengan selendang dan kain batik. "Modo" adalah singkat dari nama Komodo, sementara "Modo-Modi" adalah ejaan modifikasi dari Muda-Mudi yang berarti "pemuda-pemudi", dalam bahasa Indonesia yang berarti remaja-remaja Indonesia. Modo dan Modi ini mempunyai sifat pekerja keras, jujur, adil, ramah, bersahabat, dan sportif. Sifat Modo dan Modi yang serba positif dan mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia ini diharapkan dapat melestarikan keharmonisan kerjasama dan persahabatan sesama negara peserta SEA Games. Maskot ini telah diperkenalkan tepat 200 hari sebelum SEA Games XXVI yaitu pada hari Senin, 25 April 2011 di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, dan di Monumen Selamat Datang di Jakarta Pusat.

Sebelumnya, pemerintah Palembang telah memilih gajah sumatera sebagai maskot melalui sebuah sayembara terbuka, tapi ada saran dari Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono dan KONI untuk menggunakan burung Rajawali. Setelah terpilihnya komodo, maka gagasan maskot gajah sumatera maupun rajawali disingkirkan. Keputusan untuk memilih Komodo sebagai maskot SEA Games 2011 ini, dipilih sebagai upaya Indonesia untuk mempromosikan Taman Nasional Komodo sebagai kandidat Tujuh Keajaiban Alam Dunia.


Penyelenggaraan

Hitung mundur

Pada tanggal 10 November 2010 di Palembang, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia memulai hitung mundur satu tahun menuju SEA Games 2011.[14] Acara pembukaan sendiri akan digelar pada tanggal 11 November 2011. Tanggal ini dipilih karena keunikan angkanya yang semuanya menunjukkan angka sebelas: 11-11-2011.

Upacara pembukaan dan penutupan


Atlet tuan rumah Indonesia tengah melakukan defile di depan podium kehormatan saat acara pembukaan SEA Games 2011, di Palembang Jumat 11-11-2011. Stadion Gelora Sriwijaya Palembang.

Upacara pembukaan dilaksanakan di Stadion Gelora Sriwijaya, pada 11 November 2011 malam hari. Upacara penutupan juga akan dilaksanakan di Stadion Gelora Sriwijaya Palembang[15] [16]. Palembang menyelenggarakan 21 cabang olahraga dari total 44 cabang olahraga.

Cabang olahraga

SEA Games 2011 akan mempertandingkan berbagai nomor lomba dari 44 cabang olahraga.[17]
  • Akuatik
    • Menyelam
    • Polo air
    • Renang
    • Renang indah
    • Renang udara terbuka
  • Anggar
  • Angkat besi
  • Atletik
  • Balap sepeda
    • BMX
    • MTB
    • Road
    • Track
  • Berkuda
  • Billiar dan snooker¹
  • Binaraga
  • Bisbol
  • Bola basket
  • Bola voli
    • Indoor
    • Pantai
  • Boling¹
  • Bridge³
  • Bulu tangkis (detil)
  • Catur¹
  • Dayung
  • Finswimming²
  • Futsal
  • Gulat
  • Judo
  • Kano/Kayak
  • Karate¹
  • Kempoʰ
  • Layar
  • Menembak
  • Panahan
  • Panjat tebingʰ
  • Paralayang³
  • Pencak silat²
  • Perahu naga¹
  • Petanque²
  • Senam
  • Sepak bola (detil)
  • Sepak takraw²
  • Sepatu rodaʰ
  • Ski airʰ
  • Sofbol°
  • Soft tennis°
  • Taekwondo
  • Tenis
  • Tenis meja
  • Tinju
  • Vovinam²
  • Wushu¹
  •  

Cabang olahraga eksibisi:
  • Kriket
  • Tarung derajat - Seni beladiri yang berasal dari Sunda[18][19]
1 – bukan cabang olahraga Olimpiade resmi
2 – cabang olahraga yang hanya dipertandingkan di SEA Games
3 – bukan cabang olahraga Olimpiade atau SEA Games tradisional dan dipertandingkan hanya oleh negara tuan rumah.
o – bekas cabang olahraga Olimpiade resmi, tidak diselenggarakan di negara-negara tuan rumah sebelumnya dan dipertandingkan hanya oleh negara tuan rumah.
h – cabang olahraga yang tidak dipertandingkan di edisi sebelumnya dan dipertandingkan kembali oleh negara tuan rumah.


Negara peserta

      Tuan rumah
Negara Atlet Ofisial Ref
Kode IOC Nama P W Jml P W Jml
BRU  Brunei (BRU)






PHI  Filipina (PHI)

512

140 [20]
INA  Indonesia (INA)

1059

393 [21]
CAM  Kamboja (CAM) 135 28 163 63 4 67 [22]
LAO  Laos (LAO)






MAS  Malaysia (MAS)

891


[23]
MYA  Myanmar (MYA) 282 195 477 179 67 246 [24]
SIN  Singapura (SIN)

417

206 [25]
THA  Thailand (THA)

882

338 [26]
TLS  Timor Leste (TLS)






VIE  Vietnam (VIE)

608

260
Jumlah





Perolehan medali

      Tuan rumah
Peringkat Negara Medali emas Emas Medali perak Perak Medali perunggu Perunggu Jumlah medali
1  Indonesia (INA) 182 151 143 476
2  Thailand (THA) 109 100 120 329
3  Vietnam (VIE) 96 92 100 288
4  Malaysia (MAS) 59 50 81 190
5  Singapura (SIN) 42 45 73 160
6  Filipina (PHI) 36 56 77 169
7  Myanmar (MYA) 16 27 36 80
8  Laos (LAO) 9 12 36 57
9  Kamboja (CAM) 4 11 24 39
10  Timor Leste (TLS) 1 1 6 8
11  Brunei (BRU) 0 4 7 11
Total 554 549 704 1807
Sumber: Situs web resmi SEA Games XXVI 2011, Jakarta-Palembang

 

Welcome To Palembang








    Referensi

    1. Kalender Pelaksanaan SEA Games ke-26 tahun 2011
    2.  http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=165197:panitia-sea-games-diumumkan-januari-2011&catid=22&Itemid=41
    3. www.depdagri.go.id/media/documents/2010/.../keppres_no.03-2010.doc
    4.  pt. kompas cyber media. "SEA Games Butuh Biaya Rp 2,1 T - KOMPAS.com". Olahraga.kompas.com. Diakses pada 2 Juni 2011.
    5.  "2 provinces enough for 2011 SEA Games: SBY". Diakses pada 8 Agustus 2010.
    6.  "SEAGAMES 26th". Seag2011.com. 6 September 2006. Diakses pada 2 Juni 2011.
    7.  "'Kita Bisa' Yovie Jadi Official Song SEA Games XXVI". Diakses pada 14 November 2011.
    8.  "Agnes Monica and Jaclyn Victor Collaboration in SEA Games". Diakses pada 14 November 2011.
    9. Burung Garuda : Logo of 2011 Indonesia SEA Games
    10.  http://bloggertouch.appspot.com/mobile13/post/8872654684479680526
    11.  http://www.dapunta.com/presiden-harapkan-sea-games-2011-kembalikan-kejayaan-indonesia.html
    12.  "VIVAnews - Garuda Jadi Logo SEA Games 2011". Sport.vivanews.com. Diakses pada 2 Juni 2011.
    13.  "Sponsor Resmi Sea Games 2011". The Official Website 26th SEA Games Jakarta-Palembang 11-22 November 2011. Diakses pada 7 November 2011.
    14.  "Hitung Mundur SEA Games 2011 Dimulai". 11 November 2010. Diakses pada 11 November 2010.
    15.  "Palembang Kota Pembuka dan Penutupan". 20 Juli 2010. Diakses pada 8 Agustus 2010.
    16.  "Presiden Setuju Sumsel Tempat Pembukaan SEA Games 2011". 12 Februari 2010. Diakses pada 16 Mei 2010.
    17.  "Indonesia 2011". 14 Desember 2009. Diakses pada 14 Desember 2009.
    18.  "Kota Palembang Tuan Rumah SEA Games 2011". 11 Juli 2009. Diakses pada 28 November 2009.
    19. "Tarung Derajat, Berawal dari Tempaan Hidup yang Keras". 10 November 2011. Diakses pada 21 November 2011.
    20.  PSC, private backers to send 512 SEAG bets
    21. BOLA.net
    22. Khmerbird:Cambodia to Send 163 Athletes to Attend 26th SEA Games in Indonesia
    23. Athletes told not to be distracted by trivial matters
    24.  [1]
    25.  SNOC issues final list of 419 athletes who will represent Singapore at SEA Games
    26.  www.komchadluek.net

    Pranala luar

    Arief

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Bebas Bayar

    bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

    gif maker

    Arifuddin Ali