Akhirat (Bahasa Arab: الآخرة; transliterasi: Akhirah)
dipakai untuk mengistilahkan kehidupan alam baka (kekal) setelah
kematian/ sesudah dunia berakhir. Pernyataan peristiwa alam akhirat
sering kali diucapkan secara berulang-ulang pada beberapa ayat di dalam Al Qur'an sebanyak 115 kali, yang mengisahkan tentang Yawm al-Qiyâmah dan akhirat juga bagian penting dari eskatologi Islam.
Akhirat dianggap sebagai salah satu dari rukun iman yaitu: Percaya Allah, percaya adanya malaikat, percaya akan kitab-kitab suci, percaya adanya nabi dan rasul
dan percaya takdir dan ketetapan. Menurut kepercayaan Islam, Allah akan
memainkan peranan, beratnya perbuatan masing-masing individu. Allah
akan memutuskan apakah orang tersebut di akhirat akan diletakkan di Jahannam (neraka) atau Jannah (surga).
Kepercayaan ini telah disebut sebelumnya sebagai Hari Penghakiman dalam ajaran Islam.
Akhirat adalah dimensi fisik dan hukum-hukum dunia nyata yang terjadi setelah dunia fana berakhir. Bagi mereka yang beragama samawi
meyakini bahwa kehidupan akhirat sebagai tempat dimana segala perbuatan
seseorang di dalam kehidupan dunia ini akan dibalas. Namun tidak
sedikit juga orang yang meragukan akan adanya kehidupan akhirat
(kehidupan setelah kematian). Mereka-mereka yang meyakini adanya
kehidupan akhirat ada yang menyatakan: 'Mudahnya meyakini adanya
kehidupan setelah kematian sama mudahnya dengan meyakini adanya hari
esok setelah hari ini, adanya nanti setelah sekarang, adanya memetik
setelah menanam'. Dengan meyakini adanya kehidupan akhirat setelah
kehidupan didunia ini akan menjaga seseorang dari bertindak sesuka
hatinya, karena ia yakin segala hal yang ia perbuat dalam kehidupannya
sekarang akan dituainya kemudian di alam setelah kematian.
1. Etimologi
Asal kata âkhirah (آخِرَة) adalah al-âkhir (الآخِر) yang berarti lawan dari al-awwal (الأوَّل) atau “yang terdahulu”. Kata itu juga berarti “ujung dari sesuatu”, yang biasanya menunjuk pada jangka waktu
Penggunaan kata âkhirah di dalam Al-Quran menunjuk pada pengertian
alam yang akan terjadi setelah berakhirnya alam dunia. Dengan kata lain,
kata âkhirah merupakan antonim dari kata dunia (misalnya, di dalam
Al-Baqarah 2:201 dan Al ‘Imran 3:152). Sejalan dengan pengertian asli
kata âkhirah, yang merupakan lawan dari yang awal, Al-Quran juga
menggunakan kata al-ûla (الأُوْلَى = yang pertama) untuk menunjuk pengertian dunia.
2. Fase Alam
2.1. Alam kubur
Sebelum terjadi hari kehancuran, bagi mereka yang telah mati akan mengalami fase kehidupan akhirat yang disebut alam barzakh
“ | Dan pada hari terjadinya kiamat, bersumpahlah orang-orang yang berdosa; "mereka tidak berdiam (dalam kubur) melainkan sesaat (saja)". Seperti demikianlah mereka selalu dipalingkan (dari kebenaran), Dan berkata orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan dan keimanan (kepada orang-orang yang kafir): "Sesungguhnya kamu telah berdiam (dalam kubur) menurut ketetapan Allah, sampai hari berbangkit; maka inilah hari berbangkit itu akan tetapi kamu selalu tidak meyakini (nya)." (Ar-Rum 55-56) | ” |
Barzah berarti sesuatu yang terletak di antara dua barang atau
penghalang. Pada masa itu ruh manusia sudah menyadari akan kebenaran
janji-janji Allah
“ | (Demikianlah keadaan orang-orang kafir itu), hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata:" Ya Tuhanku, kembalikanlah aku (ke dunia). Agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkannya saja. Dan di hadapan mereka ada dinding sampai hari mereka dibangkitkan.(al-Mu'minun 99-100) | ” |
Menurut syariat Islam, kepada mereka yang jahat sudah diperlihatkan
kehidupan mereka kelak setelah masa penghakiman selesai di neraka dan
selama itu pula mereka akan mendapatkan siksa kubur, dalam beberapa hadits Muhammad menyebutkannya sebagai "azab kubur."
2.2. Penghakiman
Hari ketika mulut dikunci, dan semua anggota badan memberikan
kesaksiannya kepada Allah SWT Yang Maha Adil. Hari penimbangan amal
kebajikan dan kejahatan semasa hidup di dunia.
3. Perhentian akhirat
Hadits yang diriwayatkan oleh Ali bin Abi Thalib
berkata: "Sesungguhnya pada hari kiamat ada lima puluh tempat
perhentian (stasiun), dan setiap stasiun lamanya seribu tahun. Stasiun
pertama adalah saat manusia keluar dari kuburnya, di sini mereka ditahan
selama seribu tahun dalam keadaan hina, lapar dan haus. Barangsiapa
yang keluar dari kuburnya dalam keadaan beriman kepada Tuhannya,
mempercayai surga dan neraka-Nya, mempercayai hari kebangkitan, hari
hisab dan hari kiamat, meyakini Allah dan membenarkan Nabi-Nya saw serta
ajaran yang dibawanya dari sisi Allah azza wa jalla, ia akan selamat
dari kelaparan dan kehausan."
4. Nama lain bagi hari akhirat
Hari akhirat memiliki beberapa nama lain (julukan) yang diberikan oleh Allah sendiri melalui firman-Nya di dalam Al Qur'an, di antaranya adalah:
- Al-Ghâsyiyah (Arab: الغاشية) - Peristiwa Yang Dahsyat
- Al-Qâri‘ah (Arab: القارعة) - Yang Menggemparkan
- Ar-Râjifah (Arab: الرجفة) - Yang Menggetarkan
- As-Sâ'ah (Arab: السَّاعَة) - Kehancuran
- Ash-Shakhah - Bencana yang memilukan
- At-Thaamah (Arab: اظمة) - Bencana
- Al-Wâqi‘ah (Arab: الْوَاقِعَةُ) - Peristiwa Yang Pasti Terjadi
- Al-Zalzalah (Arab: الزلزلة) - Kegoncangan
- Yawm ad-Dîn (Arab: يَوْمِ الدِّينِ) - Hari Penghakiman
- Yawm al-Âkhir (Arab: يَوْمِ الآخِرُ) - Hari Akhir
- Yawm al-Alîm Arab: يو م أليم) - Hari Yang Menyedihkan
- Yawm al-‘Azhim (Arab: يَوْمٌ عَظِيْمٌ ) - Hari Yang Besar
- Yawm al-Âzifah (Arab: يَوْمُ الآزِفَةِ) - Hari Yang Dekat
- Yawm al-Ba'ats (Arab: يوم البث) - Hari Kebangkitan
- Yawm al-Fashl (Arab: يَوْمُ الْفَصْلِ) - Hari Keputusan
- Yawm al-Fath (Arab: يَوْمُ الْفَتْحِ) - Hari Kemenangan
- Yawm al-Haqq (Arab: يَوْمُ الْحَقِّ) - Hari Kebenaran
- Yawm al-Hasrah (Arab: يَوْمٌ الْحَسْرَةِ) - Hari Penyesalan
- Yawm al-Hasyr (Arab: يوماالحشر) - Hari Perhimpunan
- Yawm al-Hisãb (Arab: يومالْحِسَابِ) - Hari Perhitungan
- Yawm al-Jam‘i' (Arab: يَوْمُ الْجَمْعِ) - Hari Pengumpulan
- Yawm al-Jaza' (Arab: يوم الجزاء) - Hari Pembalasan/ Hukuman
- Yawm al-Khulûd (Arab: يَوْمُ الْخُلُوْدِ) - Hari Kekekalan
- Yawm al-Khurûj (Arab: يَوْمُ الْخُرُوْجِ ) - Hari Keluar dari Kubur
- Yawm al-Mahsyar (Arab: يومالمحشر) - Hari Berkumpul di Mahsyar
- Yawm al-Mau‘ûd (Arab: يَوْمُ الْمَوْعُوْدُ ) - Hari Yang Dijanjikan
- Yawm al-Mizan (Arab: يَوْمَالميزان) - Hari Penimbangan
- Yawm al-Qiyāmah (Arab: يَوْمُ الْقِيَامَةِ) - Hari Kebangkitan
- Yawm al-Wa’iid (Arab: يَوْمُ الْوَعِيدِ ) - Hari Ancaman
- Yawm an-Nusyur (Arab: يوم انوسر) - Hari Kembali
- Yawm ‘Aqîm (Arab: يَوْمٌ عَقِيْمٌ) - Hari Siksaan
- Yawm at-Taghâbun (Arab: يَوْمُ التَّغَابُنِ) - Hari Pengungkapan Kesalahan
- Yawm at-Tanad (Arab: يَوْمَ التَّنَادِ) - Hari Panggil Memanggil
- Yawm ath-Thalâq (Arab: يَوْمُ الطَّلاَقِ) - Hari Pertemuan
- Yawm azh-Zhullah (Arab: يَوْمُ الظُّلَّةِ) - Hari Naungan
- Yawm Kabîr' (Arab: يَوْمٌ كَبِيْرٌ) - Hari Yang Besar
- Yawm Ma‘lûm (Arab: يَوْمٌ مَعْلُوْمٌ) - Hari Yang Dikenal
Yawm Muhîth (Arab: يَوْمٌ مُحِيْطٌ) - Hari Yang Membinasakan
5. Empat hal kebaikan dunia dan akhirat
Menurut hadits, ada 4 perkara apabila diberikan kepada seseorang sesungguhnya ia telah memperoleh kebaikan dunia dan akhirat, yaitu :
- Hati yang senantiasa bersyukur
- Lisan yang senantiasa berdzikir
- Tubuh yang senantiasa sabar dalam menanggung musibah
- Istri yang tidak pernah berkhianat baik terhadap dirinya atau terhadap harta benda suaminya.[41]
Menurut syariat Islam, jika keluarga kita semuanya termasuk orang
yang sholeh maka semua anggota keluarga akan dapat berkumpul bersama di
dalam syurga. Hal ini seperti tertulis dalam Al-Qur'an Ar-Ra'd ayat 23:
“ | ("yaitu) syurga 'Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang saleh dari bapak-bapaknya, isteri-isterinya dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu. (Ar-Ra'd ayat 23) | ” |
Kehidupan esok pada akhirnya di sana ada yang masuk sebagai penghuni neraka. Semua tergantung pada amal perbuatannya selama hidup di dunia.
6. Catatan kaki
- Kata âkhirah (آخِرَة) disebut 115 kali di dalam al-Quran.
- Surah Yûnus 10:10
- Surah Al-Hadîd 57:3.
- Surah An-Najm 53:25,
- Surah Al-Lail 92:13
- Surah Adh-Dhuhâ 93:4.
- Biharul Anwar 7: 111, hadis ke 42.
- Surah Al-Ghâsyiyah 88.
- Surah Al-Qâri‘ah 101.
- Surah Al-Kahfi 18:21.
- Surah Al-Waaqi'ah 56.
- Surah Al-Zalzalah 99.
- Surah Al-Fatihah 4.
- Surah Al-'Ankabuut 29:36.
- Surah Hûd 11:26.
- Surah Al-An‘âm 6:15.
- Surah Al-Mu’min 40:18.
- Surah Ar-Rûm 30:56.
- Surah Al-Mursalat 77:14.
- Surah As-Sajadah 32:29.
- Surah An-Naba’ 78:39.
- Surah Maryam 19:39.
- Surah Shaad 38:26.
- Surah At-Taghâbun 64:9.
- Surah Al-Maa`idah 5:29.
- Surah Qaf 50:34.
- Surah Qaf 50:42.
- Surah Al-Kahfi 47.
- Surah Al-Burûj 85:2.
- Surah Al-A'raaf 8.
- Surah Al-Qashshash 28:42.
- Surah Qaaf 50:20.
- Surah Al-Hajj 22:55.
- Surah At-Taghâbun 64:9.
- Surah Al-Mu'min 40:32.
- Surah Al-Mu’min 40:15.
- Surah Asy-Syu‘ara’ 26:189.
- Surah Hûd 11:3.
- Surah Al-Wâqi‘ah 56:1 & 50.
- Surah Hûd 11:84.
- Hadits riwayat Tarmidzi & Ibnu Hibban.
7. Terkait:
- Allah
- Malaikat
- Kitab Allah
- Nabi
- Akhirat
- Gadar
8. Referensi
- Tanda-tanda kiamat
- Kabut yang keluar sebelum kiamat
- Tanda-tanda besar kiamat
- Kebaikan Dunia Akhirat
- ÂKHIRAH (Akhirat)
Arief
Tidak ada komentar:
Posting Komentar