WELCOME TO THE BLOG SERBA SERBI.

Selasa, 26 April 2011

Tipe Penghianat Menikam dari Belakang & Bermuka Dua

Menikam dari belakang / menusuk dari belakang dan bermuka dua adalah sebuah idiom yang digunakan untuk menggambarkan penghianatan seorang patner, rekan, teman,  sahabat dan saudara. ciri-ciri seorang penghianat seperti ini biasanya di depan kita dia terlihat seperti baik-baik saja, bersikap sopan, hormat, menghargai, membela dan menyayangi kita. Tetapi di belakang ternyata mencaci-maki, mengolok-olok, memfitnah bahkan menjatuhkan kita.
Dalam menjalani hidup ternyata kejadian seperti ini sering terjadi baik yang dilakukan perorangan atau kelompok. Sampai-sampai  saking banyaknya macam penghianatan, istilah menusuk dari belakang atau teman bermuka dua bisa di bagi kedalam empat tipe berdasarkan tindakan penghianatan yang dilakukannya antara lain:
1. One to one
Penghianatan one to one adalah menggambarkan praktik ‘menikam dari belakang’ atau seorang bermuka dua yang dilakukan seseorang kepada seseorang yang lain. Misalnya menjelekan sahabatnya sendiri, memfitnah teman/sahabatnya sendiri, merebut hak teman/sahabatnya sendiri, memacari pacar teman/sahabatnya sendiri, menjatuhkan reputasi teman/sahabatnya sendiri dan sebagainya.
2. One to many
Penghianatan  one to many adalah menggambarkan praktik ‘menusuk dari belakang’ yang dilakukan seseorang kepada sekelompok orang, lembaga, organisasi atau perkumpulan. Contohnya seorang karyawan yang menjelekan intansi/lembaga tempat dia bekerja pada orang lain, seorang karyawan yang menjelek-jelekan teman-teman kerjanya pada orang lain atau intansi lain, seorang anggota organisasi yang menyebarkan informasi rahasia kepada pihak lain, seorang anggota organisasi yang mencaci-maki organisasinya dengan pihak lain, dan sebagainya.

3. Many to one
Penghianatan Many to one adalah menggambarkan praktik ‘menikam dari belakang’ yang dilakukan oleh sekelompok orang, bisa lembaga, organisasi atau perkumpulan terhadap seseorang. Misalnya sekumpulan orang-orang licik, picik dan iri yang ada di sebuah lembaga, intansi, perusahaan yang punya niat sama ingin menyingkirkan pemimpinnya dari lembaga tersebut. Atau sebuah partai politik yang anggota-anggotanya ingin menyingkirkan ketuanya dengan menghalalkan berbagai cara bahkan sampai melanggar hukum pun dilakukanya asal tujuannya tercapai untuk mengambil alih kepemimpinan.

4. Many to Many
Penghianatan Many to Many adalah menggambarkan praktik ‘menikam dari belakang’ atau sikap bermuka dua yang dilakukan oleh sekelompok orang dengan kelompok orang yang lain. Misalkan Antar lembaga A dan Lembaga B. Di depan sepertinya baik-baik saja, tetapi di belakang itu lembaga B mencaci-maki, menjelek-jelekan, meremehkan, membodoh-bodohkan, bahkan memfitnah lembaga A
.
Nah, itu tadi sekilas tentang gambaran tipe-tipe penghianat yang menikam dari belakang dan bermuka dua


Puisi
Sahabat Palsu/ Sahabat Penghianat

 

Aku kecewa sahabat

Sahabat………………..
Aku hadir dalam suka dan dukamu
Dikala kau sedih aku ada
Dikala kau suka aku juga ada

Sahabat………………….
Kau harus tau aku berusaha menjadi sahabat sejatimu
Bahkan bukan hanya sahabat aku anggap kau saudaraku

Sahabat……………………
Selama ini aku mengenali betul sifatmu
Tapi aku kerliru bahkan aku tak tau sifat aslimu
Aku , tak dapat bedakan mana kebaikanmu yang asli dan palsu
Aku hanya berpikir semuanya itu baik
Kau hebat, kau menang, aku mengaku kalah

Sahabat………………
Seandainya aku boleh meminta aku akan putar waktu ini
Aku tak ingin mengenal orang yang aku pikir baik selama ini
Menusukku dari belakang, melakukan konspirasi untuk menjatuhkanku
Aku juga tak menyangka ada orang yang masih baik padaku
Untuk mengingatkanku siapa sebenarnya kamu
Kau hanya hiasi kebusukanmu dengan basa-basimu
Sungguh aku tak sangka kau balas persahabatan ini dengan itu
Mungkin arti sahabat bagimu seperti itu

Sahabat………………..
Aku salut dengan actingmu selama ini
Aku pikir kau bijaksana
Terrnyata benar kau bijaksana sekali
Sampai bijaksana dalam hal membohongi

Sahabat………………….
Aku baru tau bahwa kau baik padaku ada yang kau butuh dariku
Setelah kau tak butuhkanku kau tunjukan sifat aslimu
Sekali lagi kau hebat, hebat sunggguh hebat

Sahabat ……………………
Aku tak pernah menyesal kenal denganmu
Karena aku bisa belajar sifat sifat seperti itu
Aku tetap berterima kasih padamu atas kebaikanmu selama ini walau itu palsu
Aku berharap dan berdoa ini terakhir kalinya aku punya sahabat palsu

Sahabat …………………
Aku hanya bisa berdoa semoga kebaikanmu yang asli dibalas yang maha kuasa
Dan kebaikanmu yang palsu dihapus dosanya.

By.arief 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

gif maker

Arifuddin Ali