Arsitektur Islam berkembang sangat luas baik itu di bangunan sekular maupun di bangunan keagamaan yang keduanya terus berkembang sampai saat ini. Arsitektur juga telah turut membantu membentuk peradaban Islam yang kaya. Bangunan-bangunan yang sangat berpengaruh dalam perkembangan arsitektur Islam adalah mesjid, kuburan, istana dan benteng yang kesemuanya memiliki pengaruh yang sangat luas ke bangunan lainnya, yang kurang signifikan, seperti misalnya bak pemandian umum, air mancur dan bangunan domestik lainnya.
1. Defenisi & Kaidah
Arsitektur Islam adalah sebuah karya seni bangunan yang
terpancar dari aspek fisik dan metafisik bangunan melalui konsep
pemikiran islam yang bersumber dari Al-Qur’an, Sunnah Nabi, Keluarga
Nabi, Sahabat, para Ulama maupun cendikiawan muslim. Aspek Fisik
adalah sesuatu yang nampak secara jelas oleh panca indera. Dalam hal ini
sebuah bangunan dengan fasade yang memiliki bentuk dan langgam budaya
islam dan dapat dilihat secara jelas melalui beberapa budaya, seperti
budaya arab, cordoba, persia sampai peninggalan wali songo. Bentuk fisik
yang biasa diterapkan dalam sebuah bangunan sepetri penggunaan kubah,
ornamen kaligrafi, dan sebagainya. Aspek Metafisik adalah sesuatu
yang tidak tampak panca indera tapi dapat dirasakan hasilnya. Hal ini
lebih kepada efek atau dampak dari hasil desain arsitektur islam
tersebut, seperti bagaimana membuat penghuni/ pengguna bangunan lebih
nyaman dan aman ketika berada didalam bangunan sehingga menjadikan
penghuni merasa bersyukur. Contoh lain hasil desain ruang2 dalam sebuah
rumah, bisa menjadikan komunikasi orangtua dan anak lebih dekat,
sehingga membuat mereka rajin beribadah.
Kaidah Arsitektur Islam 1) Didalam dan luar bangunan tidak
terdapat gambar/ornamen yang makhluk hidup yang utuh 2) Didalam dan luar
bangunan terdapat ornamen yang mengingatkan kepada yang Maha
Indah...Allah SWT. 3) Hasil Desain bangunan tidak ditujukan untuk pamer
dan kesombongan. 4) Pengaturan ruang-ruang ditujukan untuk mendukung
menjaga ahlak dan prilaku. 5) Posisi toilet tidak dibolehkan menghadap
atau membelakangi kiblat. 6) Keberadaan bangunan tidak merugikan
tetangga disekitar 7) Pembangunan sampai berdirinya bangunan seminimal
mungkin tidak merusak alam. 8) Menggunakan warna yang mendekatkan kepada
Allah, seperti warna-warna alam.
2. Sejarah
Interior salah satu Mesjid di Edirne |
Pada tahun 630 M, Nabi Muhammad beserta tentaranya berhasil menaklukkan Makkah dari suku Quraish. Pada masa ini bangunan suci Ka'bah mulai didedikasikan untuk kepentingan agama Islam, rekonstruksi Ka'bah
dilaksanakan sebelum Muhammad menjadi Rasul. Bangunan suci Ka'bah
inilah yang menjadi cikal bakal dari arsitektur Islam. Dahulu sebelum Islam, dinding Ka'bah dihiasi oleh beragam gambar seperti gambar nabi Isa, Maryam, Ibrahim, berhala, dan beberapa pepohonan. Ajaran yang muncul belakangan, terutama berasal dari Al Qur'an, akhirnya melarang penggunaan simbol-simbol yang menggambarkan makhluk hidup terutama manusia dan binatang.
Pada abad ke-7, muslim terus berekspansi dan akhirnya mendapatkan
wilayah yang sangat luas. Tiap kali muslim mendapatkan tanah wilayah
baru, yang pertama kali mereka pikirkan adalah tempat untuk beribadah,
yaitu mesjid.
Perkembangan mesjid di saat-saat awal ini sangat sederhana sekali,
bangunan mesjid tidak lain berupa tiruan dari rumah nabi Muhammad,[r] atau kadang-kadang beberapa bangunan diadaptasikan dari bangunan yang telah ada sebelumnya, misalnya gereja.[r]
3. Pengaruh dan Gaya
Gaya arsitektur Islam yang mencolok baru berkembang setelah kebudayaan muslim memadukannya dengan gaya arsitektur dari Roma, Mesir, Persia dan Byzantium. Contoh awal yang paling populer misalnya Dome of The Rock yang diselesaikan pada tahun 691 di Jerusalem.
Gaya arsitek yang mencolok dari bangunan ini misalnya ruang tengah yang
luas dan terbuka, bangunan yang melingkar, dan penggunaan pola kaligrafi yang berulang. Mesjid Raya Samarra di Irak, selesai pada tahun 847, bangunan berciri khas dengan adanya minaret. Juga mesjid Hagia Sophia di Istanbul, Turki turut memengaruhi corak arsitektur Islam. Ketika Ustman merebut Istanbul dari kekaisaran Byzantium, mereka mengubah sebuah basilika menjadi mesjid (sekarang museum), yang akhirnya muslim pun mengambil sebagian dari kebudayaan Byzantium kedalam kekayaan peradaban islam, misalnya penggunaan kubah. Hagia Sophia juga menjadi model untuk pembangunan mesjid-mesjid Islam sselanjutnya selama kekaisaran Ustman, misalnya mesjid Sulaiman, dan mesjid Rustem Pasha. Motif yang mencolok dalam arsitektur Islam hampir selalui mengenai pola yang terus berulang dan berirama, serta struktur yang melingkar. Dalam hal pola ini, geometri fraktal
memegang peranan penting sebagai materi pola dalam, terutama, mesjid
dan istana. Pemakaian kubah juga sama pentingnya dalam arsitektur islam,
pertama kali muncul dalam Dome of The Rock pada tahun 691 dan muncul
kembali sekitar abad ke-17.
3.1. Arsitektur Persia
Masjid Shah di Isfahan, Iran |
Persia merupakan kebudayaan yang diketahui melakukan kontak dengan Islam untuk pertama kalinya. Sisi timur dari sungai eufrat dan tigris
adalah tempat berdirinya kekaisaran Persia pada sekitar abad ke-7.
Karena kedekatannya dengan kekaisaran persia, Islam cenderung bukan saja
meminjam budaya dari persia namun juga mengadopsinya. Arsitektur Islam
mengadopsi banyak sekali kebudayaan dari Persia, bahkan bisa dikatakan
arsitektur islam merupakan evolusi
dari arsitektur persia, yang memang sejak kehadiran Islam, kejayaan
Persia mulai pudar yang menunggu digantikan oleh kebudayaan lain. Banyak
kota, misalnya Baghdad, dibangun dengan contoh kota lama persia misalnya Firouzabad. Bahkan, sekarang bisa diketahui bahwa dua arsitek yang dipekerjakan oleh Al-Mansur untuk merancang kota pada masa awal adalah warisan dari kekaisaran Persia, yaitu Naubakht, seorang zoroaster persia, dan seorang Yahudi dari Khorasan, Iran yaitu Mashallah. Mesjid gaya persia bisa dilihat dari ciri khasnya yaitu pilar batu bata, taman yang luas dan lengkungan yang disokong beberapa pilar. Di Asia Timur, gaya arsitektur Hindu juga turut memengaruhi namun akhirnya tertekan oleh kebudayaan persia yang ketika itu dalam masa jayanya.
3.2. Arsitektur Moor
Pembangunan mesjid raya di Cordoba pada tahun 785 menandakan bergeliatnya arsitektur islam di peninsula Iberia dan Afrika Utara. Mesjid dengan gaya Moor sangat mencolok dengan interior lengkungannya yang penuh dekorasi. Arsitektur moor meraih masa puncaknya dengan dibangunnya Alhambra, istana sekaligus benteng di Granada, dengan interior
yang memiliki ruangan terbuka yang luas dan memungkinkan udara mengalir
secara lancar, dan didominasi dengan pemakaian warna merah, biru dan
emas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar