Candi Kalasan atau Candi Kalibening[1] merupakan sebuah candi yang dikategorikan sebagai candi umat Buddha terdapat di desa Kalasan, kabupaten Sleman, provinsi Yogyakarta, Indonesia. 7°46′2.33″S 110°28′20.04″E
Candi ini memiliki 52 stupa dan berada di sisi jalan raya antara Yogyakarta dan Solo serta sekitar 2 km dari candi Prambanan.
Pada awalnya hanya candi Kalasan
ini yang ditemukan pada kawasan situs ini, namun setelah digali lebih
dalam maka ditemukan lebih banyak lagi bangunan bangunan pendukung di
sekitar candi ini. Selain candi Kalasan dan bangunan - bangunan pendukung lainnya ada juga tiga buah candi kecil di luar bangunan candi utama, berbentuk stupa.
Berdasarkan prasasti Kalasan bertarikh 778 yang ditemukan tidak jauh dari candi ini menyebutkan tentang pendirian bangunan suci untuk menghormati Bodhisattva wanita, Tarabhawana dan sebuah vihara untuk para pendeta.[2][1] Penguasa yang memerintah pembangunan candi ini bernama Maharaja Tejapurnapana Panangkaran (Rakai Panangkaran) dari keluarga Syailendra. Kemudian dengan perbandingan dari manuskrip pada prasasti Kelurak tokoh ini dapat diidentifikasikan dengan Dharanindra[3] atau dengan prasasti Nalanda adalah ayah dari Samaragrawira[4]. Sehingga candi ini dapat menjadi bukti kehadiran Wangsa Syailendra, penguasa Sriwijaya di Sumatera atas Jawa.[5]
Dalam Prasasti Kalasan berhuruf Pre Nagari, berbahasa Sanksekerta
ini menyebutkan para guru sang raja Tejapurnapana Panangkaran dari
keluarga Syailaendra berhasil membujuk raja untuk membuat bangunan suci
bagi Dewi Tara beserta biaranya bagi para pendera sebagai hadiah dari Sangha.
Profesor Dr Casparis. menafsir berdasarkan prasasti Kalasan itu, Candi Kalasan dibangun bersama antara Budha dan Hindu. Sementara itu Van Rumond, sejarahwan dari Belanda meyakini bahwa di situs yang sama pernah ada bangunan suci lain yang umurnya jauh lebih tua dibanding Candi Kalasan,
sesuai hasil penelitian yang dilakukannya pada tahun 1928. Bangunan
suci itu berbentu wihara yang luasnya 45 x 45 meter. Ini berarti
bangunan candi mengalami tiga kali perbaikan. Sebagai bukti, menurutnya, terdapat empat sudut kaki candi dengan bagian yang menonjol.
Pada bagian selatan candi terdapat
dua relief Bodhisattva, sementara pada atapnya terdiri dari 3 tingkat.
Atap paling atas terdapat 8 ruang, atap tingkat dua berbentuk segi 8,
sedangkan atap paling bawah sebangun dengan candi berbentuk persegi 20 yang dilengkapi kamar-kamar setiap sisinya.
Beberapa Keistimewaan dan Bentuk dari Candi Kalasan
Pada candi Kalasan ini memiliki lapisan penutup candi yang
dinamakan Bajralepa, yaitu semacam plesteran di ukiran batu halus.
Detil dari hiasan Bajralepa ini yang merupakan salah satu ciri Candi Kalasan, yang juga dijumpai pada Candi Sari.
Denah bangunan Candi Kalasan
berbentuk persegi. Atapnya segi delapan dan puncaknya berbentuk dagoba
(stupa). Keadaannya sudah sangat rusak. Hanya bagian selatan yang masih
utuh. Disebut-sebut, bilik pusatnya dahulu memiliki arca perunggu
setinggi 6 meter yang kini hilang. Sedangkan ketiga biliknya juga
kosong.
Tubuh dan atap candi dihias
dengan ukiran-ukiran yang sangat indah. Terdiri dari relung-relung,
sulur-sulur, arca-arca Budha, dagoba-dagoba dan arca Gana, yaitu manusia
kerdil berperut buncit yang biasanya memikul barang.
Mengenai hiasan ini, Bernet Kempers
dalam bukunya, Indonesia Selama zaman Hindu, halaman 25, menyebutkan
bahwa cara pembuatan hiasan yang cukup rapi dan memikat ini menunjukkan
bahwa pada masa pembuatan candi ini memiliki pemahat dan ahli plester bangunan yang sangat cakap.
Ditambahkan menurut Bernet, Candi Kalasan dulunya ditutup oleh stucco seluruhnya, seperti juga candi-candi yang lain. Sedangkan penghalusan bagian-bagian candi ditambahkan batu penutup yang terbuat dari batu kapur.
Di dalam bangunan candi yang
nampak sekarang, ternyata ada kontruksi yang lebih tua. Karena itu
beberapa ahli mengatakan bahwa banguna yang ada sekarang itu merupakan
banguan tambahan di sekitar abad ke-9. Bangunan aslinya jelas memiliki
usia yang lebih tua daripada itu.
Denah kaki Candi Kalasan terletak di atas lapik berbentuk bujur sangkar. Dasar candi juga berbentuk bujur sangkar. Pada kaki candi terdapat makara. Di sekeliling kaki ada hiasan jambangan. Tubuh candi bujur
sangkar dengan penampil-penampil yang menjorok ke luar di tengah
sisinya. Dilengkapi sebuah singasana yang dihiasi singha berdiri diatas
punggung sekeor gajah.
Bagian luar candi,
terdapat relung yang dihiasi gambar dewa memegang bunga teratai. Pada
setiap pintu masuk terdapat hiasan kepala kala yang dijenggernya
terdapat kuncup bunga. Pohon dewata ada diatasnya dan para penghuni
kahyangan memainkan bunyi-bunyian seperti rebab, gendang, kerang dan
cemara.
Atap candinya
terdapat hiasan Gana. Atap nya berbentuk segi delapan dan bertingkat
dua. Di tingkat pertama terdapat arca Budha. Pada keliling candi terdapat bangunan stupa setinggi 4,6 meter sebanyak 52 buah.
Keindahan candi Kalasan ini masih bisa dinikmati terutama pada bagian selatan candi.
Terdapat Banaspati yang besar, lajur yang tegak lurus dihiasi dengan
sulur-sulur dan makara-makara, yang merupakan termasuk hasil kesenian
Jawa pada masa Hindu yang terbaik. Keistimewaan lain adalah Makaranya
menghadap kedalam dan keluar dan diatas kepala Kala terdapat lukisan
berbentuk atap candi yang menjulang tinggi.
Bila candi ini dilihat dari dalam, candi ini disusun dari tumpukan batu-batuan yag saling terkait dan melebar kebawah.
Sekalipun candi ini telah dipugar pada tahun 1927 dan pada tahun 1929, namun masyarakat tetap akan menemui kesulitan untuk melihat keindahan Candi Kalasan
ini. Itu karena ada bagian-bagian yang terpaksa tidak dapat
dikembalikan seperti sediakala, disebabkan karena banyak batu -batu
aslinya yang hilang.
Pranala luar
Rujukan
- Wendoris, T.. Mengenal Candi-candi Nusantara. Pustaka Widyatama. ISBN 979-610-236-6.
- Soekmono, R. (1995). The Javanese Candi: function and meaning. BRILL. ISBN 90-04-10215-9.
- Muljana, S. (2006). Sriwijaya. Jakarta: PT. LKiS Pelangi Aksara. ISBN 978-979-8451-62-1.
- Poesponegoro, M.D. (1992). Sejarah nasional Indonesia: Jaman kuna. Jakarta: PT Balai Pustaka. ISBN 979-407-408-X.
- Coomaraswamy, A.K. (2003). History of Indian and Indonesian Art. Kessinger Publishing. ISBN 0-7661-5801-2.
Galeri
Salah satu relung di Kalasan menggambarkan Kala dan pemandangan dewata di swargaloka |
Ukiran kepala raksasa Kala di dinding selatan |
Makara yang terletak di depan pintu masuk candi Kalasan.
back to candi
Arief
Tidak ada komentar:
Posting Komentar