WELCOME TO THE BLOG SERBA SERBI.

Rabu, 20 September 2023

8 Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan dan Cara Konsumsinya

- Pepaya adalah buah yang banyak disukai karena rasanya yang enak serta memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh. Sayangnya, kebanyakan orang hanya memanfaatkan daging buahnya saja dan membuang bagian bijinya karena mengira bahwa bagian biji tidak memiliki manfaat. Padahal ada banyak manfaat biji pepaya untuk kesehatan tubuh.

Biji pepaya dikenal memiliki banyak nutrisi yang tidak kalah dengan bagian daging buahnya. Oleh karena itu, biji pepaya juga kerap dikonsumsi dalam bentuk bubuk untuk menambah rasa makanan atau minuman. Simak beberapa manfaat biji pepaya untuk kesehatan serta cara mengkonsumsinya yang benar berikut ini.

Kandungan Gizi Biji Pepaya

Dilansir Healthline, biji pepaya mengandung banyak zat polifenol dan flavonoid yang membantu untuk meningkatkan kesehatan. Hal ini karena dua senyawa tersebut dapat bertindak sebagai antioksidan di dalam tubuh. Antioksidan dapat membantu tubuh untuk melawan radikal bebas penyebab penyakit serta mencegah berbagai penyakit kronis lainnya.

Biji pepaya juga mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang sehat, termasuk asam oleat yang bagus untuk kesehatan tubuh. Selain itu, biji pepaya juga mengandung banyak serat yang dapat membantu untuk mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol di dalam tubuh. Kandungan tersebut juga mampu menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, diabetes dan obesitas.

Manfaat Biji Pepaya

Ada beberapa manfaat dari mengkonsumsi biji pepaya untuk kesehatan tubuh, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Menurunkan Risiko Penyakit Kanker

Manfaat biji pepaya yang pertama adalah untuk menurunkan risiko penyakit kanker. Hal ini karena kandungan nutrisi dan antioksidan yang terdapat di dalam biji pepaya dipercaya dapat membantu untuk mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh.

Hal ini diperkuat oleh penelitian yang dilakukan Neelam Pathak dan kawan kawan dengan judul 'Efek Kemopreventif Kanker dari Fraksi Kaya Flavonoid yang Diisolasi dari Biji Pepaya' yang dipublikasikan dalam situs National Library of Medicine tahun 2014. Penelitian itu menyebutkan bahwa ekstrak biji pepaya dapat membantu untuk mengurangi peradangan serta melindungi tubuh dari perkembangan sel kanker. Namun, hingga saat ini masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal tersebut.

2. Melawan Infeksi

Nutrisi yang terkandung di dalam biji pepaya juga dipercaya dapat menghancurkan berbagai jenis jamur dan parasit tertentu yang dapat menyebabkan infeksi pada tubuh.

Meminum ramuan yang terbuat dari biji pepaya kering dan madu juga dinilai dapat secara signifikan membunuh parasit di usus. Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat biji pepaya untuk melawan infeksi jamur dan parasit pada tubuh manusia.

3. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Manfaat biji pepaya untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Hal ini karena biji pepaya memiliki banyak kandungan yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan dan mengatasi gejala susah BAB.

Selain itu, kandungan serat yang terdapat di dalam biji pepaya ini juga dapat berperan aktif untuk melindungi tubuh dari penyakit radang usus, meredakan gejala wasir, serta mencegah pembentukan tukak usus. Oleh karena itu, mengkonsumsi biji pepaya bisa jadi salah satu cara yang tepat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.

4. Melindungi Fungsi Ginjal

Ginjal merupakan organ tubuh yang memiliki peranan penting untuk kesehatan. Hal ini karena ginjal bertindak sebagai filter untuk membuang limbah dan cairan berlebih di dalam tubuh.

Salah satu cara menjaga kesehatan ginjal adalah dengan mengkonsumsi biji pepaya. Konsumsi biji pepaya secara rutin dipercaya dapat membantu menjaga fungsi ginjal dari kerusakan. Hal ini karena biji pepaya memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat membantu untuk mencegah kerusakan oksidatif pada tubuh, sehingga mampu untuk melindungi kesehatan fungsi ginjal.

5. Membantu Mencegah Obesitas

Dikutip dari situs NDTV Food, kandungan serat yang terdapat di dalam biji buah pepaya ternyata dapat membantu untuk mencegah lemak berlebih atau obesitas di dalam tubuh. Hal ini karena biji pepaya dapat membantu untuk melancarkan sistem pencernaan, sehingga tubuh dapat menyerap nutrisi dengan baik. Selain itu, biji pepaya juga berperan baik untuk mengatur tekanan darah, sehingga biji pepaya mampu untuk meningkatkan kesehatan jantung.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Menurut situs Everyday Health, biji pepaya juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena terdapat banyak kandungan vitamin C di dalam biji pepaya yang mampu untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan infeksi.

7. Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer

Kandungan senyawa baik yang terdapat di dalam biji pepaya juga dipercaya dapat menurunkan penyakit Alzheimer yang mengganggu kemampuan intelektual dan daya ingat. Ekstrak bubuk pepaya yang difermentasi dianggap mampu untuk menangkal efek stress oksidatif yang dialami oleh orang-orang dengan penyakit Alzheimer. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal tersebut.

8. Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Biji pepaya memiliki kandungan vitamin C, vitamin E, dan nutrisi penting lainnya yang dipercaya dapat melindungi kesehatan mata dan mencegah berbagai penyakit mata. Oleh karena itu, makan buah pepaya dan juga bijinya dapat membantu untuk melindungi mata dari kerusakan.

Cara Konsumsi Biji Pepaya

Untuk dapat merasakan manfaat biji pepaya bagi kesehatan, kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara mengkonsumsinya dengan benar. Berikut ini beberapa cara mengkonsumsi biji pepaya.

1. Dikonsumsi Secara Mentah

Mengutip situs Herbal Goodness, beberapa orang kerap mengira bahwa biji pepaya hanyalah limbah yang perlu dibuang. Padahal biji pepaya masih dapat dikonsumsi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Biji pepaya dapat dikonsumsi secara mentah tanpa dimasak atau ditumbuk terlebih dahulu. Berikut caranya.

  • Kunyah biji pepaya hingga hancur. Jangan langsung ditelan bulat-bulat.
  • Sebagai permulaan, cobalah untuk mengkonsumsi satu biji atau dua biji pepaya secara mentah.
  • Simpan biji pepaya menggunakan wadah yang tertutup dan kedap udara. Taruh di dalam lemari es.

Jika tidak menimbulkan efek tertentu setelah memakannya, kamu bisa menambah jumlah biji yang dikonsumsi menjadi lebih banyak. Dengan begitu, kamu bisa merasakan manfaat dari biji pepaya untuk kesehatan.

2. Dikonsumsi dalam Bentuk Bubuk

Cara lain untuk mengkonsumsi biji pepaya adalah dengan menjadikannya dalam bentuk bubuk untuk dicampurkan pada berbagai makanan atau minuman. Hal ini karena biji pepaya memiliki rasa pedas yang cocok untuk ditambahkan dalam bumbu masakan. Adapun cara untuk membuat biji pepaya dalam bentuk bubuk yang layak untuk dikonsumsi adalah sebagai berikut.

  • Cuci biji pepaya dengan menggunakan saringan, lalu bilas dengan air bersih.
  • Gosok biji pepaya dengan tangan untuk menghilangkan residu yang tersisa di dalam biji pepaya tersebut.
  • Selanjutnya, letakkan di atas handuk atau loyang yang kering.
  • Setelah itu, hancurkan atau giling biji pepaya tersebut hingga menjadi bentuk bubuk.
  • Maka, biji pepaya siap ditambahkan menjadi campuran bahan masakan atau minuman, seperti jus, smoothies, yoghurt, atau jus lemon.

Nah, itulah beberapa manfaat biji pepaya untuk kesehatan serta cara mengkonsumsinya. Meskipun biji pepaya memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan, biji pepaya juga dapat menimbulkan efek samping berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan.

Oleh karena itu, jika timbul efek samping atau reaksi alergi selama mengonsumsi biji pepaya, segera konsultasikan ke dokter atau tenaga ahli kesehatan lainnya untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Sumber: Detik Bali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

gif maker

Arifuddin Ali