Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Dukung Suksesi Kepemimpinan Nasional Hasil Pemilu 2014 Demi Kelanjutan Pembangunan Menuju Indonesia yang Makin Maju dan Sejahtera.

Selasa, 15 Mei 2012

Pulau-pulau di Kalimantan Timur

DAFTAR

  1. Pulau Bunyu
  2. Pulau Derawan
  3. Pulau Kakaban
  4. Pulau Nunukan
  5. Pulau Sangalaki
  6. Pulau Sebatik
  7. Pulau Semama
  8. Pulau Tarakan
  9. Pulau Maratua

1. Pulau Bunyu

 
Pulau Bunyu adalah pulau yang terdapat di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Timur


2. Pulau Derawan

Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur
Pulau Derawan terletak di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur Satuan morfologi Pulau Derawan adalah dataran pantai bertopografi datar. Pantai pasir memiliki kemiringan lereng sekitar 7° - 11° dengan lebar 13,5 - 20 meter.
Pulau Derawan telah dicalonkan untuk menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 2005.
Di perairan sekitarnya terdapat taman laut dan terkenal sebagai wisata selam (diving) dengan kedalaman sekitar lima meter. Terdapat beraneka ragam biota laut di sini, diantaranya cumi-cumi (cuttlefish), lobster, ikan pipa (ghostpipe fish), gurita (bluering octopus), nudibranchs, kuda laut (seahorses), belut pita (ribbon eels) dan ikan skorpion (scorpionfishes).
Pada batu karang di kedalaman sepuluh meter, terdapat karang yang dikenal sebagai "Blue Trigger Wall" karena pada karang dengan panjang 18 meter tersebut banyak terdapat ikan trigger (red-toothed trigger fishes).

3. Pulau Kakaban


Pulau Kakaban terletek di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur terlihat Danau Kakaban di tengahnya yang terdapat bermacam biota laut termasuk ubur-ubur

Pulau Kakaban mempunyai luas 774,2 hektar dan terletak di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.
Pulau Kakaban menarik perhatian turis-turis mancanegara dengan beberapa keunikannya, salah satunya adanya danau di pulau tersebut yaitu Danau Kakaban. Yang mana pada danau tersebut diisi oleh campuran dari air hujan dan rembesan air laut dari pori-pori tanah dan membuat suatu habitat endemik yang berbeda pada kebanyakan kawasan danau lain di dunia, selain Danau Kakaban ada satu lagi danau dengan air payau yaitu di Kepulauan Palau, Mikronesia.

4. Pulau Nunukan


Pulau Nunukan adalah sebuah pulau di sebelah timur laut Kalimantan. Pulau ini secara administratif merupakan bagian dari Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur, Indonesia. Bagian utara pulau ini berbatasan langsung dengan negara bagian Sabah, Malaysia.


5. Pulau Sangalaki


Pulau Sangalaki dengan titik-titik penyelamannya yang terkenal, keterangan Berkas:
1. Channel Entrance
2. Coral Gardens
3. Turtle Town
4. Sandy Ridge
5. Manta Run
6. Sherwood Forest
7. Manta Parade
8. Manta Avenue
9. Eel Ridge
10. Lighthouse dan
11. The Rockies.

Pulau Sangalaki mempunyai luas 15,9 hektare, terletak di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.
Memiliki satuan morfologi dataran pantai yang datar. Pulau ini memiliki lagon dangkal berdasar pasir dan ditumbuhi oleh karang dan lamun.
Pantai pasir memiliki lebar 12-15 meter dengan kelerengan antara 6°-11° dengan material penyusun pantai berupa fragmen karang dan dominan berukuran butir pasir kasar. Di perairan sekitarnya terdapat taman laut dan terkenal sebagai wisata selam (diving). Terdapat beraneka ragam biota laut di sini, yang terkenal adalah ikan pari manta.
Ikan pari manta biasa berkelompok di perairan pulau ini dan dapat berkumpul hingga 20 ekor pari pada saat terang bulan. Mereka menuju ke pulau ini untuk mencari makan berupa bermacam-macam jenis plankton yang banyak terdapat di perairan ini.

6. Pulau Sebatik

Pulau Sebatik dengan batas negara Indonesia dan Malaysia
Peta lokasi pulau Sebatik

Pulau Sebatik adalah sebuah pulau di sebelah timur laut Kalimantan. Pulau ini secara administratif dibagi menjadi dua bagian. Di bagian utaranya merupakan wilayah Sabah, Malaysia dan di bagian selatannya merupakan wilayah Indonesia yang merupakan bagian dari Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia.
Sebatik adalah salah satu tempat di mana terjadi pertempuran hebat antara pasukan Indonesia dan Malaysia saat terjadinya "Konfrontasi".
Di sebelah barat pulau ini terdapat Pulau Nunukan, sedangkan di seberang utara terdapat Kota Tawau, yang sudah berada di negara bagian Sabah, Malaysia.

7. Pulau Semama


Lokasi Pulau Semama di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Pulau Semama mempunyai luas 15,9 hektare, terletak di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.
Satuan morfologi Pulau Semama adalah dataran pantai dengan topografi datar. Pantai pasir memiliki kemiringan lereng berkisar 5°-10° dan lebar pantai 8,5-10 meter.
Material penyusun pantai adalah fragmen karang dengan pasir sangat kasar sebagai ukuran butir yang dominan.
Pantai pasir di pulau ini berasosiasi dengan hutan mangrove yang tidak tebal.

8. Pulau Tarakan


Peta lokasi Tarakan

Tarakan adalah pulau di Kalimantan Timur, Indonesia. Pulau berawa-rawa ini terletak di Laut Sulawesi, di lepas pantai timur laut Kalimantan. Pulau ini memiliki luas sebesar 657,33 km². Kota Tarakan terletak di pulau tersebut.Menurut cerita masyarakat sekitar tidak ada suku asli pulau tarakan,karena menurut sejarah pulau tarakan itu adalah pulau kosong dan pulau sebagai tempat persinggahan para nelayan pada zaman dahulu adapun suku tidung,suku tidung tidak ada yang asli tarakan,yang ada adalah suku Tidung Bulungan dan Tidung Sesayap.
Tarakan adalah tempat pertempuran antara Sekutu dan Jepang dalam Pertempuran Tarakan tahun 1942 dan 1945.

9. Pulau Maratua

Pulau Maratua adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan negara Malaysia. Pulau Maratua ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Berau, provinsi Kalimantan Timur. Pulau berbentuk kecil panjang dan lengkung tajam ini berada di sebelah selatan dari Kota Tarakan dengan koordinat 2° 15′12″ LU, 118° 38′41″ BT (di bagian batas luarnya). Di pulau ini terdapat Danau Haji Buang dan Danau Tanah Bamban.


kembali ke pulau

Arief

Berita

Loading...

Arah Kiblat