WELCOME TO THE BLOG SERBA SERBI.

Rabu, 05 Oktober 2011

Konsep Pembangunan Manusia

Pembangunan Manusia merupakan paradigma pembangunan yang sekitar lebih dari naik atau turunnya pendapatan nasional. Ini adalah tentang menciptakan suatu lingkungan di mana orang dapat mengembangkan potensi penuh mereka dan memimpin produktif, hidup kreatif sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan mereka. Orang adalah kekayaan negara yang sesungguhnya. Pembangunan demikian akan memperluas pilihan orang harus menjalani kehidupan yang mereka nilai. Dan demikian sekitar lebih dari pertumbuhan ekonomi, yang hanya berarti-jika yang sangat penting satu memperluas pilihan rakyat.

Mendasar untuk memperbesar pilihan-pilihan ini adalah membangun kemampuan-manusia berbagai hal yang orang dapat melakukan atau berada dalam kehidupan. Kemampuan yang paling dasar untuk pembangunan manusia untuk memimpin hidup panjang dan sehat, adalah berpengetahuan luas, memiliki akses ke sumber daya yang dibutuhkan untuk standar hidup yang layak dan untuk dapat berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat. Tanpa ini, banyak pilihan yang tidak tersedia, dan banyak kesempatan dalam kehidupan tetap tidak dapat diakses.
Dicintai dan Haq (JPG)

"Tujuan dasar dari pembangunan adalah untuk memperbesar pilihan rakyat Pada prinsipnya, pilihan ini dapat menjadi tak terbatas dan dapat berubah dari waktu ke waktu Orang sering nilai prestasi yang tidak muncul sama sekali, atau tidak langsung, dalam angka pendapatan atau pertumbuhan:.. Akses yang lebih besar pengetahuan, baik gizi dan pelayanan kesehatan, mata pencaharian lebih aman, keamanan terhadap kejahatan dan kekerasan fisik, jam luang memuaskan, kebebasan politik dan budaya dan rasa partisipasi dalam kegiatan masyarakat. Tujuan pembangunan adalah untuk menciptakan lingkungan yang memungkinkan bagi orang untuk menikmati panjang, sehat dan kreatif kehidupan. "
Mahbub ul Haq (1934-1998)
Pendiri Laporan Pembangunan Manusia
Cara melihat perkembangan, sering dilupakan dalam perhatian langsung dengan komoditas mengumpulkan dan kekayaan finansial, bukanlah hal baru. Filsuf, ekonom dan pemimpin politik telah lama menekankan kesejahteraan manusia sebagai tujuan, akhir, pembangunan. Seperti kata Aristoteles di Yunani kuno, "Kekayaan adalah jelas bukan yang baik kita cari, karena itu hanyalah berguna untuk demi sesuatu yang lain."
Dalam mencari sesuatu yang lain, pembangunan manusia berbagi visi bersama dengan hak asasi manusia. Tujuannya adalah kebebasan manusia. Dan dalam mengejar kemampuan dan mewujudkan hak asasi, kebebasan ini sangat penting. Orang harus bebas untuk melakukan pilihan mereka dan untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan yang mempengaruhi kehidupan mereka. Pembangunan manusia dan hak asasi manusia yang saling menguatkan, membantu untuk mengamankan kesejahteraan dan martabat semua orang, membangun rasa hormat dan rasa hormat dari orang lain.

Asal Pendekatan Pembangunan Manusia

Pendekatan Pembangunan Manusia sebagian muncul sebagai akibat dari tumbuhnya kritik pendekatan pembangunan terkemuka tahun 1980-an, yang menganggap hubungan erat antara pertumbuhan ekonomi nasional dan perluasan pilihan manusia individu. Banyak, seperti Dr Mahbub ul Haq, ekonom Pakistan yang memainkan peran kunci dalam merumuskan paradigma pembangunan manusia, datang untuk mengenali kebutuhan untuk model pembangunan alternatif karena banyak faktor, termasuk:
  • Bukti bahwa tidak mendukung keyakinan maka yang berlaku dalam "menetes" kekuatan kekuatan pasar untuk menyebarkan manfaat ekonomi dan kemiskinan akhir;
  • Biaya manusia Program Penyesuaian Struktural menjadi lebih jelas;
  • Penyakit sosial (kejahatan, melemahnya struktur sosial, HIV / AIDS, polusi, dll) masih menyebar bahkan dalam kasus pertumbuhan ekonomi yang kuat dan konsisten;
  • Gelombang demokratisasi dengan harapan awal 90-an mengangkat bagi orang-berpusat model.
Banyak dari prinsip utama, bagaimanapun, dapat ditemukan dalam tulisan-tulisan sarjana dan filsuf dari era masa lalu dan di banyak masyarakat.
Pada 1990, konsep pembangunan manusia diterapkan untuk studi sistematis terhadap tema global, yang diterbitkan di global Laporan Pembangunan Manusia tahunan di bawah naungan dari UNDP. Karya Amartya Sen dan lain-lain memberikan dasar konseptual untuk alternatif dan lebih luas pendekatan pembangunan manusia didefinisikan sebagai suatu proses memperbesar pilihan rakyat dan meningkatkan kemampuan manusia (berbagai hal orang dapat dan lakukan) dan kebebasan , memungkinkan mereka untuk: hidup hidup panjang dan sehat, memiliki akses ke pengetahuan dan standar hidup yang layak, dan berpartisipasi dalam kehidupan komunitas mereka dan keputusan yang mempengaruhi kehidupan mereka.
Amartya Sen


"Pembangunan manusia, sebagai pendekatan, berkaitan dengan apa yang saya ambil untuk menjadi ide pembangunan dasar: yaitu, memajukan kekayaan hidup manusia, bukan kekayaan ekonomi di mana manusia hidup, yang hanya bagian dari itu . "
Prof Amartya Sen
Profesor Ekonomi, Universitas Harvard
penerima Nobel dalam Ekonomi, 1998
Pembangunan manusia selalu fleksibel dan "terbuka" sehubungan dengan definisi yang lebih spesifik. Ada bisa sebanyak dimensi pembangunan manusia sebagai ada cara memperluas pilihan rakyat. Parameter kunci atau prioritas pembangunan manusia dapat berkembang dari waktu ke waktu dan bervariasi baik di dan di dalam negara .
Beberapa isu dan tema saat ini dianggap paling penting bagi pembangunan manusia meliputi:
  • Kemajuan sosial - akses lebih besar untuk pengetahuan, nutrisi yang lebih baik dan pelayanan kesehatan.
  • Ekonomi - pentingnya pertumbuhan ekonomi sebagai alat untuk mengurangi kesenjangan dan meningkatkan tingkat perkembangan manusia.
  • Efisiensi - dalam hal penggunaan sumber daya dan ketersediaan. pembangunan manusia adalah pro-pertumbuhan dan produktivitas selama pertumbuhan tersebut secara langsung manfaat, perempuan miskin dan kelompok terpinggirkan lainnya.
  • Ekuitas - dalam hal pertumbuhan ekonomi dan parameter lain pembangunan manusia.
  • Partisipasi dan kebebasan - terutama pemberdayaan, pemerintahan yang demokratis, kesetaraan gender, hak-hak sipil dan politik, dan kebebasan budaya, khususnya bagi kelompok terpinggirkan didefinisikan oleh perkotaan-pedesaan, jenis kelamin, usia, agama, etnis, parameter fisik / mental, dll
  • Keberlanjutan - untuk generasi masa depan dalam ekologi, ekonomi dan sosial.
  • Manusia keamanan - keamanan dalam kehidupan sehari-hari terhadap ancaman kronis seperti kelaparan dan gangguan mendadak, termasuk pengangguran, kelaparan, konflik, dll
UNDP

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online