WELCOME TO THE BLOG SERBA SERBI.

Jumat, 16 Desember 2011

Pelangi

Pelangi atau bianglala adalah gejala optik dan meteorologi berupa cahaya beraneka warna saling sejajar yang tampak di langit atau medium lainnya. Di langit, pelangi tampak sebagai busur cahaya dengan ujungnya mengarah pada horizon pada suatu saat hujan ringan. Pelangi juga dapat dilihat di sekitar air terjun yang deras.

Pembentukan

Cahaya matahari adalah cahaya polikromatik (terdiri dari banyak warna). Warna putih cahaya matahari sebenarnya adalah gabungan dari berbagai cahaya dengan panjang gelombang yang berbeda-beda. Mata manusia sanggup mencerap paling tidak tujuh warna yang dikandung cahaya matahari, yang akan terlihat pada pelangi: merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.
Panjang gelombang cahaya ini membentuk pita garis-garis paralel, tiap warna bernuansa dengan warna di sebelahnya. Pita ini disebut spektrum. Di dalam spektrum, garis merah selalu berada pada salah satu sisi dan biru serta ungu di sisi lain, dan ini ditentukan oleh perbedaan panjang gelombang.
Pelangi tidak lain adalah busur spektrum besar yang terjadi karena pembiasan cahaya matahari oleh butir-butir air. Ketika cahaya matahari melewati butiran air, ia membias seperti ketika melalui prisma kaca. Jadi di dalam tetesan air, kita sudah mendapatkan warna yang berbeda memanjang dari satu sisi ke sisi tetesan air lainnya. Beberapa dari cahaya berwarna ini kemudian dipantulkan dari sisi yang jauh pada tetesan air, kembali dan keluar lagi dari tetesan air.
Cahaya keluar kembali dari tetesan air ke arah yang berbeda, tergantung pada warnanya. Warna-warna pada pelangi ini tersusun dengan merah di paling atas dan ungu di paling bawah pelangi.
Pelangi hanya dapat dilihat saat hujan bersamaan dengan matahari bersinar, tapi dari sisi yang berlawanan dengan si pengamat. Posisi si pengamat harus berada di antara matahari dan tetesan air dengan matahari dibekalang orang tersebut. Matahari, mata si pengamat dan pusat busur pelangi harus berada dalam satu garis lurus.



English: Diagram showing how primary and secondary rainbows are formed due to the light propagation in spherical droplets. Details follow soon! Legend:
  1. Spherical droplet
  2. Places where internal reflection of the light occurs
  3. Primary rainbow
  4. Places where refraction of the light occurs
  5. Secondary rainbow
  6. Incoming beams of white light
  7. Path of light contributing to primary rainbow
  8. Path of light contributing to secondary rainbow
  9. Observer
  10. Region forming the primary rainbow
  11. Region forming the secondary raimbow
  12. Zone in the atmosphere holding countless tiny spherical droplets
Español: Diagrama que muestra como se forman los arco iris primarios y secundarios debido a la descomposición de luz blanca en gotitas esféricas:
  1. Gotitas esféricas
  2. Lugares donde ocurre el reflejo interno de la luz
  3. Arco iris primario
  4. Lugares donde ocurre la refracción de la luz.
  5. Arco iris secundario
  6. Rayos entrantes de luz blanca
  7. Recorrido de la luz que forma el arco iris primario
  8. Recorrido de la luz que forma el arco iris secundario
  9. Observador
  10. Región que forma el arco iris primario
  11. Región que forma el arco iris secundario
  12. Zona en la atmósfera llena de incontables diminutas gotitas esféricsa


 

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online