WELCOME TO THE BLOG SERBA SERBI.

Kamis, 02 Februari 2012

Tokoh militer Indonesia

Tokoh Militer
Berikut ini adalah daftar tokoh militer di Indonesia, berdasarkan abjad.

Abdulrahman Saleh (pahlawan)
Abdulrahman Saleh, Prof. dr. Sp.F, Marsekal Muda Anumerta, (lahir di Jakarta, 1 Juli 1909 – meninggal di Maguwoharjo, Sleman, 29 Juli 1947 pada umur 38 tahun) atau sering dikenal dengan nama julukan "Karbol" adalah seorang pahlawan nasional Indonesia, tokoh Radio Republik Indonesia (RRI) dan bapak fisiologi

Abdul Latief
Kolonel Abdul Latief (lahir di Surabaya, Jawa Timur, 27 Juli 1926 – meninggal di Tangerang, Banten, 6 April 2005 pada umur 78 tahun) adalah seorang tentara yang merupakan salah seorang saksi peristiwa Gerakan 30 September pada tahun 1965. Karena dituduh makar dan terlibat dalam peristiwa Gerakan 30 September, Latief ditangkap di rumah saudara sepupu istrinya di kawasan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat pada 2 Oktober 1965 dan dijebloskan ke dalam penjara sejak 11 Oktober 1965. Ia dibebaskan pada 25 Maret 1999.

Achmad Djunaid

Alex Evert Kawilarang
Alex Evert Kawilarang (lahir di Batavia (kini Jakarta), 23 Februari 1920 – meninggal di Jakarta, 6 Juni 2000 pada umur 80 tahun) adalah salah seorang perwira militer yang termasuk Angkatan '45 dan mantan anggota KNIL.

Ali Sadikin
Ali Sadikin (lahir di Sumedang, Jawa Barat, 7 Juli 1927 – meninggal di Singapura, 20 Mei 2008 pada umur 80 tahun) adalah seorang letnan jenderal KKO-AL (Korps Komando Angkatan Laut) yang ditunjuk oleh Presiden Soekarno menjadi Gubernur Jakarta pada tahun 1966. Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Deputi Kepala Staf Angkatan Laut, Menteri Perhubungan Laut Kabinet Kerja, Menteri Koordinator Kompartemen Maritim/Menteri Perhubungan Laut Kabinet Dwikora dan Kabinet Dwikora yang disempurnakan di bawah pimpinan Presiden Soekarno

Amirmachmud
Jenderal TNI Purnawirawan Amirmachmud (lahir di Cimahi, Jawa Barat, 21 Februari 1923 – meninggal di Cimahi, Jawa Barat, 21 April 1995 pada umur 72 tahun) adalah salah seorang tokoh militer Indonesia. Dalam posisi pemerintahan beliau pernah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri pada periode 1969 - 1982. Selain itu beliau juga pernah menjadi Ketua DPR/MPR pada periode 1982 - 1987. Ia juga merupakan salah satu saksi kunci perisitiwa Supersemar beserta Jenderal TNI Basuki Rahmat dan Jenderal TNI M. Jusuf.

Basuki Rahmat 
Jenderal Basuki Rahmat (lahir di Tuban, Jawa Timur, 4 November 1921 – meninggal di Jakarta, 8 Januari 1969 pada umur 47 tahun) adalah seorang jenderal dan politikus Indonesia. Ia adalah seorang pahlawan nasional Indonesia.

Daryatmo
Daryatmo, juga dieja Darjatmo (lahir di Solo, Jawa Tengah, 18 Juni 1925; umur 86 tahun) adalah tokoh militer Indonesia dan Ketua DPR/MPR periode 1978-1982.

Djamin Ginting
Djamin Ginting adalah seorang pejuang kemerdekaan menentang pemerintahan Hindia Belanda di Tanah Karo. Djamin Ginting dilahirkan di desa Suka, kecamatan Tiga Panah, Kabupaten Karo. Setelah menamatkan pendidikan sekolah menengah dia bergabung dengan satuan militer yang diorganisir oleh opsir-opsir Jepang. Pemerintah Jepang membangun kesatuan tentara yang terdiri dari anak-anak muda di Tanah Karo guna menambah pasukan Jepang untuk mempertahankan kekuasaan mereka di benua Asia. Djamin Ginting muncul sebagai seorang komandan pada pasukan bentukan Jepang itu.

Fahrul Razi 
Fahrul Razi (lahir di Banda Aceh) adalah salah satu Tokoh militer Indonesia. Ia berasal dari Akabri angkatan 1970 dan berada di kesatuan Infanteri. Pangkat Terkahir Militer Aktif adalah Jenderal TNI dan Jabatan Terakhir Militer adalah Wakil Panglima TNI.

G.H Mantik

Gatot Soebroto
Jenderal Gatot Soebroto (lahir di Banyumas, Jawa Tengah, 10 Oktober 1907 – meninggal di Jakarta, 11 Juni 1962 pada umur 54 tahun) adalah tokoh perjuangan militer Indonesia dalam merebut kemerdekaan dan juga pahlawan nasional Indonesia. Ia dimakamkan di Ungaran, kabupaten Semarang. Pada tahun 1962, Soebroto dinobatkan sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional menurut SK Presiden RI No.222 tanggal 18 Juni 1962. Ia juga merupakan ayah angkat dari Bob Hasan, seorang pengusaha ternama dan mantan menteri Indonesia pada era Soeharto.

Hari Sabarno
Jenderal TNI (Purn) Hari Sabarno (lahir di Solo, Jawa Tengah, 12 Agustus 1944; umur 67 tahun) adalah Menteri Dalam Negeri pada Kabinet Gotong Royong.

Hartono Rekso Dharsono
Hartono Rekso Dharsono yang lebih dikenal dengan sapaan Pak Ton (lahir di Pekalongan, Jawa Tengah, 10 Juni 1925 – meninggal di Bandung, Jawa Barat, 5 Juni 1996 pada umur 70 tahun) adalah seorang tokoh militer dan politik Indonesia.

Hasnan Habib
Letnan Jenderal TNI (Purn.) Hasnan Habib (Maninjau, Sumatra Barat, 3 Desember 1927–Jakarta, 16 Februari 2006) adalah seorang tokoh militer, pengamat politik dan diplomat Indonesia.

Hendardji Soepandji
Mayjen TNI (Purn.) Drs.Hendardji Soepandji,S.H adalah Komandan Pusat Polisi Militer periode 2006-2007. Ia digantikan oleh Mayjen TNI Subagdja Djiwapradja.Terakhir menjabat Aspam Kasad. Merupakan lulusan AKABRI tahun 1974. Ia satu angkatan dengan 2 Danpuspom sebelumnya, yaitu Mayjen TNI (Purn) Sulaiman.A.B dan Mayjen TNI Ruchjan. Ia juga satu angkatan dengan Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto.

Herman Bernhard Leopold Mantiri
Letjen. (Pur) Herman Bernhard Leopold Mantiri (Bogor, Jawa Barat, 11 September 1939) adalah seorang mantan Kepala Staf Umum ABRI. Dia juga adalah seorang mantan duta besar Indonesia untuk Singapura. Namanya sempat mencuat sebagai calon duta besar Indonesia untuk Australia pada tahun 1995, namun akhirnya pencalonannya dibatalkan pemerintah karena sebuah komentarnya mengenai aksi militer di Timor Timur pada 1991 kurang disukai pemerintah Australia.

Herman Sarens Sudiro
Letjen TNI (Purn) H. Herman Sarens Soediro (lahir di Pandeglang, Jawa Barat, 24 Mei 1930 – meninggal di Jakarta, 11 Juli 2010 pada umur 80 tahun) adalah purnawirawan, diplomat, pengusaha, tokoh olahraga menembak dan berkuda, serta promotor tinju. Ia adalah anak dari Serma R. Soediro Wirio Soehardjo, Kepala Perlengkapan Batalyon IV, Resimen XI, Divisi II Siliwangi yang gugur di tangan tentara Belanda pada 19 Desember 1947. Saat itu Serma Soediro adalah komandan Herman Sarens. Hermans Sarens Sudiro menikah dengan Tinawati pada 21 Agustus 1958 dan Teresa Bleszynski.

Iman Munandar

Muchdi PR
Muchdi Purwoprandjono (lahir di Yogyakarta, 15 April 1949) adalah seorang Purnawirawan Perwira Tinggi militer Indonesia dengan pangkat terakhir Mayor Jenderal. Lulusan Akademi Militer tahun 1970 ini pernah menjabat pada posisi strategis antara lain, Panglima Kodam Tanjungpura, di Kalimantan dan sebagai Komandan Jenderal KOPASSUS

Mohammad Ma'ruf
Mohammad Ma'ruf (lahir di Tegal, Jawa Tengah, 20 September 1942; umur 69 tahun) adalah Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia periode 2004-2007.

Praptoyuwono 
Kolonel (CHB) Praptoyuwono (Purwokerto, 26 Oktober 1926–1980) adalah seorang tokoh militer dan pencipta lagu kemiliteran asal Indonesia. Lahir sebagai putra bungsu R. Soedarmo dan RR. Siti Hupinah, Praptoyuwono adalah lulusan HIS-Hollandsch-Inlandsche School. Karier kemiliteran berawal dari kiprahnya di Tentara Pelajar (Mastepe - TP Be17 - Brigade XVII -kompie Encung -) saat perang gerilya di Banyumas. Selanjutnya ia berkarier di TNI-AD pada Jawatan Perhubungan Angkatan Darat. Ia adalah pencipta lagu Mars Perhubungan Angkatan Darat yang dikumandangkan pada setiap Hari Ulang Tahun Perhubungan Angkatan Darat sesuai aransemen/gubahan dari R.A.Y. Soejasmin.

Ruchjan
Mayjen TNI (Purn) Ruchjan, S.H, M.Sc. (Lahir di Tasikmalaya 1953) adalah salah seorang tokoh militer Indonesia. Beliau pernah menjabat sebagai Komandan Pusat Polisi Militer TNI-AD (Danpuspomad) pada tahun 2004-2006. Beliau pernah menyelesaikan kasus KKN yang terjadi di TNI. Kasus tersebut menyeret Kepala Badan Tabungan Perumahan Prajurit yaitu Kolonel Czi Ngadimin. Beliau merupakan lulusan AKABRI 1974, satu angkatan dengan mantan Kasad Jenderal TNI Agustadi Sasongko Purnomo,S.IP, mantan Pangkostrad Letjen TNI Prabowo Subianto, mantan Danpuspomad sebelumnya Mayjen TNI Sulaiman.A.B,S.H, mantan Danpuspomad setelahnya Mayjen TNI Hendardji Soepandji,S.H, serta mantan Aspers Kasad Mayjen TNI Arri Sujono,S.H,M.Sc. Beliau memiliki 4 orang anak dan salah satunya kini meneruskan jejak sang ayah yaitu berdinas di TNI-AD. Jabatan yang pernah diemban

Safzen Noerdin
Letnan Jenderal TNI (Marinir) Safzen Noerdin (lahir di Kruengsabe, Nanggroe Aceh Darussalam, 25 Januari 1952; umur 59 tahun) adalah mantan Komandan Korps Marinir. Ia, sejak tanggal 9 November 2004 menggantikan Mayjen (Mar) Ahmad Rivai. Sebelum diangkat menjadi Komandan Korps Marinir, dia menjabat Komandan Pendidikan TNI Angkatan Laut. Sedangkan jabatan Kepala Staf Korps Marinir sudah dipegangnya dua tahun sebelumnya.

Sintong Panjaitan
Mayor Jenderal (Purn) TNI Sintong Hamonangan Panjaitan atau biasa dirujuk Sintong Panjaitan (lahir di Sumatera Utara, 4 September 1940; umur 71 tahun) adalah seorang purnawirawan TNI lulusan Akademi Militer Nasional (kini Akademi Militer) tahun 1963. Ia menerima 20 perintah operasi/penugasan di dalam dan luar negeri selama karier militernya. Pencopotan jabatannya sebagai pangdam akibat Insiden Dili di pemakaman Santa Cruz, 11 November 1991 banyak dianggap sebagai awal dari kemunduran kariernya di bidang militer sebelum ia menjadi Purnawirawan dengan pangkat Letnan Jendral.

Sofian Effendi
Sofian Effendi (lahir di Bireuen, Aceh, 25 Juli 1943; umur 68 tahun) adalah salah satu tokoh militer Indonesia. Ia lulusan Akmil angkatan 1965 dan bertugas di Kesatuan Infanteri - Baret Merah. Pangkat terakhir dalam militer aktif adalah Letnan Jenderal TNI dan jabatan terakhir militer adalah Gubernur Lemhanas.

Soeprapto Prijopranoto

Subagdja Djiwapradja
Mayor Jenderal TNI Subagdja Djiwapradja lahir di Bogor, Jawa Barat pada tanggal 23 Maret 1952. Selepas pendidikan Sussarcab Pom sampai dengan 1983 bertugas di lingkungan Batalyon Pomad Para, mulai dari Danton s.d. Kasi dan Komandan Unit Satuan Pelaksana Pengawal Pribadi Presiden RI di Pasukan Pengamanan Presiden sampai dengan pangkat Kapten, dan sempat mengikuti pendidikan pengembangan spesialisasi MPOB di Amerika Serikat. Pada tahun 2000 menduduki jabatan Danpomdam IX/Udayana dan kemudian pada tahun 2001 menjabat sebagai Danpomdam Jaya.

Syaiful Rizal
Letjen TNI Syaiful Rizal (lahir di Lahat, Sumatera Selatan, 2 Juni 1952) adalah Komandan Jenderal Kopassus dari 15 Februari 2005 sampai 1 September 2006. Pada 1 September 2006, ia digantikan oleh Mayjen TNI Rasyid Qurnuen Aquary yang sebelumnya menjabat Pangdivif-1/Kostrad. Selanjutnya Letjen TNI Syaiful Rizal menjabat sebagai Pangdam IX/Udayana. Kemudian, ia menjabat sebagai Dankodiklat TNI-AD.


Syamsir Siregar
Syamsir Siregar (lahir di Pematangsiantar, Sumatera Utara, 23 Oktober 1941) adalah seorang tokoh militer Indonesia yang menjabat Kepala Badan Intelijen Negara sejak 8 Desember 2004 hingga 22 Oktober 2009. Ia lulusan Akademi Militer angkatan 1965 dan berasal dari kesatuan Infanteri - Kostrad. Pangkat terakhir sebagai militer adalah Mayor Jenderal TNI dan jabatan terakhir di militer adalah Kepala Badan Intelijen ABRI.

Syafrie Syamsoeddin

T. B. Simatupang 
Tahi Bonar Simatupang atau yang lebih dikenal dengan nama T.B. Simatupang (lahir di Sidikalang, Sumatera Utara, 28 Januari 1920 – meninggal di Jakarta, 1 Januari 1990 pada umur 69 tahun) adalah seorang tokoh militer dan Gereja di Indonesia. Saat ini namanya diabadikan sebagai salah satu nama jalan besar di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan.

Untung Syamsuri 
Letnan Kolonel Untung bin Syamsuri (lahir di Desa Sruni, Kedungbajul, Kebumen, Jawa Tengah pada 3 Juli 1926, wafat di Cimahi, Jawa Barat 1966) adalah Komandan Batalyon I Tjakrabirawa yang memimpin Gerakan 30 September pada tahun 1965. Untung adalah bekas anak buah Soeharto ketika ia menjadi Komandan Resimen 15 di Solo. Untung adalah Komandan Kompi Batalyon 444 dan pernah mendapat didikan politik dari tokoh PKI, 

Arief

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online