WELCOME TO THE BLOG SERBA SERBI.

Senin, 12 November 2012

Atlet Nunukan Sumbang 4 Emas Panjat Tebing di Kejurnas

aldi1.jpg
Atlet panjat tebing Nunukan meraih medali emas di Kejurnas

arifuddinali.blogspot.com - NUNUKAN, Pilipus “Adli” Amapayong, atlit Nunukan benar-benar menjadi bintang dalam kejurnas Panjat Tebing KU ke VII Tahun 2012 di Propinsi Bali. Hari ini, Pilipus yang masih berusia 9 tahun dan bersekolah di SD Fransisco Yashinta Nunukan kelas 5, seakan menghipnotis seluruh penonton yang hadir di GOR Gunung Agung karanasem Bali.

Tubuh kecil tidak menjadi penghalang baginya untuk mendulang emas keduanya di nomor speed Spider Kids C Putra, bagi kontingen Kaltim setelah di partai puncak sukses mengungguli lawannya dari kontingen Bali yang harus puas dengan medali perak.

Humas KONI Kabupaten Nunukan Farid Amiruddin dalam keterangan pers yang disampaikan kepada tribunkaltim.co.id menjelaskan, kunci keberhasilan Aldi adalah persiapan matang, mental baja, disertai konsistensi saat melakukan pemanjatan.

“Pilipus tampak fokus, sedangkan lawannya terlihat agak terburu-buru,” ujar Farid yang menyaksikan perjuangan Pilipus bersama Ketua FPTI Kabupaten Nunukan Arif Arianto, Senin (12/11/2012).

Nomor lainnya, Tixtus Amapayong siswa SMP Negeri 2 Nunukan yang merupakan kakak kandung Pilipus juga Berjaya menyumbangkan emas bagi kontingen Kaltim setelah di partai final. Ia mengungguli sesama atlit Nunukan Alberto “Bolang” Agustinus yang juga adalah siswa SMP Negeri 2 Nunukan.

Partai Tixtus dan Alberto berlangsung ketat namun Tixtus yang sejak awal mencatat waktu terbaik akhirnya keluar sebagai juara. Alberto “Bolang” sendiri kemarin juga berhasil meraih emas di nomor Lead Spider A Putra.
1 medali emas lainnya bagi Kaltim disumbangkan Siti Fatimah di nomor boulder putri. Sehinga total medali bagi Kaltim hingga hari ini adalah 5 Emas, 3 Perak dan 3 Perungu. Kaltim masih menyisakan 2 nomor lagi yang akan selesai dipertandingkan besok hari sekaligus menutup seluruh rangkaian kejuaraan.

Peringkat pertama hingga hari ini, masih diduduki tuan rumah Bali dengan 9 medali emas sedangkan kedua Jatim dengan 6 medali emas, Kaltim di posisi ketiga dengan 5 medali emas.

Hasil ini tentu saja merupakan prestasi gemilang bagi kontingen Kaltim terutama bagi Kabupaten Nunukan yang sukses mengharumkan nama Nunukan di tingkat nasional. Sekedar informasi, Nunukan akan menjadi tuan rumah Kejurda Panjat Tebing se-Kaltim tahun 2013. Sedangkan Kaltim akan menjadi tuan rumah Kejurnas Panjat Tebing tahun 2013. (*)
Sumber: tribunkaltim.co.id - Senin, 12 November 2012



FPTI Nunukan Sukses di Kejurnas Bali
ramai3.jpg
tribunkaltim/niko ruru

NUNUKAN, Setelah sukses meraih prestasi gemilang di ajang PON Riau beberapa waktu lalu melalui Sabri dan Zaelani, atlit-atlit Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Nunukan kembali  menorehkan prestasi yang spektakuler.

Trio atlit Junior panjat tebing Nunukan yaitu Alberto "Bolang" Agustinus (13 Tahun), Sixtus Sipo Ama Tura Ata Mukin (12 Tahun), serta Pilipus Rinaldi Ama Payong Ata Mukin (9 Tahun) yang berlaga di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Panjat Tebing KU ke-VII di Kabupaten Karangasem Bali berhasil menyumbangkan 4 medali emas, dan 1 medali perak bagi kontingen Kaltim.

Alberto "Bolang" meraih 1 emas di nomor Lead Spider Kid A Putra dan 1 Perak di Nomor Speed Spider Kid A Putra. Sixtus meraih 1 Medali Emas di Nomor Speed Spider Kid A Putra, sedangkan Pilipus yang merupakan adik kandung Sixtus anak dari pasangan Lambertus Lana dan Yustina Uba mereih 2 medali emas masing-masing di nomor Lead dan Speed Kategori Spider Kid C.

Keberhasilan ini tentu saja merupakan bukti kesuksesan FPTI Kabupaten Nunukan yang secara kontinyu melakukan pembinaan berjenjang sehingga proses regenarasi atlinya bisa berjalan secara kontinyu. Seperti yang kita ketahui bersama, Trio atlit di atas sebelumnya mengikuti Kejurda Panjat Tebing se-Kaltim di Kabupaten Bulungan dan masing-masing memperoleh medali emas.

Ketua KONI Kabupaten Nunukan Mansyur Husin melaui Humas KONI Nunukan Farid Amiruddin menjelaskan pencapaian yang diraih oleh FPTI Kabupaten Nunukan tentu mendapatkan apresiasi yang sangat besar dari KONI Nunukan bersama jajaran Pemda Kabupaten Nunukan karena telah mengharumkan nama Kabupaten Nunukan di tingkat nasional.

"Sekarang yang penting para atlit jangan cepat berpuas diri, tetap giat berlatih secara disiplin karena kini tidak hanya menjadi aset Nunukan, tapi juga Kaltim bahkan menjadi aset Nasional. Koni akan tetap mendukung pencapaian prestasi atlit, termasuk memberi dukungan dan bantuan penuh terhadap ditunjuknya Nunukan sebagai tuan rumah Kejurda Panjat Tebing Tahun 2013," ujarnya melalui siaran pers kepada tribunkaltim.co.id.

Sementara Ketua FPTI Kabupaten Nunukan didampingi official Lukman yang juga mendampingi para atlit Nunukan di Bali mengucapkan banyak terima kasih kepada KONI Nunukan yang memberi perhatian besar terhadap para atlit dengan melihat langsung para atlit berjuang di GOR Gunung Agung Bali. (*)
Sumber: tribunkaltim.co.id- Rabu, 14 November 2012



Cari Bibit Unggul Panjat Tebing
FPTI gelar Kerjunas pemula 


Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Akil Mochtar membuka kejuaraan nasional (Kejurnas) Panjat Tebing kelompok umur VII, Jumat (08/11/2012).

Kejuaraan tahunan ini sekaligus untuk mencari bibit unggul yang akan berlaga pada ASIAN Games 2016 (korea) dan Olimpiade 2020 (Turki) dimana Cabang olahraga panjat tebing diperlombakan untuk pertama kali dikedua event tersebut.

"Tujuannya proses edukasi bagi atlit pemula, mereka akan mengetahui langsung tata cara mengikuti kompetisi yang baik dan benar sebagaimana diatur dalam peraturan kompetisi FPTI,"ujar Akil saat membuka kejuaraan.

Kejuaraan akan digelar mulai tanggal 8 hingga 14 november mendatang di GOR Gunung Agung, Jl. Untung Surapati, Karang Asem, Bali. Bali adalah pengprov yang ditunjuk menjadi tuan rumah kejuaraan pada Rakernas tahun 2000.

Peserta berjumlah 267 0rang, yang merupakan atlet perwakilan dari 19 Pengurus Provinsi (pengprov) FPTI dari 26 Pengprov. Kategori yang dilombakan adalah nomer lead, boulder dan speed (Speed Klasik dan Speed Word Record). Sementara untuk kategori dan nomor yang dipertandingkan, adalah Junior (1993-1994), Youth A (1995-1996) Youth B (1997-1998), Spider Kid A (1999-2000), Spider Kid B (2001-2002), Spider Kid C (2003-2005).

Atlit yang mengikuti kejuaraan ini sebelumnya telah melalui tahap seleksi ditingkat FPTI kota/kabupaten, kemudian seleki ditingkat Provinsi, lalu seluruh pengurus provinsi mengirimkan atlit terbaiknya di kejuaraan ini.

Pembukaan dihadiri oleh Wakil Bupati Karangasem Made Sukerana, SH, PP FPTI dan pengurus KONI setempat.

Akil mengatakan, target kepengurusan kali ini adalah menjaga tradisi prestasi yang ditorehkan atlit-atlit panjat tebing nasional. Karena itu, upaya pembinaan di daerah maupun kejuaraan akan lebih sering digelar.

Untuk tingkat asia, atlet-atlet Indonesia sudah banyak mempunyai prestasi. Pada kejuaraan Asian Youth Championship di Singapura 2011, Indonesia memperoleh enam medali emas, mengalahkan Jepang dan Korea Selatan yang langganan juara.

"Untuk panjat tebing, kita memang punya prestasi. Kita akan bina terus menerus untuk menjaga tradisi prestasi yang sudah bagus ini,"ujarnya.
Sumber: Sindonews.com - Jum'at,  9 November 2012 

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online