WELCOME TO THE BLOG SERBA SERBI.

Kamis, 22 November 2012

John F. Kennedy

arifuddinali.blogspot.com - John Fitzgerald Kennedy (lahir di Brookline, Massachusetts, 29 Mei 1917 – meninggal di Dallas, Texas, Amerika Serikat, 22 November 1963 pada umur 46 tahun), sering disebut John F. Kennedy, Kennedy, John Kennedy, Jack Kennedy, atau JFK adalah Presiden Amerika Serikat yang ke-35. Pada 1960, ia menjadi termuda yang dipilih menjadi Presiden Amerika Serikat dan termuda kedua setelah Theodore Roosevelt untuk jabatan presiden. Kennedy menjadi presiden setelah dilantik pada 20 Januari 1961. Jabatan kepresidennya terhenti setelah terjadi pembunuhan terhadap dirinya pada 1963. Ia tewas oleh terjangan peluru saat melakukan kunjungan ke Dallas (Texas) pada 22 November 1963. Kennedy roboh saat mobil terbuka yang membawanya melintas di kerumunan orang yang menyambut kunjungannya. Pada 25 November 1963, jenasahnya dimakamkan di Arlington, Washington, DC. Sebanyak 800.000 orang ikut berkabung di jalanan Washington.

Kennedy adalah anggota klan Kennedy yang berdarah Irlandia-Amerika, sebuah keluarga terkemuka di dunia politik negaranya. Ia dianggap sebagai lambang liberalisme Amerika. Pada Perang Dunia II, ia dikagumi karena keberanian dan heroismenya ketika ia menyelamatkan seorang rekan pelaut di Samudra Pasifik Selatan. Kennedy mewakili Massachusetts pada 1947–1960, sebagai anggota Dewan Perwakilan dan Senat AS. Ia terpilih sebagai Presiden pada 1960 dengan kemenangan yang tipis dalam salah satu pemilu yang paling ketat dalam sejarah Amerika.

Kennedy adalah orang termuda yang terpilih sebagai presiden (jangan disamakan dengan orang termuda yang memegang jabatan presiden, sebuah rekor yang dipegang oleh Theodore Roosevelt), presiden AS pertama yang lahir di abad ke-20, dan juga presiden termuda yang meninggal.

Hingga 2005, ia juga merupakan satu-satunya pemeluk Katolik Roma yang pernah terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat, presiden pewakil Partai Demokrat dari Utara terakhir, dan presiden terakhir yang meninggal sewaktu menjabat.

Setelah pembunuhan John F. Kennedy pada 22 November 1963, dunia turut berduka cita atas kematiannya.

Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh C-SPAN yang mengurutkan presiden AS, sebuah panel sejarawan memberikan dia nilai di posisi kedua dalam keseluruhan dan populasi umum memberikan dia peringkat ketiga dari empat puluh dua presiden yang pernah menjabat. Agendanya tidak selesai karena kematiannya; kebanyakan kebijakan hak masyarakatnya menunjukkan hasil melalui penerusnya, Lyndon B. Johnson.

Keluarga

John F Kennedy

  • Caroline Kennedy
  • Jacqueline Kennedy Onassis. Jacqueline Lee Bouvier Kennedy Onassis (lahir di Southampton, New York, Amerika Serikat, 28 Juli 1929 – meninggal 19 Mei 1994 pada umur 64 tahun) adalah istri John F. Kennedy periode 1953-1963 dan dikenal dengan Jacqueline Kennedy atau Jackie Kennedy. Ia menjadi ibu negara Amerika Serikat (First Lady of the United States) pada 1961 hingga suaminya terbunuh dan tewas pada tahun 1963. Periode 1968 hingga meninggalnya pada 1975, ia menikah dengan Aristotle Onassis dan dikenal dengan Jacqueline Onassis, Jackie Onassis, atau secara informalnya Jackie O. Pada tahun-tahun berikutnya, ia memiliki karier yang sukses sebagai editor buku.
  • John F. Kennedy, Jr.
  • Kennedy family

    Robert F. Kennedy.
  • Robert Francis "Bobby" Kennedy (lahir di Brookline, Massachusetts, Amerika Serikat, 20 November 1925 – meninggal di Los Angeles, California, Amerika Serikat, 6 Juni 1968 pada umur 42 tahun), juga dipanggil "RFK", adalah salah satu dari adik laki-laki presiden Amerika Serikat John F. Kennedy, dan ditunjuk oleh kakaknya untuk menjadi Jaksa Agung dalam pemerintahannya. Sebagai salah satu penasehat Presiden Kennedy yang paling tepercaya, ia bekerja erat dengan JFK selama Invasi Teluk Babi dan Krisis Misil Kuba. Pada 1964, setelah kematian kakaknya, ia dipilih menjadi senator dari negara bagian New York. Ia dibunuh tidak lama setelah berpidato merayakan kemenangannya dalam pemilihan pendahuluan kepresidenan 1968 di California di depan Hotel Ambassador di Los Angeles, California.

    Edward M. Kennedy
  • .Edward Moore "Ted" Kennedy (lahir 22 Februari 1932 – meninggal 25 Agustus 2009 pada umur 77 tahun) adalah senator negara bagian Amerika Serikat Massachusetts sejak 1962. Ia adalah anak bungsu dari Joseph Patrick Kennedy, Sr. dan Rose Fitzgerald Kennedy. Ia adalah adik John F. Kennedy, Presiden Amerika Serikat dan Robert F. Kennedy. Kedua saudaranya telah dibunuh. Ia meninggal dunia karena kanker yang dideritanya.



  • Joseph P. Kennedy Sr
  • Joseph P. Kennedy Jr
  • Rose Kennedy
  • Eunice Kennedy Shriver
  • Jean Kennedy Smith
  • William Kennedy Smith
  • Ethel Kennedy
  • Rosemary Kennedy
  • Patricia Kennedy Lawford
  •  
  • Peter Lawford.
  • Peter Lawford. Peter Sydney Lawford (lahir 7 September 1923 – meninggal 24 Desember 1984 pada umur 61 tahun) adalah seorang pemeran pria berkebangsaan Inggris yang menjadi bagian dari Frank Sinatra, "Rat Pack". Dia dilahirkan di London. Dia berkarier di dunia film sejak tahun 1930 hingga 1983. Dia wafat pada tahun 1984 karena mengalami gangguan liver.

 

 

 

Pembunuhan

Wajah Kennedy diabadikan dalam koin 50 sen Amerika Serikat.

  • Presiden Kennedy dan istrinya, Jacqueline, dan Gubernur Texas John Connally dalam limusin sebelum pembunuhannya
    Pembunuhan John F. Kennedy. Pembunuhan John F. Kennedy, presiden ke-35 Amerika Serikat, terjadi pada hari Jumat, 22 November 1963 di Dallas, Texas pada pukul 12:30 Central Standard Time (18:30 UTC). Kennedy tewas akibat ditembak sementara berada di mobil bersama istrinya Jacqueline Bouvier Kennedy. Investigasi 10 bulan oleh Komisi Warren tahun 1963–1964, United States House Select Committee on Assassinations (HSCA) tahun 1976–1979, dan investigasi pemerintahan lainnya menyimpulkan bahwa Kennedy dibunuh oleh Lee Harvey Oswald. Kesimpulan ini didukung oleh publik tahun 1964–66, namun pemilihan diadakan setelah 1966 dan menunjukan 80% warga Amerika tidak mempercayainya. Pembunuhan ini masih diperdebatkan dan menimbulkan beberapa teori konspirasi.
  • Nellie Connally
  • John Connally.
    John Connally.
    John Bowden Connally, Jr. (Floresville, 27 Februari 1917 – Houston, 15 Juni 1993) adalah seorang politikus Amerika Serikat dari negara bagian Texas.
    Awalnya ia adalah anggota Partai Demokrat, sejak tahun 1973 berganti ke Partai Republikan.
    Ia menjabat sebagai Gubernur Texas dari tahun 1963 hingga 1969. Ia tercatat sebagai penumpang di mobil yang di situ Presiden John F. Kennedy dibunuh pada tanggal 22 November 1963 di Dallas, Texas.



  • Film Zapruder, pembunuhan fotografer personel film
  • Orville Nix, photographer of the second film of assassination
  • Pembunuhan teori Kennedy
  • Pembunuhan Robert F. Kennedy
  • Kennedy Curse
  • Daftar politikus terbunuh Amerika

Referensi

  • Majalah Tempo edisi 29 November 2009

 

Pranala luar



Presiden Amerika Serikat ke-35
Masa jabatan
20 Januari 1961 – 22 November 1963
Wakil Presiden Lyndon B. Johnson
Didahului oleh Dwight D. Eisenhower
Digantikan oleh Lyndon B. Johnson
Senator Amerika Serikat
dari Massachusetts
Masa jabatan
3 Januari 1953 – 22 Desember 1960
Didahului oleh Henry Cabot Lodge, Jr.
Digantikan oleh Benjamin A. Smith
Informasi pribadi
Lahir 29 Mei 1917
Brookline, Massachusetts, Amerika Serikat
Meninggal 22 November 1963 (umur 46) 12:30 p.m.
Dallas, Texas, Amerika Serikat
Kebangsaan Amerika
Partai politik Demokrat
Suami/istri Jacqueline Lee Bouvier Kennedy
Alma mater Universitas Harvard
Pekerjaan Penulis
Agama Katolik Roma
Tanda tangan

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online