WELCOME TO THE BLOG SERBA SERBI.

Minggu, 01 September 2013

Ayam Cemani

 
Indonesia Memiliki Ayam Termahal di Dunia
arifuddinali.blogspot.com - Ayam ini mahal karena faktor langka dan sulit untuk berkembang biak.

Bagaimana seekor ayam bisa menjadi sangat mahal? Namun begitulah fakta yang dimiliki jenis ayam yang berasal dari Indonesia ini.

Ayam termahal asal Indonesia ini adalah Ayam Cemani, di mana satu ekornya, Anda harus merogoh uang sebesar US$ 2.500 per ekor (sekitar Rp 27 juta).

Paul Bradshaw dari Greenfire Farms Florida, ayam ini sangat mahal karena faktor langka dan sulit untuk berkembang biak.

Banyak orang yang setuju bahwa ayam tersebut memiliki unsur estetika seperti warna hitam pekat di tubuhnya, bahkan bulu, otot, tulang dan organ di  dalamnya juga berwarna hitam.

"Ayam ini sangat cantik, seperti memandangi benda hitam saja," tutur Bradshaw.

Cemani sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti 'hitam pekat'. Ayam ini pernah diekspor ke Eropa pada 1998 dan dikaitkan dengan Black Chicken Swedia. (postlicious.com 310813)



Ayam Cemani di Amerika Bisa Laku Rp 50 Jutaan
Ayam Cemani bukan hanya digilai orang Indonesia saja. Di Amerika Serikat, ayam yang sekujur tubuhnya berkelir hitam ini juga jadi favorit. Bahkan harganya melambung tinggi. Sepasangnya bisa dihargai sampai 5 ribu dollar AS atau di kisaran Rp 50 jutaan.

Jelas ada alasan mengapa Cemani begitu berharga di Amerika Serikat. Seorang peternak ayam Cemani, Paul Bradshaw menyebut unggas tersebut masuk kategori langka dan sulit berkembang biak. Selain itu, Cemani memiliki kekhasan yang tak dimiliki ayam jenis lain.

"Benar-benar cantik meski warnanya hanya hitam legam saja,” katanya seperti Tribunnews.com kutip dari Phoenix New Times, Rabu (15/8/2013).

Warna hitam legam di sekujur tubuhnya membuat ayam Cemani begitu unik. Bukan hanya luarnya saja, tapi otat, tulang, dan kulitnya pun ikutan hitam. Dari namanya saja, Cemani, yang diambil dari bahasa Jawa yang berarti hitam legam.

Perlu diketahui, ayam ini sudah eksis di Eropa sejak 1998. Kala itu, sejumlah eksportir mengirimkan ayam tersebut dan konon dikaitkan dengan Black Chicken Swedia. (tribunnews 150813)


Ayam cemani merupakan ayam yang memiliki dominan warna hitam pada kuku, kulit, bulu, paruh, mata, daging, tulang, dan lidah, bahkan kadang ada juga yang berdarah hitam. Ayam ini oleh kalangan tertentu diyakini memiliki kekuatan magis sehingga banyak dicari


Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online