WELCOME TO THE BLOG SERBA SERBI.

Jumat, 18 April 2014

Astronom Temukan Planet Sepupu Bumi

Planet baru yang mirip bumi, Keppler 22B
arifuddinali.blogspot.com - Para astronom lagi-lagi menemukan planet yang diperkirakan layak huni seperti Bumi. Planet baru itu, bernama Kepler-186f, diklaim sangat mirip bumi sehingga dijuluki sebagai sepupu bumi.

Elisa Quintana, ilmuwan dari SETI Institute di NASA Ames Research Center, memimpin tim astronom memburu planet baru menggunakan teleskop antariksa Kepler milik NASA. Dari pengamatan itu mereka mengetahui bahwa Kepler-186f mengorbit Kepler-186, bintang katai merah yang sinarnya lebih redup dari matahari, berjarak 490 tahun cahaya.

Bintang Kepler-186 sebelumnya diketahui memiliki empat planet. Tetapi semua planet itu meringkuk terlalu dekat sehingga suhunya terlalu panas dan tidak memungkinkan untuk pembentukan habitat layak huni.

"Penemuan Kepler-186f merupakan tonggak besar di bidang perburuan planet," kata Quintana seperti dikutip Daily Mail, Jumat, 18 April 2014.

Kepler-186f berukuran 1,1 kali atau 10 persen lebih besar dari bumi. Perlu 130 hari bagi planet ini untuk mengitari bintangnya. Waktu tempuhnya nyaris sepertiga lebih singkat dari bumi mengitari matahari.

Quintana mengatakan, jarak planet itu terhadap bintangnya sangat ideal sehingga memungkinkan untuk mempertahankan zat cair di permukaannya. Dengan begitu, Kepler-186f mendukung untuk munculnya kehidupan.

Selama beberapa dekade para astronom telah mencari planet mirip bumi di luar tata surya yang bisa mendukung kehidupan. Hingga hari ini, menggunakan teleskop Kepler, mereka telah menemukan ratusan planet.

"Tapi sebagian besar planet-planet itu terlalu besar atau terlalu dekat mengorbit bintang mereka sehingga tidak mendukung untuk kehidupan," kata Quintana. Nah, dari ratusan planet itulah Kepler-186f muncul sebagai kandidat terkuat planet layak huni seperti bumi. (tempo.co 18042014)


Berapa Jumlah Planet Mirip Bumi di Bima Sakti?

(dari kiri) Kepler-22b, Kepler-69c, Kepler-62e, Kepler-62f dan bumi. Abc15.com
Penelitian astronomi terbaru mengungkap fakta yang menarik. Seperti dikutip laman Telegraph, Selasa, 5 November 2013, seperlima bintang yang mirip matahari di galaksi Bima Sakti pasti memiliki setidaknya satu planet mirip bumi. Planet ini mirip dari segi ukuran ataupun kondisinya untuk dihuni.

Selama empat tahun terakhir, teleskop Kepler milik lembaga antariksa Amerika Serikat (NASA) telah mempelajari 150.000 bintang. Sebanyak 20 persen di antaranya tergolong mirip matahari. Bintang-bintang inilah yang dikelilingi sejumlah planet mirip bumi.

Bahkan salah satu planet mirip bumi mengorbit sebuah bintang yang hanya berjarak 12 tahun cahaya dan dapat dilihat dengan mata telanjang dari bumi. Planet ini memiliki suhu yang cocok untuk mendukung kehidupan.

Profesor Geoffrey Marcy dari University of California mengatakan tujuan utama misi Kepler adalah menemukan fraksi bintang yang memiliki planet seukuran bumi dan bersuhu hangat sehingga tidak membuat air membeku ataupun menguap. "Karena air merupakan prasyarat untuk kehidupan," ujarnya.

Kepler diluncurkan pada 2009 untuk memperkirakan berapa banyak planet layak huni yang mengorbit pada 100 miliar bintang di galaksi Bima Sakti. Untuk memenuhi kriteria layak huni, kandidat planet sebaiknya tidak lebih dari dua kali ukuran bumi serta memiliki suhu yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin untuk mendukung organisme hidup.  (tempo.co 05102013)

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online