WELCOME TO THE BLOG SERBA SERBI.

Rabu, 29 Juli 2015

8 Cara agar Ginjal Anda Tetap Sehat

arifuddinali.blogspot.com - Jumlah kasus gagal ginjal di Indonesia kian memprihatinkan. Dengan penduduk sekitar 250 juta, prevalensi gagal ginjal diperkirakan sebesar 400 per 1 juta penduduk dan angka insiden (yang sudah dinyatakan gagal ginjal) sebesar 100 per 1 juta penduduk.

Begitu disampaikan Guru Besar Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM, Prof. Dr. dr. Endang Susalit, SpPD-KGH, beberapa waktu lalu. Ia mengatakan, setidaknya ada 100.000 pasien gagal ginjal dan 25.000 pasien baru setiap tahun yang memerlukan terapi pengganti.

Mengingat pentingnya menjaga kesehatan ginjal, tahukah Anda kalau ginjal hanya seukuran kepalan tangan. Organ tubuh ini terletak tepat di bawah tulang rusuk di kedua sisi tulang belakang dan memiliki fungsi yang paling penting bagi tubuh seperti membersihkan racun yang masuk ke tubuh.

Tugas ginjal untuk menyaring racun, urea dan garam berlebih dalam tubuh. Racun ini dikeluarkan melalui urin. Selain itu, ginjal juga berperan dalam pengaturan tekanan darah, sel darah merah dan asam dalam tubuh.

Jika ginjal tidak dirawat dengan baik, tentu fungsinya akan menurun. Untuk menjaga ginjal dengan baik, berikut ini ada beberapa tips untuk menjaga ginjal tetap sehat, seperti dikutip Boldsky, Kamis (23/10/2014):

1. Olahraga

Tidak ada cara lain yang membuat fungsi ginjal tetap baik yakni olahraga.

2. Tes medis

Pemeriksaan medis secara rutin setelah usia 30 tahun baiknya dilakukan. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pastikan bahwa ginjal berfungsi dengan baik. Perhatikan pula bila Anda memiliki riwayat keluarga penyakit ginjal.

3. Kontrol diet

Sebisa mungkin, konsumsi makanan yang dimasak tanpa pengawet dan makanan kemasan.

4. Jaga tekanan darah

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Oleh sebab itu, pemeriksaan dini ginjal bila tekanan darah tidak stabil perlu diperhatikan.

5. Jaga gula darah

Begitu juga dengan gula darah, sebab kesehatan ginjal erat kaitannya dengan diabetes.

6. Banyak minum air putih

Mnegonsumsi banyak air minum dapat membuat ginjal bekerja dengan baik.

7. Berhenti merokok

Merokok dapat memperlambat aliran darah ke ginjal yang dapat menyebabkan gagal ginjal.

8. Tidak sering mengnsumsi obat-obatan

Jika Anda pernah harus mengambil obat apapun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Karena Anda bukan dokter yang tidak pernah tahu apa efek samping dari obat tersebut.
 
Sumber: health.liputan6.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

gif maker

Arifuddin Ali