WELCOME TO THE BLOG SERBA SERBI.

Jumat, 24 Juli 2009

SIAPAKAH SAYA



Saya adalah bagian dari pemerintah, saya adalah pasien, saya adalah petugas kesehatan, saya adalah ilmuwan dari perguruan tinggi, saya adalah guru, saya adalah bagian dari masyarakat.
Apa yang bisa saya lakukan dalam penanggulangan TB ?

Pemerintah menjadi penanggung jawab utama (leading sector) dalam penanggulangan penyakit yang masih menjadi masalah kesehatan masyarakat ini. Pemerintah bertanggung jawab agar setiap penyelanggaraan pengobatan TB di Indonesia sesuai dengan Pedoman Penanggulangan TB yang telah ditetapkan, sehingga setiap pasien TB mendapatkan akses terhadap pelayanan TB yang berkualitas sesuai dengan standard yang berlaku saat ini.
Pasien dapat berperan dengan berpartisipasi secara aktif untuk kesembuhan dirinya sendiri dan menjalankan pengobatan sesuai dengan petunjuk petugas kesehatan. Pasien juga dapat membantu menemukan pasien lainnya dengan memperhatikan orang-orang di sekitarnya yang mempunyai gejala TB dan mengajak mereka memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan terdekat. Setelah sembuh pasien dapat berperan menjadi kader di lingkungannya

Petugas Kesehatan dapat berperan dengan tetap waspada dengan gejala-gejala TB dan membantu menyediakan diagnosa tepat pada waktunya dan pengobatan yang dibutuhkan sesuai dengan standard dan pedoman yang berlaku.

Ilmuwan dapat berperan dengan melakukan penelitian yang dibutuhkan untuk mengembangkan diagnosa, obat TB dan vaksin TB yang baru.

Guru dapat berperan dengan memberikan pengetahuan kepada para siswanya tentang penyakit TB ini.

Masyarakat dapat berperan dengan cara berbagi informasi untuk membantu pencegahan penyakit ini dan membantu pencarian pengobatan bagi orang di sekitarnya yang membutuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

gif maker

Arifuddin Ali