WELCOME TO THE BLOG SERBA SERBI.

Senin, 02 November 2009

Bisa Mendorong Rudal dari Nunukan ke Serawak


Roket jenis ini merupakan yang pertamakalinya diluncurkan oleh Indonesia.
Kamis, 2 Juli 2009, 11:35 WIB. Ismoko Widjaya

VIVAnews - Uji coba peluncuran roket RX-420 di Garut, Jawa Barat, menjadi perhatian media asing. Roket jenis ini merupakan yang pertamakalinya diluncurkan oleh Indonesia.

"Jenis RX-420 ini belum pernah diluncurkan," kata juru bicara Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Elly Kuntjahyowati, dalam keterangan VIVAnews melalui telepon, Kamis, 2 Juli 2009.

Roket rakitan itu diluncurkan pagi tadi di Garut, Jawa Barat. Berita peluncuran roket itu menarik perhatian media asing, yaitu The Straits Times (Singapura) dan The Sydney Morning Herald (Australia), yang memuatnya di laman masing-masing.

Peluncuran roket rakitan itu merupakan bagian dari ambisi Lapan, untuk meluncurkan satelit dengan roket produksi dalam negeri pada 2014. Lapan pun berencana memadukan teknologi RX-420 itu dengan teknologi roket yang telah diujicoba tahun lalu untuk meluncurkan satelit pada 2014.

Berdasarkan keterangan dari situs resmi Lapan, uji statik roket jenis ini pernah dilakukan pada 23 Desember 2008 di Tarogong, Garut, Jawa Barat. Roket yang memiliki panjang badan hingga 6 meter ini bisa menjangkau 80-110 kilometer.

Dengan kekuatan jarak seperti itu, roket ini bisa mendorong rudal dari Nunukan, wilayah Indonesia, ke Serawak di wilayah Malaysia.

Dari hasil uji statik, waktu pembakaran roket tahun lalu itu mencapai 12,29 detik, dengan daya dorong rata-rata 9,6 ton. Roket dengan berat total 1100 kg ini, diperkirakan mampu membawa potential payload seberat 50-100 kg.

sumber: ismoko.widjaya@vivanews.com
• VIVAnews

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online