WELCOME TO THE BLOG SERBA SERBI.

Minggu, 18 Desember 2011

Persemakmuran

Negara Persemakmuran
Persemakmuran merupakan istilah yang berasal dari abad kelima belas (dari bahasa Inggris commonwealth) yang secara harfiah berarti untuk kebaikan/kemakmuran bersama. Persemakmuran pada mulanya berarti sebuah negara yang dipimpin untuk kemakmuran bersama dan bukan hanya untuk kemakmuran beberapa orang dari kelas tertentu saja.
Pada zaman sekarang istilah ini lebih bermakna umum yang kurang lebih artinya komunitas politik. Macam komunitas yang dimaksud dapat bermacam-macam, bisa berarti:
  • sebuah negara yang didirikan berdasar suatu undang-undang untuk kebaikan rakyat bersama;
  • sebuah federasi negara-negara;
  • sebuah komunitas negara-negara mandiri;
  • sebuah negara republik; atau
  • sebuah negara monarki konstitusional yang demokratis.

1. Penggunaan masa kini

1.1. Internasional / multinasional

1.1.1. Negara-negara Persemakmuran

Persemakmuran dengan huruf kapital 'P' biasanya merujuk kepada ke-53 anggota Negara-negara Persemakmuran - yang dulunya dikenal dengan nama "Persemakmuran Britania" - suatu konfederasi negara-negara merdeka yang dulunya merupakan bagian dari Kekaisaran Britania (dengan satu perkecualian, negara Mozambik, yang dulunya dimiliki oleh Portugis). Kepala dari Negara-negara Persemakmuran adalah raja/ratu Inggris, yang saat ini dijabat oleh Ratu Elizabeth II. Ratu Elizabeth II juga memimpin secara langsung di beberapa negara, yang dikenal dengan Dunia Persemakmuran, antara lain Britania Raya, Australia, Kanada, Selandia Baru, Papua Nugini, dan beberapa negara lainnya.

1.1.2. Persemakmuran Negara-negara Merdeka

Persemakmuran Negara-negara Merdeka adalah suatu aliansi atau konfederasi antara bekas anggota Soviet yang berjumlah 12 dari 15 negara (Estonia, Latvia dan Lituania tidak termasuk). Pembentukan persemakmuran ini menandakan berakhirnya era Uni Soviet dan merupakan suatu cara "pemisahan diri yang beradab" antara republik-republik di Soviet. Persemakmuran ini telah membentuk suatu kerjasama ekonomi, pertahanan, dan kebijakan luar negeri antara angota-anggotanya.

1.2. Amerika Serikat

Negara bagian berikut menggunakan atau pernah menggunakan istilah tersebut:
  • Kentucky: Kentucky merupakan negara bagian yang secara resmi menurut konstitusinya merupakan sebuah persemakmuran (Commonwealth of Kentucky)
  • Massachusetts: Massachusetts juga merupakan persemakmuran berdasarkan konstitusinya.
  • Pennsylvania: Nama resminya adalah Persemakmuran Pennsylvania (Commonwealth of Pennsylvania)
  • Virginia: Sebelum bergabung dengan Amerika Serikat dikenal dengan nama Persemakmuran Virginia (Commonwealth of Virginia)
Selain itu istilah persemakmuran juga digunakan untuk menggambarkan hubungan Amerika Serikat dengan Puerto Riko dan Kepulauan Mariana Utara.

1.3. Australia

Keenam negara bagian Australia membentuk Persemakmuran Australia (Commonwealth of Australia) pada tahun 1901. Sistem Parlemen Australia dijabarkan dari sistem Inggris, Kanada, dan Amerika Serikat yang membetuk suatu sistem baru yang unik. Di Australia, istilah 'Persemakmuran' (dengan huruf kapital) merujuk kepada pemerintah federal.

1.4. Bahamas

Bahama, sebuah negara anggota Dunia Persemakmuran, menggunakan nama resmi Persemakmuran Bahama (Commonwealth of The Bahamas) sejak kemerdekaannya tahun 1973.

1.5. Dominika

Dominika, sebuah republik kecil di Karibia, menggunakan nama resmi Persemakmuran Dominika (Commonwealth of Dominica) sejak tahun 1970.

1.6. Republik Panama

Republik Panama memiliki sebuah persemakmuran tidak resmi, yaitu propinsi Chiriquí. Walaupun tidak resmi, tapi penduduk propinsi Chiriquí menganggap propinsi mereka bagian dari Persemakmuran Kerajaan Panama.

2. Penggunaan zaman dulu

2.1. Britania Raya

Persemakmuran Inggris adalah nama resmi negara gabungan antara Skotlandia dan Inggris (setelah Perang Saudara Inggris) dibawah pemerintahan Oliver Cromwell. Hal itu menjadikan Inggris negara republik selama sesaat (merupakan negara republik pertama yang berbahasa Inggris), walaupun tidak lama kemudian berubah lagi menjadi monarki. Persemakmuran ciptaan Cromwell ini biasanya disebut sebagai Persemakmuran Lama oleh orang-orang Inggris.

2.2. Islandia

Islandia dulunya bernama Persemakmuran Islandia sejak tahun 930-1262.

2.3. Filipina

Filipina pada tahun 1935-1946 menggunakan nama Persemakmuran Filipina untuk hubungannya dengan Amerika Serikat.

2.4. Polandia-Lituania

Nama Persemakmuran Polandia-Lituania dulu dipakai sebagai nama resmi negara konfederal Polandia dan Lituania sejak 1569-1795.


Arief

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

gif maker

Arifuddin Ali