WELCOME TO THE BLOG SERBA SERBI.

Sabtu, 25 Februari 2012

Angin Puting Beliung

Angin Puting Beliung di Dua Tempat Tewaskan 5 Orang

Tribunnews.com - Sabtu, 25 Februari 2012 08:13 WIB
TRIBUNNEWS.COM - Angin puting beliung menerjang dan memporak-porandakan dua wilayah di Indonesia dalam kurun waktu hampir bersamaan yaitu di Kabupaten Sidrap (Sulawesi Selatan) dan Pakpak Barat (Sumatera Utara) pada Jumat (24/2/2012).

DR. Sutopo Purwo Nugroho, APU, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, dalam keterangannya kepada Tribunnews.com, Sabtu (25/2/2012), menyebutkan, akibat terjangan angin puting beliung itu sedikitnya empat orang meninggal dunia di Sidrap dan satu orang di Pakpak Barat. Mereka meninggal akibat tertimpa pohon dan bangunan.

Akibat lain terjangan angin puting beliung itu adalah rusaknya 59 unit rumah di Sidrap dan 39 unit lainnya di Pakpak Barat

Di Sidrap, kejadian bencana angin puting beliung terjadi Kelurahan Wettee, Kecamatan Panca Lautang pada Jumat (24/ 2/2012) pada pukul 17.30 WIB. Akibat kejadian tersebut, 4 orang meninggal, 59 rumah rusak berat, dan 215 orang mengungsi.

BPBD Provinsi Sulawesi Selatan dan BPBD Sidrap telah melakukan berkoordinasi bersama instansi terkait. Posko tanggap darurat telah didirikan. TRC BPBD, Tagana, PMI, SAR, TNI, Polri dan masyarakat telah turun ke lokasi bencana memberikan bantuan ke masyarakat. Sebagian besar masyarakat yang mengungsi saat ini sudah kembali ke rumah masing-masing.

Sedangkan puting beliung di Kecamatan Salak dan Simpakrobe, Kabupaten Pakpak Barat, Provinsi Sumatera Utara terjadi pada 16.30 WIB. 1 orang meninggal dunia. 2 unit rumah rusak berat, 13 unit rumah rusak sedang, dan 24 rumah rusak ringan. BPBD Sumatera Utara dan BPBD Pakpak Barat telah berada di lokasi dan berkoordinasi dengan pihak terkait serta melakukan penanganan darurat. Aparat setempat dibantu warga melakukan evakuasi terhadap korban bencana. Pemerintah setempat dibantu warga bergotong royong untuk membersihkan puing-puing bangunan yang rusak.

Penulis: Widiyabuana Andarias  |  
Akses Tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat m.tribunnews.com
Angin puting beliung

Angin Puting Beliung Tewaskan 7 Warga Sidrap Sulsel

Sabtu, 25/02/2012 00:02 WIB 
Makassar Musibah angin puting beliung yang terjadi di Kelurahan Wette'e, Kecamatan Pancalotang, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan menewaskan 7 warga. Sebanyak 50 orang di antaranya mengalami luka berat, puluhan lainnya luka ringan dan diperkirakan sekitar 70 rumah rusak parah akibat hantaman badai.

Kepala Humas Pemerintah Kab. Sidrap, Ambo Ela mengatakan, hingga pukul 00.30 Wita, sabtu dinihari (25/2/2012), tim evakuasi yang terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Tim SAR, Tagana, PMI dan aparat Kodim setempat berhasil menemukan 7 korban tewas dan menyelamatkan puluhan warga yang terjebat di reruntuhan rumahnya yang diporak-poranda angin.

"Kejadiannya sekitar pukul 18.00 Wita, sebelum waktu shalat magrib tiba, saat mendapat informasi bencana, Bupati Sidrap Rusdi Masse langsung memerintahkan aparat yang terkait dengan Tanggap Bencana segera ke lokasi bencana untuk mengevakuasi korban," ujar Ambo.

Ambo menyebutkan, saat ini seluruh korban luka-luka sudah mendapat perawatan memadai dari tim medis yang jumlahnya puluhan yang disiagakan bersama 9 mobil Ambulance-nya.

Bupati Sidrap, Rusdi Masse bersama jajarannya sudah meninjau lokasi bencana dan mengunjungi warga-warganya yang menjadi korban dalam peristiwa angin Puting Beliung.

(mna/mad)
Sumber: detiknews


Video Amatir Tornado Sidrap, Sulawesi Selatan


Video Amatir Tornado Sidrap, Sulawesi Selatan - Berikut adalah sebuah rekaman video amatir yang memperlihatkan betapa dahsyatnya terjangan angin puting beliung yang melanda Kecamatan Pancalautang, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, pada hari Jumat (24/2) pukul 17.30 waktu setempat.
 
Akibat peristiwa ini setidaknya 3 orang dilaporkan meninggal dunia,49 orang luka2 dan dirawat di RSUD Nene' Mallomo dan Puskesmas Belokka. sedangkan 215 warga lainnya terpaksa mengungsi.

Berikut adalah Video Tornado Sidrap, Sulawesi Selatan. Jum'at 24 Peb 2012
Arief

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online