WELCOME TO THE BLOG SERBA SERBI.

Sabtu, 25 Februari 2012

Balap Mobil

Balap mobil (bahasa Inggris: auto racing) adalah suatu cabang olahraga yang melibatkan kendaraan. Balap mobil merupakan salah satu cabang olahraga tontonan yang paling diminati dan juga yang paling dikomersialisasi. Balap mobil pertama kali muncul pada tahun 1895,[1] dan kini menjadi salah satu olahraga paling populer di dunia.[2]

Untuk melangsungkan balap mobil diperlukan suatu tempat khusus. Pada umumnya tempat untuk balap mobil dinamakan sirkuit. Sirkuit membedakan jenis balap mobil apa yang akan digelar. Tiap sirkuit memiliki karakterisktik yang berbeda tergantung pembuatnya. Ketrampilan pembalap dalam mengemudikan mobil balap menjadi titik penentu keberhasilan untuk mencapai kemenangan.

1. Mobil

Mobil balap adalah mobil yang digunakan untuk balap. Mobil balap tidak sama karakteristiknya dengan mobil harian. Pada mobil balap banyak aspek yang telah berubah dari kondisi standar mobil. Penggunaan mobil balap mewajibkan pengendaranya memiliki keahlian tersendiri, karena dalam mengendarai mobil balap tidak sama dengan mengendarai mobil biasa. Jenis mobil balap di antaranya adalah mobil balap Formula 1, mobil balap NASCAR, mobil balap touring, mobil balap rally dan lain-lain. Setiap jenis mobil balap memiliki karakteristik yang berbeda.

 

2. Kelas-kelas dalam balap mobil

2.1. Seri formula

Formula Satu (F1)
Formula Satu, disingkat F1 (atau bernama lengkap The FIA Formula One World Championship), adalah kelas balapan mobil formula tempat duduk tunggal yang tertinggi. Terdiri dari sejumlah seri balapan yang dikenal dengan istilah Grand Prix. Balapan diselenggarakan di dalam sirkuit atau jalan umum dalam kota yang ditutup untuk umum. Hasilnya menentukan dua gelar juara dunia, satu untuk pembalap dan satu lagi untuk konstruktor. Pada balapan, mobil balap dapat mencapai kecepatan 300 km/h (185 mph) yang dihasilkan oleh mesin yang dapat mencapai tenaga sebesar 900 daya kuda pada putaran mesin sekitar 18.000 rpm (per 2005).

Seri IndyCar (IRL)
IZOD IndyCar Series adalah balapan kelas utama dari ajang balap mobil roda terbuka khas Amerika Serikat. Kejuaraan ini didirikan oleh pemilik Indianapolis Motor Speedway Tony George yang dimulai pada tahun 1996 sebagai pesaing untuk CART yang sebelumnya dikenal sebagai Indy Racing League (IRL). Mengutip kekurangan dari CART yaitu ketergantungan yang meningkat biaya balapan dan banyaknya pembalap non-AS, George kemudian menciptakan sebuah balapan alternatif dengan biaya lebih rendah. Pada tahun 2008, Seri IndyCar bergabung dengan Champ Car World Series (dahulu CART).

Superleague Formula
Superleague Formula (SLF) adalah sebuah balapan kelas formula, yang memulai balapan musim pertamanya pada tanggal 30 Agustus 2008 di sirkuit Donington Park, Inggris. Sesuai dengan namanya, balapan ini bermaksud untuk menggabungkan dua olahraga terpopuler di dunia, yaitu motorsport dan sepak bola. Semboyannya sendiri adalah: "The Beautiful Race – Football at 300km/h." dan "Superleague Formula: Combines the Passion of Football with the Thrill of Auto Racing."

Seri GP2
Seri GP2, GP2 kependekannya, adalah bentuk balap motor roda terbuka yang diperkenalkan tahun 2005 setelah penghentian seri tambahan Formula Satu, Formula 3000. Format ini dicetuskan oleh Bernie Ecclestone dan Flavio Briatore, sementara Ecclestone juga memegang hak pemberian nama GP1.Tahun 2010, Seri GP3 diluncurkan sebagai kelas tambahan untuk seri GP2.
 

2.2. Seri balap turing

V8 Supercars
V8 Supercars adalah sebuah ajang balap mobil kategori turing yang berbasis di Australia dan dijalankan sebagai sebuah Seri Internasional di bawah peraturan resmi dari Federation Internationale de l'Automobile (FIA). Selain menikmati popularitas di Australia, balapan ini juga merambah ke Selandia Baru dan terus semakin populer di seluruh dunia dengan bantuan siaran televisi dan radio

Deutsche Tourenwagen Masters
Deutsche Tourenwagen Masters (atau biasanya disingkat DTM) merupakan sebuah balap turing terbesar di Jerman. Didirikan pada tahun 2000, kejuaraan ini sebelumnya bernama Deutsche Tourenwagen Meisterschaft. Terbagi menjadi 23 pembalap dan 2 konstruktor. DTM meluncurkan pembalap terkenal yang pernah ada di Formula Satu seperti Jean Alesi, Heinz-Harald Frentzen, Mika Hakkinen, dan masih banyak lagi.

World Touring Car Championship (WTCC)
World Touring Car Championship atau biasanya disingkat WTCC merupakan sebuah kejuaraan balap mobil Internasional diorganisasikan oleh FIA, Kejuaraan pembalap dan kejuaraan manufaktur berdasarkan kejuaraan terpisah, tetapi dasar serupa sistem penilaian. Kejuaraan ini didirikan pada tahun 1987. Event ini diikuti 50 pembalap, 21 tim, dan 7 konstruktor pada tahun 2006. 

2.3. Seri mobil stock

NASCAR Seri Piala Sprint
NASCAR Sprint Cup Series (sering disingkat menjadi Sprint Cup/Piala Sprint atau Seri Piala) adalah divisi utama dari seri balapan NASCAR. Seri ini awalnya dikenal sebagai Strictly Stock Series (1949) dan Grand National Series (1950-1970). Sedangkan dengan adanya hak penamaan untuk RJ Reynolds Tobacco Company yang datang menjadi sponsor, maka seri ini kemudian dikenal sebagai Seri Piala Winston (1971-2003). Ketika kesepakatan serupa dilakukan dengan Sprint Nextel Corporation, maka seri ini menjadi NEXTEL Cup Series (2004-2007).

NASCAR Seri Nationwide

NASCAR Seri Truk

 

2.4. Seri reli

Kejuaraan Reli Dunia (WRC)
Kejuaraan Reli Dunia biasa disebut World Rally Championship atau disingkat WRC adalah seri balapan reli diorganisasikan oleh FIA, memuncaki dengan kejuaraan pembalap dan manufaktur. Kejuaraan pembalap dan kejuaraan manufaktur berdasarkan kejuaraan terpisah, tetapi dasar serupa sistem penilaian. Kejuaraan ini didirikan pada tahun 1973. Pabrikan yang mengoleksi kejuaraan dunia terbanyak ialah Lancia sebanyak 10 kali dan untuk pereli dipegang oleh S├ębastien Loeb dengan 5 gelar juara dunia.

Dan Wheldon Kecelakaan Fatal, Kematian Pengumuman dan Salute - Live (HD)



Dan Wheldon, dua kali Indianapolis 500 pemenang pada tahun 2005 dan 2011 meninggal hari Minggu di Las Vegas Motor Speedway setelah mobilnya mendapat diluncurkan dalam tabrakan beruntun 15-mobil besar pada Lap 11, terbang di atas kendaraan lain dan mendarat di pagar menangkap di luar gilirannya 2. Dan Wheldon,

3. Referensi

  1. Rendall, Ivan (1995). The Chequered Flag. Weidenfeld and Nicolson. hlm. pp.10. ISBN 0-297-83550-5.
  2. "F1 World’s most watched TV sports events: 2006 Rank & Trends report", (Initiative), 19 Januari 2007. Diakses pada 30 Januari 2007.
Arief

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online