WELCOME TO THE BLOG SERBA SERBI.

Rabu, 12 Desember 2012

BAB IV Visi Misi dan Tujuan RPJPD Nunukan


BAB IV
VISI, MISI DAN TUJUAN
PEMBANGUNAN JANGKA PANJANG
TAHUN 2005-2025


Dengan mempertimbangkan kondisi Kabupaten Nunukan saat ini, tantangan 20 tahun mendatang, modal dasar yang dimiliki dan kesepakatan seluruh pemangku kepentingan; serta memperhatikan amanat konstitusional yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945, maka dirumuskanlah Visi Pembangunan Kabupaten Nunukan Tahun 2005-2025.


A. VISI KABUPATEN NUNUKAN TAHUN 2005-2025

KABUPATEN NUNUKAN YANG MANDIRI, AMAN, MAJU, ADIL DAN SEJAHTERA

Penjelasan Visi:

Kabupaten Nunukan yang mandiri adalah terwujudnya kehidupan yang sejajar dan sederajat dengan daerah lain yang telah maju dengan mengandalkan pada kemampuan dan kekuatan sendiri serta terwujudnya ketersediaan sumber daya manusia berkualitas yang mampu memenuhi tuntutan kebutuhan dan kemajuan pembangunannya.

Kabupaten Nunukan yang aman adalah terwujudnya kehidupan yang aman berbasis pada kehidupan bermasyarakat dan bernegara dengan mengutamakan ketentraman dan ketertiban.

Kabupaten Nunukan yang maju adalah terwujudnya sumber daya manusia Kabupaten Nunukan yang memiliki kepribadian bangsa, berakhlak mulia dan berkualitas pendidikan yang tinggi, memiliki angka harapan hidup yang tinggi, serta kualitas layanan sosial yang lebih baik.

Kabupaten Nunukan yang adil adalah terwujudnya tata kehidupan yang memberikan kesempatan yang sama, setara dan tanpa diskriminasi bagi semua masyarakat baik laki-laki maupun perempuan untuk meningkatkan taraf hidup; memperoleh layanan kesehatan, pendidikan dan layanan sosial lainnya secara lebih baik, mudah dan bermutu; mengemukakan pendapat; memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan; serta mendapatkan perlindungan dan kesamaan hak di depan hukum sehingga tidak ada diskiminasi dalam bentuk apapun, baik antar individu, gender maupun wilayah.

Kabupaten Nunukan yang sejahtera adalah terpenuhinya seluruh kebutuhan hidup masyarakat Kabupaten Nunukan yang ditandai dengan meningkatnya pendapatan perkapita, meningkatnya derajat kesehatan dan meningkatnya kualitas pendidikan masyarakat, sehingga dapat memberikan makna penting bagi bangsa Indonesia.


B. MISI KABUPATEN NUNUKAN TAHUN 2005-2025

Untuk mewujudkan visi tersebut pemerintah Kabupaten Nunukan telah menyusun lima misi sebagai berikut :

1. Mewujudkan masyarakat yang berakhlak mulia, mandiri, maju, berbudaya dan beradab

Penjelasan:
Memperkuat jati diri dan karakter masyarakat (bangsa) melalui pendidikan yang bertujuan membentuk manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mematuhi aturan hukum, memelihara kerukunan internal dan antarumat beragama, melaksanakan interaksi antarbudaya, mengembangkan modal sosial, menerapkan nilai - nilai luhur budaya bangsa dan memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia dalam rangka memantapkan landasan spiritual, moral dan etika pembangunan bangsa

Mengedepankan pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing melalui penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih (good governance); penyelenggaraan pendidikan dan kesehatan yang maju dan terjangkau oleh masyarakat dan meningkatkan penguasaan dan pemanfaatan iptek. 


2. Meningkatkan perekonomian daerah yang berbasis agro industri dan partisipasi masyarakat yang seluas-luasnya.

Penjelasan :
Dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Nunukan maka titik perhatian utama pembangunan adalah dengan meningkatkan kemampuan ekonomi masyarakat dengan mengutamakan pertumbuhan sektor pertanian, perikanan dan kelautan sebagai basis ekonomi masyarakat dengan tanpa harus meninggalkan sektor – sektor lain sebagai alternatif penggerak pertumbuhan ekonomi. Untuk meningkatkan nilai tambah (daya saing) dari sektor perekonomian daerah tersebut perlu mengutamakan keunggulan kompetitif sebagai upaya menjawab tantangan era globalisasi

Pemberdayaan masyarakat mempunyai makna bahwa antara pemerintah dan masyarakat terjadi suatu hubungan yang positif dalam arti bahwa masyarakat ikut berperan aktif dalam pembangunan ekonomi, sehingga masyarakat Kabupaten Nunukan tidak hanya menempatkan diri sebagai obyek pembangunan namun sekaligus sebagai pelaku pembangunan. 


3. Mewujudkan ketersediaan sarana prasarana publik yang memadai dan meningkatkan lingkungan yang asri dan lestari.

Penjelasan :
Memenuhi ketersediaan sarana dan prasarana publik baik secara kuantitas maupun kualitas secara memadai dan maju seperti sarana prasarana transportasi baik transporasi darat, transportasi laut dan transportasi udara (jalan, jembatan, bandara, pelabuhan). Disamping sarana utama transportasi tersebut, harus tersedia sarana dan prasarana pemenuhan kebutuhan air dan energi (listrik) untuk pertanian, industri dan permukiman. Dengan terpenuhinya sarana prasarana publik secara memadai dan maju akan mempercepat proses pertumbuhan ekonomi daerah serta meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat

Disamping berupaya memenuhi ketersediaan sarana prasarana publik yang memadai, misi ini juga menetapkan meningkatkan lingkungan yang asri dan lestari. Tujuan dari peningkatan lingkungan yang asri dan lestari adalah terwujudnya pembangunan yang berkelanjutan dan terjaganya lingkungan yang asri dan lestari atas pemanfaatan ekonomi sumber daya alam. 


4. Mewujudkan Kabupaten Nunukan sebagai wilayah perbatasan yang mandiri, maju dan berdaya saing berbasiskan kepentingan nasional.

Penjelasan :
Mewujudkan Kabupaten Nunukan sebagai wilayah perbatasan yang mandiri, maju dan berdaya saing berbasiskan kepentingan nasional adalah suatu upaya untuk mewujudkan Kabupaten Nunukan sebagai wilayah perbatasan yang maju dan lebih unggul dari daerah lain serta negara tetangga. Oleh karena arah pembangunan daerah jangka panjang perlu menitik beratkan pada peningkatan kawasan strategis kawasan cepat tumbuh didaerah perbatasan melalui pembangunan peningkatan sarana dan prasarana transportasi yang maju dan modern pada daerah perbatasan baik jalur darat, laut maupun udara; Mendorong terwujudnya ketersediaan pasokan listrik yang memadai; mewujudkan kawasan pengembangan produksi; dan mewujudkan kawasan ekonomi khusus. 


5. Mewujudkan ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat.

Penjelasan :
Dalam rangka mewujudkan kesejahteraan dalam arti luas diantaranya adalah terpenuhinya rasa aman, damai, tenteram dalam kehidupan masyarakat serta tumbuhnya rasa toleransi, saling menghargai dan menjaga kerukunan antar kelompok masyarakat. Misi ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Nunukan untuk mewujudkan hal tersebut melalui kegiatan fasilitasi, pembinaan, penertiban dan pemberian bantuan terhadap kegiatan yang bertujuan meningkatkan ketertiban, keamanan dan kerukunan antar kelompok masyarakat.


C. T U J U A N

Berdasarkan misi yang telah diuraikan diatas, Pemerintah Kabupaten Nunukan menetapkan 10 (sepuluh) tujuan Pembangunan Jangka Panjang 2005-2025 sebagai berikut:

  1. Terwujudnya masyarakat yang mandiri dan maju;
  2. Terwujudnya masyarakat yang berakhlak mulia, berbudaya dan beradab;
  3. Meningkatnya pemerataan dan pertumbuhan ekonomi daerah yang berbasis agro industri dan keunggulan kompetitif;
  4. Meningkatnya pemberdayaan ekonomi masyarakat dan perlindungan terhadap tenaga kerja;
  5. Tersedianya sarana prasarana transportasi yang maju dan memadai;
  6. Meningkatnya sarana dan prasarana pemenuhan kebutuhan air dan energi untuk pertanian, industri dan permukiman;
  7. Tersedianya fasilitas umum dan fasilitas sosial lainnya yang memadai;
  8. Terwujudnya lingkungan yang bersih, hijau dan lestari;
  9. Terwujudnya Kabupaten Nunukan sebagai wilayah perbatasan yang mandiri, maju dan berdaya saing berbasiskan kepentingan nasional;
  10. Terwujudnya ketentraman dan ketertiban masyarakat.

---RPJPD kabupatten Nunukan 2005-2025---


Arief

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online