WELCOME TO THE BLOG SERBA SERBI.

Senin, 31 Desember 2012

Tahun Baru

arifuddinali.blogspot.com - Tahun baru adalah suatu perayaan di mana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya hitungan tahun selanjutnya. Budaya yang mempunyai kalender tahunan semuanya mempunyai perayaan tahun baru. Hari tahun baru di Indonesia jatuh pada tanggal 1 Januari karena Indonesia mengadopsi kalender Gregorian, sama seperti mayoritas negara-negara di dunia.

Sejarah

Tahun Baru pertama kali dirayakan pada tanggal 1 Januari 45 SM. Tidak lama setelah Julius Caesar dinobatkan sebagai kaisar Roma, ia memutuskan untuk mengganti penanggalan tradisional Romawi yang telah diciptakan sejak abad ketujuh SM. Dalam mendesain kalender baru ini, Julius Caesar dibantu oleh Sosigenes, seorang ahli astronomi dari Iskandariyah, yang menyarankan agar penanggalan baru itu dibuat dengan mengikuti revolusi matahari, sebagaimana yang dilakukan orang-orang Mesir. Satu tahun dalam penanggalan baru itu dihitung sebanyak 365 seperempat hari dan Caesar menambahkan 67 hari pada tahun 45 SM sehingga tahun 46 SM dimulai pada 1 Januari. Caesar juga memerintahkan agar setiap empat tahun, satu hari ditambahkan kepada bulan Februari, yang secara teoritis bisa menghindari penyimpangan dalam kalender baru ini. Tidak lama sebelum Caesar terbunuh pada tahun 44 SM, dia mengubah nama bulan Quintilis dengan namanya, yaitu Julius atau Juli. Kemudian, nama bulan Sextilis diganti dengan nama pengganti Julius Caesar, Kaisar Augustus, menjadi bulan Agustus.

 

Tahun baru di dunia

  • Dalam kalender Baha'i, tahun baru jatuh pada tanggal 21 Maret yang disebut Naw Ruz.
  • Rosh hasanah adalah perayaan tahun baru bagi umat Yahudi. Hari tersebut jatuh sebelum tanggal 5 September pada kalender Gregorian.
  • Tahun baru Hijriyah dalam kalender Hijriyah dirayakan setiap tanggal 1 Muharam.
  • Tahun baru Tiongkok atau Imlek jatuh pada malam bulan baru pada musim dingin (antara akhir Januari hingga awal Februari).
  • Tahun baru Thailand dirayakan mulai tanggal 13 April hingga 15 April dengan upacara penyiraman air.
  • Tahun baru Vietnam disebut Tết Nguyên Đán, dirayakan pada hari yang sama dengan Imlek.
Wiki

Tradisi Malam Tahun Baru di Berbagai Belahan Dunia
 
Malam pergantian tahun selalu menjadi saat-saat yang istimewa di berbagai belahan dunia. Kalau di Indonesia, malam tahun baru identik dengan terompet dan kembang api, di setiap negara biasanya juga memiliki keseruannya sendiri.

Dikutip dari Georama.com, malam tahun baru di Spanyol, biasa dihabiskan masyarakat di negara asal Iker Casillas ini dengan sajian anggur dan pakain merah. Warna merah dipilih karena dianggap mewakili keberuntungna dan harapan akan hari esok yang lebih baik.

Perhitungan detik-detik pergantian tahun di Spanyol, biasanya ditayangkan di televisi. Tapi, yang paling megah biasa disiarkan dari Puerta del Square.

Sedikit berbeda, di Sponyol mereka tidak menghitung mundur pada 10 detik terakhir tahun yang akan ditinggalkan, masyarakat Spanyol merayakan bunyi 12 lonceng yang berbunyi merayakan datangnya tahun yang baru.

Di Skotlandia terdapat banyak kebiasaan merayakan tahun baru. Di tempat lagu Auld Lang Syne lahir, tradisi yang paling umum dikenal adalah kebiasaan membawa hadiah simbolis seperti buah atau kue untuk teman atau tetangga.

Masyarakat Skotlandia percaya, kalauu yang datang ke rumah membawa hadiah adalah orang yang tampan atau cantik maka para penghuni rumah yang didatangi akan mendapat keberuntungan sepanjang tahun.
 
Di Brasil malam tahun baru biasa disambut dengan perayaan tradisional yang ditujukan untuk dewa Air, Yemanja. Untuk menghadiri upacara ini, masyarakat diharuskan menggunakan baju putih dan bawahan biru.

Kemudian, masyarakat yang mengikuti upacara akan mendorong perahu yang sudah dihiasi dengan bunga, lilin, dan perhiasan dari pantai Ipanema yang berada di kawasan Rio De Jeneriro, Brasil.

Keesokan harinya, pada 1 Januari, masyarakat akan memakan lentil atau kacang-kacangan yang dipercaya menjadi simbol kekayaan. Selain itu, ada pula menu sup miju-miju atau kacang dan beras yang dipercaya akan memberikan tahun baru yang makmur.

Tradisi tahun baru yang berbeda yang unik juga dapat ditemukan di Belarus. Di sana, khusus bagi perempuan yang berlum menikah, Belarus memilik perayaan tradisional yang khusus diperuntukkan bagi para gadis.

Perayaan yang dikenal dengan nama Kaliady ini, dimainkan dengan cara menyembunyikan berbagai macam hadiah di dalam rumah. Kalau ada gadis yang menemukan hadiah utamanya, berupa cincin, ia dipercaya akan menikah dengan pria yang tampan. Tapi, kalau ada perempuan yang menemukan roti, maka ia akan menikah dengan laki-laki yang kaya.
Sumber: REPUBLIKA ONLINE Senin 31 Desember 2012

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online