WELCOME TO THE BLOG SERBA SERBI.

Sabtu, 27 April 2013

Manfaat Bernapas Dalam

arifuddinali.blogspot.comBila Anda merasa panik atau was-was, cobalah bernapas dalam. Seketika Anda bisa merasa lebih tenang.

Masih banyak manfaat lain dari bernapas dalam, di antaranya:

* Meredakan stres
Saat bernapas dalam anda mengirimkan sinyal ke otak untuk tenang, selanjutnya otak akan mengirim sinyal ke tubuh agar tenang juga.

* Mengurangi kecemasan
Bernapas dalam akan membantu membersihkan sumbatan dalam pikiran, sehingga anda menjadi lebih fokus, dan mengusir kecemasan.

* Memperbaiki sirkulasi darah
Tariklah napas dalam menggunakan pernapasan perut untuk meningkatkan suplai oksigen ke seluruh organ tubuh dan membantu membantu memperbaiki keseluruhan sistem tubuh, termasuk sirkulasi darah.

* Menurunkan tekanan darah tinggi
Bernapas pendek (12-14 tarikan napas per menit) justru membuat tingkat oksigen di tubuh lebih rendah. Hal ini bisa merusak otot skeletal dan fungsi metabolik.
Idealnya, menurut hasil suatu studi yang dirilis dalam jurnal Lancet, bernapas itu enam tarikan napas per menit. Bernapas dalam secara teratur akan menurunkan tekanan darah tinggi.

* Mengurangi nyeri
Bernapas dalam membuat hormon endorfin dilepaskan, sehingga tubuh merasa nyaman. Endorfin merupakan pereda nyeri alami, sehingga otot pun lebih rileks.

* Memperbaiki kesehatan fisik dan mental
Bernapas dalam akan meningkatkan kadar oksigen di dalam tubuh, sehingga membantu banyak sistem tubuh menjadi lebih baik. Tingkat energi dan performa mental pun lebih baik.

* Rileksasi perut
Gerakan sistem pencernaan menjadi lebih baik. Jika perut mual misalnya, dengan bernapas dalam akan terasa lebih baik.

* Detoksifikasi
Bernapas dalam bisa menjadi cara rutin bagi organ melakukan detoksifikasi atau pembersihan diri. Saat kita mengisap napas dalam, sistem tubuh akan terbantu dalam proses detoksifikasi.
sumber: sehatnews

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online