WELCOME TO THE BLOG SERBA SERBI.

Minggu, 20 Oktober 2013

Mitos Seputar Penggunaan Kacamata dan Lensa Kontak

arifuddinali.blogspot.com -Kacamata dan lensa kontak merupakan solusi yang paling mudah untuk mengatasi mata minus, plus atau bahkan silinder. Meski perkembangan kacamata dan lensa kontak sudah sangat modern, namun masih banyak mitos yang berkembang mengenai kedua benda yang sangat berguna bagi organ penglihatan ini.

Ada baiknya untuk mengetahui fakta dibalik mitos-mitos tersebut agar kita dapat memiliki pemahaman yang tepat tentang penggunanan kacamata dan lensa kontak yang aman. Berikut ini akan dikupas beberapa fakta dari mitos yang telah lama beredar di masyarakat.

1.Penggunaan Kacamata Bagi Penderita Mata Minus Dapat Mempengaruhi Bertambahnya Minus

Ini merupakan salah satu mitos yang tidak benar, penggunanaan kacamata bagi Anda yang memiliki minus tidak akan mempengaruhi bertambahnya ukuran minus. Penyebab utama dari mata minus adalah kelengkungan kornea yang lebih pendek serta sumbu bola mata yang terlalu panjang. Bila seseorang mengalami mata minus, maka penyakit ini akan cenderung terus bertambah terutama jika ia masih berada pada masa pertumbuhan. Seiring dengan bertambahnya tinggi badan, maka minus juga akan bertambah dikarenakan sumbu bola mata yang ikut bertambah panjang.

Bertambahnya minus juga bisa disebabkan karena aktivitas dan gaya hidup kita yang kurang menjaga kesehatan mata. Misalnya membaca dalam posisi tidur, terlalu lama beraktivitas di depan komputer dengan jarak yang dekat, atau pencahayaan yang kurang baik saat membaca atau bekerja menggunakan mata.

Jadi bertambahnya minus bukan disebabkan karena kacamata. Penggunaan kacamata justru sangat berguna untuk menghambat bertambahnya minus. Penderita rabun jauh yang tidak menggunakan kacamata, justru minusnya akan rentan bertambah. Karena mata akan dipaksa untuk terus berakomodasi agar dapat melihat objek dalam jarak yang jauh, maka otot mata pun dipaksa bekerja keras, dan otot mata yang kelelahan ini dapat mempengaruhi bertambahnya minus.

2. Kacamata dengan lensa anti radiasi komputer dapat menghambat bertambahnya minus.

Saat ini memang banyak yang menjual lensa anti radiasi di pasaran. Lensa anti radiasi dipercaya dapat menangkal radiasi dari komputer yang dapat merusak mata. Faktanya, jika cahaya layar monitor kita sudah tepat (tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap), layar monitor tidak menghasilkan radiasi yang dapat merusak mata. Bertambahnya minus bagi Anda yang kerap bekerja di depan komputer, bukan karena radiasi yang dihasilkan komputer tersebut.

Tapi coba perhatikan jarak, cahaya, dan waktu Anda bekerja. Jarak yang terlalu jauh atau dekat, dan cahaya yang terlalu terang, serta waktu bekerja yang lama tanpa adanya istirahat bagi mata Anda-lah yang mempengaruhi bertambahnya ukuran minus.

Yang perlu diwaspadai justru radiasi yang dihasilkan oleh sinar matahari, gunakan selalu sunglass dengan perlindungan UV 100% agar mata selalu terjaga. Atau bagi Anda yang kerap berpindah dari dalam keluar ruangan, gunakan lensa transition agar lebih praktis.

3.Penggunaan Lensa Kontak Dalam Jangka Panjang Dapat Merusak Mata.

Lensa kontak sangat aman digunakan dan tidak menyebabkan efek samping walau digunakan dalam jangka waktu yang lama. Yang perlu diperhatikan adalah kebersihan dari lensa kontak itu sendiri. Selalu bersihkan lensa kontak saat akan dan setelah digunakan.

Bersihkan lensa kontak dengan cairan khusus pembersih lensa kontak. Jangan gunakan lensa kontak saat tidur. Dan gunakan lensa kontak sesuai dengan waktu yang dianjurkan. Untuk penggunaan lensa kontak hingga malam hari, pastikan lensa kontak yang kamu pilih terbuat dari bahan silicone hydrogel, agar mata dapat tetap ’bernafas’. Atau teteskan cairan khusus lensa kontak jika mata terasa kering. (RI)

Akses mobile http://m.optikmelawai.com via ponsel anda !

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online