WELCOME TO THE BLOG SERBA SERBI.

Selasa, 27 Mei 2014

Si Pitoeng (film 1931)

arifuddinali.blogspot.com - Si Pitoeng adalah film Hindia Belanda (sekarang Indonesia) yang dirilis tahun 1931. Film ini disutradarai Wong Bersaudara dan dibintangi Herman Shim dan Ining Resmini. Ini merupakan film pertama yang didasarkan pada kisah hidup Si Pitung, seorang bandit dari Batavia (sekarang Jakarta).

Salah satu Wong Bersaudara

Latar belakang

Tokoh bersejarah Si Pitung adalah seorang bandit abad ke-19 di Batavia, Hindia Belanda (sekarang Jakarta, Indonesia). Ia mengawali karier kriminalnya pada tahun 1892 dengan merampok Hadji Sapiudin, seorang tuan tanah kaya yang tinggal di timur laut Batavia. Sejak itu, Pitung terus mencuri, namun sejumlah orang mengatakan bahwa ia hanya mencuri dari orang-orang yang bekerja sama dengan pemerintah kolonial Belanda. Ia akhirnya ditangkap dalam sebuah sergapan dan dibunuh oleh petugas polisi A.W.V. Hinne dan beberapa asistennya. Cerita rakyat yang kemudian berkembang menjulukinya sebagai Robin Hood Indonesia, karena mencuri dari orang kaya dan menyumbangkannya ke orang miskin serta memiliki kekuatan mistik.

Alur

Pitoeng (Herman Shim) adalah seorang bandit Muslim keturunan Betawi. Ia mencuri barang milik orang-orang kaya sambil menghadapi gadis kesukaannya (Ining Resmini) dan petugas polisi (Zorro).

Produksi

Si Pitoeng diproduksi Halimoen Film. Sejarawan film Indonesia Misbach Yusa Biran berpendapat bahwa temanya dipilih oleh pihak yang mendanai produksi film ini. Si Pitoeng adalah film pertama yang berkisah tentang Pitung. Penyanyi keroncong Ining Resmini, yang sebelumnya bermain di Rampok Preanger (1929), berperan sebagai gadis kesukaan Pitoeng, sedangkan aktor peranakan Cina Herman Shim berperan sebagai Pitoeng.
Film ini disutradarai Wong Bersaudara yang sebelumnya belajar perfilman di Amerika Serikat. Meski bercerita tentang bandit Indonesia, pengaruh kakak beradik tersebut membuat film ini tampak seperti film Amerika Serikat. Sejumlah penonton menyebutnya sebagai film bergenre Barat. Wong Bersaudara sudah menyutradarai film sejak Lily van Java tahun 1927 dan umumnya memakai tema Cina-Indonesia.

Rilis dan tanggapan

Si Pitoeng dirilis tahun 1931, namun tidak banyak yang diketahui tentang sukses tidaknya film ini di bioskop. Film lain yang bercerita tentang bandit adalah Si Pitoeng yang dirilis tahun 1970 dan merupakan film Indonesia tersukses tahun itu. Film tersebut memiliki tiga sekuel.

-wiki-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

gif maker

Arifuddin Ali