WELCOME TO THE BLOG SERBA SERBI.

Jumat, 15 Mei 2015

Dilarang Minum Kopi Sebelum Tahu 14 Fakta Ini



arifuddinali.blogspot.com - Kopi adalah salah satu minuman paling populer di planet ini. Namun, kebanyakan orang tidak tahu banyak tentang apa yang mereka minum setiap pagi itu. Misalnya saja, tentang siapa penemu kopi pertama kali.

Mitos yang paling banyak dipercaya adalah kopi ditemukan penggembala kambing Ethiopia bernama Kaldi. Ia melihat hewan ternaknya terlihat gelisah setelah makan biji kopi matang. Sementara kambing lain menjadi lebih energik. 

Hal ini mendorongnya membawa biji kopi itu kepada seorang ulama. Sang ulama tak menerimanya, bahkan melemparkan biji itu ke atas api. Namun, bau harum yang ditimbulkannya justru membuatnya menemukan jenis minuman baru itu. 

Selain cerita tentang Kaldi, berikut 14 fakta menarik tentang kopi yang wajib diketahui para pecinta minuman ini: 

1. Moka adalah nama pelabuhan di Yaman. Kota Mocha adalah pelabuhan pertama tempat biji kopi pertama kali disebarkan ke seluruh dunia. Kopi Yaman dikenal memiliki kualitas rasa mirip cokelat, karakteristik yang kini menjadi minuman yang lebih dikenal sebagai moka, paduan kopi-cokelat.

2. Memiliki dua jenis, arabika dan robusta
Robusta lebih produktif, tahan penyakit, dan tinggi kandungan kafeinnya. Arabika tingkat keasamannya yang lebih tinggi dan memiliki aroma yang lebih kompleks. Robusta cenderung lebih murah dari Arabika. Sebagian besar kopi spesial adalah arabika. 

3. Tanaman kopi perlu banyak air
Orang-orang selalu membicarakan produksi daging sapi memboroskan pasokan air dunia. Namun menurut situs FoodBev.com, justru perkebunan kopilah yang memakan banyak air. Jika untuk menghasilkan satu pound (setara 0,45 kilogram) daging sapi membutuhkan 1.800 galon air, satu pon kopi membutuhkan 2.500 galon air.

4. Warna biji kopi bervariasi
Awalnya kopi berwarna hijau, kemudian berubah menjadi kuning, oranye, atau merah tergantung pada varietas yang dikembangkan. 

5. Ada ribuan varietas kopi
Sebagian besar dari apa yang kita minum berasal dari beberapa varietas yang berbeda. Hutan Ethiopia memiliki ribuan jenis kopi yang belum dibudidayakan.

6. Satu tanaman kopi bisa berumur sampai 200 tahun
Jangan remehkan pohon kopi. Meski terlihat kecil dan kadang seperti rentan mati, tanaman ini bisa hidup selama dua abad.

7. Kopi yang sudah dipanggang bisa disimpan lama
Negara penghasil kopi umumnya panen setahun sekali atau dua kali. Setelah dipanggang, kopi disimpan dalam penyimpanan khusus yang bisa bertahan hingga setahun lamanya. Namun kopi umumnya dikirimkan pada hari yang sama saat mereka dipanggang.

8. Kopi luwak masih yang termahal
Luwak yang hidup di alam liar memakan buah kopi yang kemudian difermentasi dalam saluran pencernaan mereka. Kopi yang keluar bersama kotorannya diolah menjadi bubuk berharga mahal karena kenikmatannya. Karena ketersediaannya yang terbatas, harganya sangat mahal. Thailand melakukan hal yang sama dengan gajah, dan menyebutnya sebagai kopi gading.


9. AS mengkonsumsi kopi lebih banyak dari negara manapun di dunia
Jika Inggris dikenal sebagai bangsa peminum teh, maka Amerika serikat dikenal sebagai konsumen kopi terbesar. Sebanyak 61 persen warga AS lebih memilih kopi ketimbang minuman ringan. Jerman berada pada peringkat berikutnya. 

10. Anda dapat minum kopi terbaik di dunia dengan cara murah
Kopi yang paling mahal di dunia bisa Anda dapatkan dengan cara murah, misalnya dengan menyeduh sendiri di rumah. Bill Gates mungkin bisa minum anggur yang lebih baik dari Anda, tetapi ketika minum kopi, Anda dapat minum hal yang sama dengan orang terkaya di dunia itu.

11. Cara menikmati kopi adalah dengan menyeruputnya
Untuk mendapatkan rasa kopi yang lebih nikmat, seruputlah. Dengan cara ini, setiap bagian dari mulut Anda dapat menyelaraskan rasa yang berbeda dari kopi. Seperti Anda tahu, lidah bagian adalah pengecap untuk rasa manis dan bagian belakang tenggorokan untuk rasa pahit.

12. Kopi memiliki rasa lebih kuat dari anggur
Beberapa sumber karakteristik aromatik kopi setinggi 1.500, dibandingkan dengan 200 yang ditemukan dalam anggur.

13. Espresso memiliki kafein kurang dari kopi seduh
Coffee Chemistry menyebut kopi seduh menganduk kafein lebih tinggi 2,3 kali ketimbang kopi yang disajikan sebagai espresso. 

14. Kopi kehilangan 70 persen rasa dalam waktu dua menit
Menurut standar menikmati kopi yang dikenal luas, kopi sebaiknya diseruput saat masih panas. Bahkan, penikmat kopi sejati kerap menyebut kopi akan menjadi 'basi; setelah 15 menit. 

Sumber: tempo.co 14 Mei 2015

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online