WELCOME TO THE BLOG SERBA SERBI.

Kamis, 03 Maret 2016

Apa sih Keuntungan dari Program Laku Pandai?

arifuddinali.blogspot.com - Kita mungkin sudah mengenal dengan istilah ‘lintah darat’, mereka adalah orang-orang yang kerjanya meminjamkan uang bagi orang lain dengan bunga yang sangat tinggi. Lintah darat ini bisa mengakibatkan orang yang terjerat utang bukannya terbantu justru malah semakin terbebani keuangannya. Lintah darat ini muncul karena kurangnya akses dan terbatasnya masyarakat terhadap lembaga keuangan resmi yang memiliki syarat utang lebih ringan. Apalagi di daerah-daerah yang terpencil.

Untuk itulah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan program ‘Laku Pandai’ (Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif) yang merupakan kegiatan jasa layanan perbankan dan jasa keuangan lainnya yang dilakukan tanpa kantor. Sebagai penggantinya, Laku Pandai menggunakan teknologi informasi dan pihak ketiga (agen) yang bekerjasama menjadi kepanjangan tangan bank.

Lalu apa saja keuntungan ‘Laku Pandai’ sehingga bisa dimanfaatkan sebagai sarana mengatur keuangan yang lebih baik? Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang Laku Pandai:

Aman

Biasanya di pedesaan dan wilayah terpencil itu yang namanya bank itu sangat jarang, dan masih ada banyak orang yang memiliki kebiasaan menyimpan uangnya di bawah bantal. Untuk itu menurut Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D. Hadad, dengan hadirnya Laku Pandai, orang-orang di daerah pedesaan dan wilayah terpencil dapat menyimpan uang di bank yang lebih aman.

Efisien

Laku Pandai memungkinkan orang bertransaksi dengan bank melalui agen-agen yang tersebar di berbagai wilayah. Agen itu bisa yang sifatnya perseorangan, ada juga yang berbadan hukum. Nasabah bisa menyetor dan menarik dananya melalui agen tersebut dengan menggunakan sarana telepon selular.

Bebas administrasi dan bebas penalti

Keuntungan lainnya dari Laku Pandai adalah tabungan ini bebas biaya administradi dan bebas penalti. Bahkan nasabah dapat meminjam dalam jumlah tertentu dengan bunga yang lebih rendah dibanding bunga yang diberikan oleh lintah darat atau rentenir. Muliaman D. Hadad mengatakan, harapannya ke depan dengan adanya Laku Pandai bisa mengurangi keberadaan rentenir yang seringkali memberatkan.
Sumber: finansiala.com

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online