WELCOME TO THE BLOG SERBA SERBI.

Kamis, 29 Desember 2011

Perawatan Kaki


Kaki merupakan bagian tubuh yang penting. Sepanjang hidup, kita memerlukan kaki untuk berjalan. Namun tidak seperti bagian tubuh lain, seringkali perawatan kaki diabaikan. Padahal perawatan kaki tak kalah penting dengan perawatan wajah maupun perawatan tubuh. Kaki telah menjadi bagian yang penting dari hidup Anda, lebih dari yang Anda sadari. Kaki yang sehat adalah kaki yang bersih, tidak kering, tidak pecah-pecah dan tidak bau. Memiliki kaki yang sehat dapat membangkitkan kepercayaan diri Anda. Aktivitas Anda sehari-hari pun akan semakin menyenangkan jika didukung oleh kaki yang sehat. Mungkin aktivitas sehari-hari mengharuskan Anda menggunakan sepatu. Bahkan terkadang wanita menggunakan sepatu dengan hak tinggi (high heels) ataupun sepatu berujung runcing yang mungkin tidak nyaman di kaki. Agar kaki tidak lelah, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan jika harus seharian menggunakan sepatu:
  • Duduklah dengan kaki disilang. Putarlah kaki sebanyak enam kali sesuai arah pergerakannya dan enam kali berlawanan arah.
  • Duduklah dengan kaki diregangkan dan tatapan lurus ke depan. Tekuk jari kaki ke atas sejauh mungkin dan kemudian tekuk ke bawah sejauh mungkin.
  • Letakkan pensil di lantai dan cobalah untuk memungutnya dengan jari kaki. Latihan ini dapat memperkuat kaki Anda.
  • Duduklah di kursi dengan kaki di atas lantai, kemudian bentangkan jari kaki sejauh mungkin. Latihan ini bermanfaat untuk otot kaki Anda.
Gangguan umum pada kaki disebabkan oleh jamur. Jamur mudah tumbuh dan berkembang di tempat yang lembab, termasuk kaki. Terlebih jika Anda menggunakan sepatu seharian penuh. Infeksi jamur dimulai dengan timbulnya warna kemerahan pada kulit disertai rasa gatal yang dapat semakin memburuk.

Sehingga, sangat penting untuk mengeringkan sela antara jari kaki setelah Anda mandi. Hal ini dilakukan agar kondisi kaki Anda tidak lembab. Jika diperlukan, Anda dapat menggunakan bedak tabur antijamur untuk mencegah pertumbuhan jamur di kaki Anda. Kulit kering dan pecah-pecah juga dapat terjadi pada kaki. Kulit kering merupakan penyebab tersering untuk kulit gatal dan mengelupas.

Lapisan kulit yang menebal dan mengeras dapat muncul di telapak kaki Anda. Kondisi ini umum disebut sebagai kapalan. Kapalan muncul dalam bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Pada dasarnya, kapalan merupakan bentuk usaha perlindungan kulit itu sendiri. Meskipun terlihat jelek di kulit, pengobatan kapalan hanya diperlukan jika kapalan itu dirasakan mengganggu. Bagi kebanyakan orang, menghilangkan sumber gesekan dan tekanan akan membantu menghilangkan kapalan tersebut. Jika Anda mengalami masalah dengan kaki, segeralah berkonsultasi dengan dokter ahli.



Lantas, bagaimana cara untuk mendapatkan kaki yang sehat? Bagaimana pula cara melakukan perawatan kaki?

Perawatan kaki sehari-hari dapat Anda lakukan sendiri. Yang perlu Anda lakukan hanyalah sedikit meluangkan waktu untuk merawat kaki Anda. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan di rumah:
  • Rendam kaki di air yang hangat yang telah ditambahkan beberapa tetesan desinfektan. Gosoklah jari kaki dengan sikat yang lembut. Gosoklah kulit yang menebal dengan bantuan batu apung. Jangan mencoba untuk memotong penebalan kulit karena hal ini dapat berbahaya. Keringkan kaki dengan seksama, terutama sela di antara jari kaki.
  • Pijat kaki dengan krim khusus kaki. Dapat dipilih krim yang mengandung mentol karena memiliki efek mendinginkan.
  • Oleskan krim kutikula di sekitar kuku kaki Anda.
  • Potonglah kuku kaki secara lurus dan haluskan tepinya dengan menggunakan kikir. Jangan memotong kuku kaki lebih pendek dari ujung batas tumbuhnya kuku.
Sayangi Kaki Anda

  • Ikuti saran dari dokter Anda jika Anda memiliki masalah dengan kaki.
  • Periksa kaki Anda setiap hari. Periksa apakah ada perubahan yang terjadi. Bengkak dan kemerahan dapat menjadi tanda adanya infeksi.
  • Lakukan perawatan kaki yang baik. Cuci kaki Anda setiap hari dan keringkan dengan seksama. Lindungi kulit dengan losion atau pelembab setelah Anda membersihkan kaki.
  • Jangan bertelanjang kaki di tempat yang basah dan lembab. Gunakan selalu alas kaki.
  • Jika kaki Anda banyak berkeringat, gunakan bedak tabur antijamur agar jamur tidak tumbuh dan berkembang di kaki Anda yang lembab tersebut.
  • Hindari menggunakan handuk bergantian setelah berolahraga.
  • Ganti kaus kaki Anda setiap hari, terlebih jika keadaan kaki Anda lembab. Sebaiknya gunakan kaus kaki katun untuk berolahraga.
  • Gunakan sepatu kulit atau sepatu dari bahan kain agar kaki dapat tetap bernapas.
  • Jangan menggunakan sepatu yang sama sepanjang waktu. Lepaskan sepatu sesekali agar terjadi pertukaran udara.
  • Potonglah kuku kaki secara lurus. Gunakan alat khusus untuk memotong kuku. Jika Anda bermasalah dengan pengelihatan Anda, mintalah orang lain melakukannya untuk Anda.
  • Gunakan sepatu yang nyaman, pas ukurannya, dan tidak sempit.
  • Hindari sepatu yang sempit, ketat, dan berujung runcing.
  • Hindari sepatu dengan hak tinggi (high heels).
  • Berolahraga secara teratur. Bentuk olahraga yang mudah dan nyata bermanfaat adalah berjalan. Gunakan sepatu yang nyaman saat berjalan.
  • Jika Anda kelebihan berat badan, lindungi tumit Anda ketika berolahraga. Mulailah program penurunan berat dengan berolahraga. Konsultasikan dengan dokter sebelum memulai program tersebut.
  • Jika Anda merokok, berhentilah sekarang juga. Tidak merokok dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kaki Anda sehingga kaki Anda akan lebih sehat. 

Jadi, apalagi yang Anda tunggu? Rawat dan sayangi kaki Anda sekarang juga. Kaki sehat milik Anda!

Sumber; medicasotore.com


Tips Sehat Mencegah Keram pada Kaki
Seringkali kram kaki terjadi, kram biasanya berlangsung kurang dari satu menit, tapi bisa juga lebih dari 15 menit. Berikut langkah-langkah yang bisa diambil untuk mencegah kram kaki.

1. Minumlah 8 gelas air putih setiap hari
Hal ini tidak hanya mencegah dehidrasi, tapi juga mengurangi kemungkinan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh. Jumlah cairan yang cukup di dalam tubuh harus dijaga, baik sebelum maupun sesudah beraktivitas berat atau berolahraga.

2. Latihan teratur
Peregangan kaki secara teratur pada siang hari akan membuat otot rileks dan mencegah kram. Jika kaki kram terjadi pada malam hari, regangkan kaki Anda secara lembut. Hal ini akan membantu merangsang aliran darah di kaki.

3. Meningkatkan asupan kalium dan kalsium
Kedua mineral itu penting untuk membantu mengolah cairan di dalam tubuh. Konsumsi makanan kaya kalium seperti pisang, unggas, dan ikan. Penuhi kalsium dengan mengonsumsi yogurt rendah lemak atau susu bebas lemak.

4. Kenakan alas kaki yang tepat dengan sol yang mendukung tubuh dengan baik.
Alas kaki atau sepatu berhak tinggi sebaiknya dihindari.

5. Mandi air hangat sebelum tidur.
Hal ini akan mengendurkan otot-otot di kaki dan mengurangi kemungkinan kram.

6. Penggunaan selimut tebal
Selimut tebal dapat memberi tekanan pada kaki. Dalam udara dingin, kenakan kaus kaki supaya lebih hangat.

Semoga Bermanfaat

Arief

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online