WELCOME TO THE BLOG SERBA SERBI.

Kamis, 23 Februari 2012

Manfaat Medis dibalik Senam Taichi bagi Orang Tua

Tai chi
Pasti anda pernah mendengar senam Tai chi bukan? Tai chi merupakan sebuah senam yang berasal dari Cina. Olah raga ini terdiri dari berbagai urutan gerakan untuk melatih koordinasi tubuh dan keseimbangan. Senam ini merupakan kombinasi meditasi, pengaturan pernafasan dan berbagai gerakan olah tangan dan kaki dengan kecepatan lambat. Tai chi telah berkembang di negeri tirai bambu sejak abad ke 16. Senam ini telah mengalami berbagai perkembangan dan modifikasi gaya. Tai chi tidak melibatkan kontak tubuh, tidak memerlukan peralatan khusus dan dapat dilakukan dimana saja.

Orang tua (berusia diatas 60 tahun) cenderung berada dalam keadaan inaktif, hal ini pada akhirnya menyebabkan pengaruh negatif terhadap kesehatan, kualitas hidup dan juga meningkatkan ketergantungan terhadap orang lain. Keadaan inaktif ini bukan tanpa alasan, berbagai kondisi medis orang tua membuatnya lebih rentan terhadap gangguan keseimbangan. Berbagai permasalahan medis yang umumnya terjadi pada orang tua, diantaranya: osteoporosis, arthritis, atau gangguan muskuloskeletal lainnya. Pemilihan olah raga yang aman untuk golongan umur ini diperlukan untuk mencegah risiko-risiko yang akan memperburuk kondisi orang tua yang semakin renta. Karakteristik Tai chi membuat olah raga ini merupakan pilihan yang aman untuk orang tua. Namun, bagaimana manfaat senam tradisional Cina ini dari segi medis?

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada 256 orang tua berusia 70 sampai 92 tahun, Tai chi sebanyak tiga kali seminggu selama enam bulan menurunkan kejadian jatuh pada orang tua yang melakukan Tai chi dibandingkan mereka yang melakukan olah raga peregangan biasa. Kejadian jatuh merupakan kejadian yang umum ditemui pada orang tua sehingga pencegahan jatuh akan mengurangi berbagai komplikasi lainnya seperti patah tulang bahkan kematian. Selain itu kelompok orang tua yang melakukan Tai chi juga merasa lebih percaya diri, hal ini ditunjukkan dengan berkurangnya rasa takut untuk jatuh. Peningkatan keseimbangan orang tua yang melakukan Tai chi disebabkan karena berbagai gerakan senam ini umumnya melatih keseimbangan dan koordinasi otot. Hal ini pada akhirnya dapat diaplikasikan pada kegiatan sehari-hari orang tua yang memerlukan koordinasi otot. Senam Tai chi meningkatkan performa orang tua dalam beraktivitas, hal ini tentu saja akan meningkatkan kualitas hidup dan menurunkan tingkat ketergantungan dengan orang lain.

Selain manfaat pada orang tua, Tai chi ternyata juga meningkatkan koordinasi gerak pada penyandang Parkinson. Parkinson adalah sebuah penyakit dengan karakteristik gangguan gerak dan berkurangnya keseimbangan tubuh akibat berkurangnya senyawa kimia dopamin di basal ganglia otak. Pada tahap yang lebih lanjut, penyandang Parkinson akan kehilangan stabilitas dalam bergerak, kesulitan dalam melakukan kegiatan sehari-hari dan kemungkinan terjatuh yang lebih besar. Pada penyandang Parkinson, Tai chi terbukti menurunkan gangguan keseimbangan dibandingkan olah raga beban dan olah raga peregangan otot. Selain itu, Tai chi juga terbukti aman untuk penyandang Parkinson karena efek samping yang ditemui minimal.

Berbagai penelitian menyimpulkan senam Tai chi sebanyak tiga kali seminggu selama enam sampai sepuluh bulan memberikan manfaat yang nyata pada orang tua. Beberapa penelitian diatas masih berskala kecil dan Tai chi belum menjadi rekomendasi resmi medis untuk kalangan orang tua. Namun karena Tai chi adalah senam yang sederhana, murah dan aman, membuat senam ini patut dicoba oleh orang tua. Keuntungan lainnya yang bisa didapat dari senam ini adalah peningkatan rasa percaya diri orang tua karena dapat bersosialisasi dengan teman seusianya dalam sebuah kelompok. Senam Tai chi bisa menjadi alternatif olah raga yang tidak hanya menyegarkan namun juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Silahkan mencoba dan rasakan manfaatnya!



-wiki-

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online