WELCOME TO THE BLOG SERBA SERBI.

Kamis, 09 Februari 2012

Menjaga kesehatan mata

Mata adalah salah satu dari indera tubuh manusia yang sangat kompleks & berfungsi untuk penglihatan. Meskipun fungsinya bagi kehidupan manusia sangat penting, namun sering kali kurang terperhatikan, sehingga banyak penyakit yang menyerang mata tidak diobati dengan baik & menyebabkan gangguan penglihatan sampai kebutaan.

Untuk mencegah kebutaan, sebaiknya setiap kali mengalami gangguan di mata, segeralah berkonsultasi dengan dokter langganannya. Disarankan juga untuk memeriksakan mata setiap tahun ke dokter, bersamaan dengan pemeriksaan kesehatan rutin secara umum. Sehingga, dokter dapat mengobati lebih awal & mencegah penyakit yang lebih parah untuk gangguan-gangguan yang terjadi pada mata yang dapat mengganggu aktivitas sampai menyebabkan kebutaan. Pemeriksaan mata rutin dapat dilakukan lebih sering pada mereka yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit-penyakit mata seperti tekanan bola mata tinggi (glukoma) atau katarak di usia muda.

Gangguan penglihatan yang paling sering dialami adalah rabun, dapat berupa rabun jauh, rabun dekat yang biasanya dialami mereka yang berusia di atas 40 tahun, atau campuran keduanya. Semua jenis rabun mata pada intinya adalah gangguan memfokuskan bayangan benda yang dilihat. Rabun dapat diatasi dengan menggunakan kaca mata atau lensa kontak.

Selain rabun, gangguan penglihatan yang sering dialami adalah astigmatisme, yaitu kelainan pada mata sehingga pancaran cahaya dari 1 titik tidak jatuh pada 1 titik fokus, yang menyebabkan pandangan menjadi kabur. Astigmatisme dapat diatasi dengan kaca mata atau lensa kontak.

Rabun & astigmatisme juga dapat diobati dengan kemajuan teknologi yang dapat mengoreksi kelainan mata dengan bedah refraktif menggunakan sinar laser (LASIK) oleh dokter mata, sehingga penderita rabun & astigmatisme bisa terbebas dari penggunaan kaca mata atau lensa kontak.

Keluhan lain yang sering dialami di mata adalah mata merah, baik tanpa atau dengan gangguan penglihatan. Penyebab dari mata merah ada berbagai macam, dari mulai peradangan, alergi, infeksi, reaksi kimia, sampai perdarahan. Sebaiknya jika mengalami gangguan mata merah, segera berkonsultasi ke dokter untuk dapat diobati.

Untuk mencegah terkena infeksi mata yang menyebabkan mata merah, ada beberapa hal yang dapat dilakukan dengan mudah, yaitu:
  • Gunakan obat tetes mata hanya untuk 1 orang saja. Jangan gunakan obat tetes mata milik/bekas orang lain.
  • Jangan menyentuh bagian ujung obat tetes mata dengan tangan.
  • Cucilah tangan dengan sabun sebelum menyentuh daerah mata.
  • Bagi pengguna lensa kontak, jangan pernah membasahi atau mencuci lensa kontak dengan cairan yang tidak steril, termasuk air liur.
  • Bersihkan lensa kontak secara rutin sesuai petunjuk dokter. Gunakan lensa kontak jangan melebihi waktu pemakaian yang telah ditentukan.

Keluhan lain yang sering dialami di mata adalah nyeri & cedera pada mata, mata berair terus menerus, atau sensitif terhadap cahaya. Semua hal itu dapat diakibatkan oleh berbagai macam penyakit. Jangan sepelekan hal-hal tersebut, segeralah berobat ke dokter jika mengalaminya.
Gejala-gejala di mata yang memerlukan pengobatan dokter:
  • Mata merah, nyeri, berair terus menerus, atau terlalu sensitif terhadap cahaya yang berlangsung lama
  • Gangguan penglihatan secara tiba-tiba
  • Merasa ada benda asing di mata atau ada serpihan benda asing di mata
  • Terpukul di daerah mata & mengalami gangguan penglihatan atau mata merah/bengkak

Hentikan penggunaan lensa kontak pada saat mengalami gangguan di mata. Jika merasa ada gangguan di mata & merasa ragu, itu tandanya untuk segera berkonsultasi dengan dokter langganannya.
Tips untuk menjaga kesehatan mata:
  • Jangan lupa mengedip.
  • Gunakan kaca mata dengan lapisan pelindung sinar ultraviolet ketika melakukan kegiatan di bawah sinar matahari yang terik.
  • Gunakan kaca mata pelindung khusus (sesuai jenis aktivitas) setiap melakukan aktivitas atau pekerjaan ekstrim, misalnya olahraga, melakukan percobaan kimia, atau pengelasan. Jangan gunakan lensa kontak saat melakukan aktivitas/pekerjaan ekstrim.
  • Beristirahatlah selama 5 menit dengan melihat jauh & menutup mata, setiap 1 jam menonton Tv atau bekerja dengan komputer.
  • Gunakan tetes mata ketika mata terasa kering atau perih.
  • Jangan menggosok mata jika terasa gatal/perih.
  • Cucilah mata dengan air mengalir yang hangat ketika mata terkena debu, serpihan benda asing, atau cairan kimia.
Sumber: konsulsehat.web.id

Arief

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online