Suku Kutai adalah suku asli yang mendiami wilayah Kalimantan Timur yang mayoritas beragama Islam. Suku Kutai berdasarkan jenisnya adalah termasuk suku melayu tua sebagaimana Suku Dayak di Kalimantan Timur. Suku Kutai masih serumpun dengan Suku Dayak, khususnya dayak rumpun ot-danum. Oleh karena itu secara fisik Suku Kutai mirip dengan Suku Dayak rumpun ot-danum. Hubungan Kekerabatan Suku Kutai dengan Suku Dayak diceritakan juga dalam tradisi lisan Suku Dayak
dengan berbagai versi di beberapa sub suku rumpun ot danom ( Karena
masing - masing sub suku memiliki sejarah tersendiri ). Adat-istiadat
lama Suku Kutai banyak kesamaan dengan adat-istiadat Suku Dayak
rumpun ot-danum (khususnya tunjung-benuaq) misalnya; erau (upacara adat
yang paling meriah), belian (upacara tarian penyembuhan penyakit),
memang, dan mantra-mantra serta ilmu gaib seperti; parang maya, panah
terong, polong, racun gangsa, perakut, peloros, dan lain-lain. Dimana
adat-adat tersebut dimiliki oleh Suku Kutai dan Suku Dayak.
1. Etimologi
Pada awalnya Kutai
bukanlah nama suku, akan tetapi nama tempat/wilayah dan nama Kerajaan
tempat ditemukannya prasasti Yupa oleh peneliti Belanda. Kemudian lambat
laun 'Kutai menjadi nama suku. Sama halnya dengan dayak yang bukan merupakan nama suku dulunya karena istilah dayak
merupakan nama pemberian peneliti Belanda. Menurut tradisi lisan
masyarakat kutai, Nama Kutai berawal dari nama Kerajaan Kutai
Martadipura di Muara Kaman, sebenarnya nama kerajaan ini awalnya disebut
Queitaire (Kutai) oleh Pendatang dan Pedagang awal abad masehi yang
datang dari India selatan yang artinya Belantara dan Ibukota Kerajaannya
bernama Maradavure (Martapura) berada di Pulau Naladwipa dan letaknya
di tepi Sungai Mahakam di seberang Persimpangan Sungai Kanan Mudik
Mahakam yakni Sungai Kedang Rantau asal nama Kota Muara Kaman sekarang.
Dalam berita Campa atau Cina disebut Kho-Thay artinya Kota Besar atau
Bandar Kerajaan Besar. Ada pendapat lain, bahwa Sumpah Palapa Patih
Gajah Mada di Majapahit sempat menyebutkan Tunjung Kuta, ada pula yang
mengatakan tulisan yang benar adalah Tunjung Kutai, akan tetapi ini pada
masa Kerajaan Kutai Kartanegara.
Dari pemaparan di atas diketahui bahwa Kutai pada masa itu adalah nama Kerajaan/kota/wilayah tempat penemuan prasasti bukan nama suku (etnis) dan hubungan kekerabatan Suku Kutai dan Suku Dayak sangat kuat. Hanya saja pengaruh agama Islam dan akulturasi pendatang yang menyebarkan agama Islam ( Sumatra, Cina, Banjar, Bugis, Jawa ) serta perang antar kerajaan ( Dinasti Kartanegara dari Majapahit yang memenangkan peperangan melawan kerajaan Kutai Martadipura ) pada saat itu mengakibatkan budaya Suku Kutai menjadi agak berbeda dengan Suku Dayak saat ini.
2. Bahasa
Bahasa Kutai terbagi ke dalam 4 dialek yang letaknya tidak saling berdekatan :
- Kutai Tenggarong (vkt)
- Kutai Kota Bangun (mqg)
- Kutai Muara Ancalong (vkt)
- Kutai Sengata/Sangatta (belum ada kode bahasanya)
Disamping memiliki beberapa persamaan kosa kata dengan bahasa Banjar, Bahasa Kutai juga memiliki persamaan kosa kata dengan bahasa Dayak Iban, misalnya :
- nade (Bahasa Kutai Kota Bangun); nadai (Bahasa Kantu'), artinya tidak
- celap (Bahsa Kutai Tenggarong; celap (Bahasa Dayak Iban, Bahasa Tunjung), jelap (Bahasa Benuaq) artinya dingin
- balu (Bahasa Kutai Tenggarong), balu (Bahasa Iban, balu' Bahasa Benuaq), artinya janda
- hek (Bahasa Kutai Tenggarong), he' (Bahasa Tunjung), artinya tidak
3. Asal Mula
Menurut tradisi lisan dari Suku Kutai,
Proses perpindahan penduduk dari daratan asia yang kini disebut
provinsi Yunan - Cina selatan berlangsung antara tahun 3000-1500 Sebelum
Masehi. Mereka terdiri dari kelompok yang mengembara hingga sampai di
pulau Kalimantan dengan rute perjalanan melewati Hainan, Taiwan,
Filipina kemudian menyeberangi Laut Cina Selatan menuju Kalimantan
Timur. Pada saat itu perpindahan penduduk dari pulau satu ke pulau lain
tidaklah begitu sulit kerena pada zaman es permukaan laut sangat turun
akibat pembekuan es di kutub Utara dan Selatan sehingga dengan hanya
menggunakan perahu kecil bercadik yang diberi sayap dari batang bambu
mereka dengan mudah menyeberangi selat karimata dan laut cina selatan
menuju Kalimantan Timur. Para imigran dari daratan Cina ini masuk ke
Kalimantan Timur dalam waktu yang berbeda, kelompok pertama datang
sekitar tahun 3000-1500 Sebelum Masehi termasuk dalam kelompok ras
Negrid dan weddid kelompok ini diperkirakan meninggalkan Kalimantan dan
sebagiannya punah. Kemudian sekitar tahun 500 sebelum masehi berlangsung
lagi arus perpindahan penduduk yang lebih besar dan kelompok inilah
yang diperkirakan menjadi cikal bakal penduduk Kutai. Setelah adanya arus perpindahan penduduk dari Yunan terjadilah percampuran penduduk kerena perkawinan.
Penduduk Kutai pada masa itu terbagi menjadi lima puak (lima suku):
- Puak Pantun
- Puak Punang
- Puak Pahu
- Puak Sendawar
- Puak Melani
3.1. Puak Pantun
Puak Pantun adalah suku tertua di Kalimantan Timur, dan merupakan
suku atau Puak yang paling Tua diantara 5 Suku atau Puak Kutai lainya,
mereka adalah suku yang mendirikan kerajaan tertua di Nusantara yaitu
kerajaan Kutai Martadipura di Muara Kaman pada abad 4 Masehi. Raja
pertamanya dikenal dengan nama Kudungga, dan kerajaan ini jaya pada masa
dinasti ketiganya yaitu pada masa Raja Mulawarwan. Dibawah pimpinan
Maharaja Mulawarman, kehidupan sosial dan kemasyarakatan diyakini
berkembang dengan baik. Pemerintahan berpusat di Keraton yang berada di
Martapura wilayah kekuasaannya terbentang dari Dataran Tinggi Tunjung
(Kerajaan Pinang Sendawar), Kerajaan Sri Bangun di Kota Bangun, Kerajaan
Pantun di Wahau, Kerajaan Tebalai, hingga ke pesisir Kalimantan Timur,
seperti Sungai China, Hulu Dusun dan wilayah lainnya. Dengan penaklukan
terhadap kerajaan-kerajan kecil tersebut, kondisi negara dapat stabil
sehingga suasana tentram dapat berjalan selama masa pemerintahannya.
Suku ini mendiami daerah Muara Kaman Kab. Kutai Kartanegara dan sampai
Daerah Wahau dan Daerah Muara Ancalong, serta Daerah Muara Bengkal,
Daerah Kombeng di dalam wilayah Kab.Kutai Timur sekarang.
3.2. Puak Punang
Puak Punang (Puak Kedang) adalah suku yang mendiami wilayah
pedalaman. Diperkirakan suku ini adalah hasil percampuran antara puak
pantun dan puak sendawar (tunjung-benuaq). Oleh karena itu, logat bahasa
Suku Kutai Kedang mengalunkan Nada yang bergelombang. Misalya bahasa
Indonesia “Tidak”, Bahasa Kutai “Endik”, Bahasa Kutai Kedang “Inde”….
tegas alas gelombang. Suku ini mendirikan kerajaan Sri Bangun di Kota
Bangun (atau dikenal dengan nama Negeri Daha pada masa pemerintahan
Kutai Matadipura). Puak punang ini tersebar diwilayah Kota Bangun, Muara
Muntai, danau semayang, Sungai Belayan dan sekitarnya.
3.3. Puak Pahu
Puak Pahu adalah suku yang mendiami wilayah kedang pahu. Suku ini tersebar di muara pahu dan sekitarnya.
3.4. Puak Sendawar
Puak Sendawar adalah suku yang mendiami wilayah sendawar (Kutai
Barat), suku ini mendirikan Kerajaan Sendawar di Kutai Barat dengan
Rajanya yang terkenal dengan nama Aji Tulut Jejangkat. Suku ini mendiami
daerah pedalaman. Mereka berpencar meninggalkan tanah aslinya dan
membentuk kelompok suku masing-masing yang sekarang dikenal sebagai suku
Dayak Tunjung, Bahau, Benuaq, Modang, Penihing, Busang, Bukat, Ohong
dan Bentian.
- Suku Tunjung mendiami daerah kecamatan Melak, Barong Tongkok dan Muara Pahu
- Suku Bahau mendiami daerah kecamatan Long Iram dan Long Bagun
- Suku Benuaq mendiami daerah kecamatan Jempang, Muara Lawa, Damai dan Muara Pahu
- Suku Modang mendiami daerah kecamatan Muara Ancalong dan Muara Wahau
- Suku Penihing, suku Bukat dan suku Ohong mendiami daerah kecamatan Long Apari
- Suku Busang mendiami daerah kecamatan Long Pahangai
- Suku Bentian mendiami daerah kecamatan Bentian Besar dan Muara Lawa
Selain suku-suku tersebut, terdapat pula suku-suku lain yaitu suku Dayak Kenyah, Punan, Basap, dan Kayan.
- Suku Kenyah merupakan pendatang dari Apo Kayan, Kab. Bulungan. Kini suku ini mendiami wilayah kecamatan Muara Ancalong, Muara Wahau, Tabang, Long Bagun, Long Pahangai, Long Iram dan Samarinda Ilir.
- Suku Punan merupakan suku Dayak yang mendiami hutan belantara di seluruh Kalimantan Timur mulai dari daerah Bulungan, Berau hingga Kutai. Mereka hidup dalam kelompok-kelompok kecil di gua-gua batu dan pohon-pohon. Mereka dibina oleh Departemen Sosial melalui Proyek Pemasyarakatan Suku Terasing.
- Suku Basap menurut cerita merupakan keturunan orang-orang Cina yang kawin dengan suku Punan. Mereka mendiami wilayah kecamatan Sangkulirang.
- Suku Kayan berasal dari Kalimantan Tengah, suku ini sering juga disebut dengan suku Biaju. Mereka mendiami daerah kecamatan Long Iram.
3.5. Puak Melani
Puak Melani adalah suku yang mendiami wilayah pesisir. Mereka
merupakan suku termuda diantara puak-puak Kutai, di dalam suku ini telah
terjadi percampuran antara suku kutai asli dengan suku pendatang yakni;
Banjar, Bugis, Jawa dan Melayu. Suku ini mendirikan kerajaan Kutai
Kartanegara. Raja pertamanya bernama Aji Batara Agung Dewa Sakti. Suku
ini mendiami wilayah pesisir seperti Kutai Lama dan Tenggarong.
Dalam perkembangannya puak pantun, punang, pahu dan melani kemudian berkembang menjadi suku kutai yang memiliki bahasa yang mirip namun berbeda dialek. Sedangkan puak sendawar (puak tulur jejangkat) yang hidup di pedalaman berkembang menjadi suku dayak.
4. Terpecahnya Puak Tanah Kutai melahirkan Suku Dayak dan Suku Kutai
Disinilah awal terbaginya dua golongan atau kelompok suku asli di Tanah Kutai, yakni Suku Dayak dan Suku Kutai
(haloq). Haloq adalah sebutan bagi suku asli Tanah Kutai yang keluar
dari adat/budaya/kepercayaan nenek moyang ( Adat, budaya, serta
kepercayaan nenek moyang tersebut masih terlihat dari ciri khas Suku Dayak
saat ini). Sebutan haloq mulai timbul ketika suku-suku dari puak-puak
kutai di atas mulai banyak meninggalkan kepercayaan lama salah satunya
adalah dengan taat pada ajaran Islam, karena adat istiadat, budaya, dan
kepercayaan dari suku asli Tanah Kutai tersebut banyak yang bertentangan
dalam ajaran Islam. Kemudian karena puak pantun, punang, dan melani
sebagian besar meninggalkan adat atau kepercayaan lama mereka, maka
mereka mulai di sebut 'orang haloq' oleh puak lain yang masih bertahan
dengan kepercayaan lamanya (kepercayaan nenek moyang). Dan puak yang
masih bertahan dengan adat/kepercayaan lamanya sebagian besar adalah
puak sendawar (puak tulur jejangkat), meskipun sebagian kecil ada juga
suku dari puak sendawar yang meninggalkan adat lama (Behaloq). Sejak
itulah orang haloq dan orang yg bukan haloq terpisah kehidupannya,
karena sudah berbeda adat istiadat.
Lambat laun orang haloq ini menyebut dirinya 'orang kutai' yang berarti orang yang ada di benua Kutai atau orang dari wilayah Kerajaan Kutai. Sejak itu lah kutai lambat laun mulai menjadi nama suku, yang mana suku kutai ini berasal dari puak pantun, punang, pahu dan melani dan sebagian kecil puak sendawar. Sekarang Suku Kutai sudah banyak bercampur dengan etnis lain. Terlihat dari budayanya yang merupakan hasil akulturasi dari beberapa budaya suku lain.
Puak sendawar yang sebagian besar masih bertahan dengan adat/kepercayaan lama kemudian berpencar membentuk kelompok-kelompok suku pedalaman dan terasing. Mereka kini menjadi suku Tunjung, Benuaq, Penihing, Oeheng, Bentian, Bahau, Modang dan lain-lain. Mereka adalah suku yang disebut Suku Dayak pada masa kini. Dayak adalah sebutan yang dipopulerkan oleh orang Belanda, dimana mereka menyebut suku - suku asli yang mendiami pedalaman Kalimantan sebagai “Dayaker”.
Jadi yang disebut Suku Kutai sekarang ini adalah suku dari puak pantun, punang, pahu dan melani. Sedangkan Suku Dayak adalah dari puak sendawar. Jadi Suku Kutai bukanlah suku melayu muda akan tetapi adalah suku melayu tua, sama seperti Suku Dayak. Pengelompokkan Suku Kutai kedalam ras melayu muda hanya berdasarkan Sosio-religius atau kultural, bukan berdasarkan jenisnya (melayu tua).
Saat ini peneliti membagi suku kutai menjadi 4 sub-etnis:
- Suku Kutai Tenggarong. (yang sebenarnya berasal dari puak melani)
- Suku Kutai Kota Bangun. (yang sebenarnya berasal dai puak punang)
- Suku Kutai Muara Pahu. (yang sebenarnya berasal dari puak pahu)
- Suku Kutai Muara Ancalong. (yang sebenarnya berasal dari puak pantun)
back to suku
A
Tidak ada komentar:
Posting Komentar