WELCOME TO THE BLOG SERBA SERBI.

Rabu, 09 Januari 2013

10 Bahan Kimia Berbahaya dalam Shampo

arifuddinali.blogspot.com - INGIN memiliki rambut yang sehat, namun takut dengan kandungan bahan kimia di dalam sebotol shampo? Dalam rangka membeli shampo yang baik untuk kesehatan rambut, Anda perlu mengetahui bahan-bahan yang harus Anda hindari ketika Anda memilihnya. Untuk memiliki rambut yang sehat, Anda membutuhkan perawatan khusus dan bebas dari bahan kimia berbahaya. Berikut adalah bahan-bahan yang harus Anda hindari saat Anda membeli shampo.

1. Sodium Lauryl atau Laureth Sulfate. Bahan shampo yang satu ini sering digunakan sebagai deterjen dan bahan pembersih di industri.

2. Dietanolamina. Ketika bahan kimia ini bergabung bersama bahan kimia lainnya untuk perawatan rambut Anda, dietanolamina dapat membentuk karsinogenik yang menyebabkan kanker. Karsinogen merupakan sifat mengendap dan merusak terutama pada organ paru-paru. Kondisi yang satu ini disebabkan oleh karsinogen. Zat-zat karsinogen menyebabkan kanker dengan mengubah asam deoksiribonukleat (DNA) dalam sel-sel tubuh, dan hal ini mengganggu proses-proses biologis.

3. Parabens. Kandungan parabens dalam shampo diketahui mempengaruhi tingkat estrogen, sehingga pada akhirnya menyebabkan ketidakseimbangan dalam tingkat hormon.

4. Formaldehida. Dikenal juga sebagai urea doazolidinyl, urea imidazolidinyl, dan quarternium-15, yang merupakan bahan yang biasa digunakan untuk pembalseman.

5. Isopropyl alcohol. Merupakan pelarut yang biasa ditemukan dalam larutan pewarna rambut dan lotion. Jika terhirup secara berlebihan, zat kimia ini dapat mengakibatkan sakit kepala, pusing, dan mual.

6. Propylene glycol. Digunakan sebagai bahan dasar pada shampo dan kondisioner rambut. Bahan kimia ini bisa dengan mudah menembus kulit dan menyerap protein di dalamnya. Alhasil, kulit jadi cepat kendur deh.

7. Sodium lauryl sulphate (SLS) & Sodium laureth sulphate(SLES). Dua jenis zat ini umumnya digunakan untuk kondisioner rambut. Keduanya bisa membatasi pertumbuhan rambut dan menyebabkan kerontokan. SLS juga dapat mengakibatkan katarak ketika diserap oleh kulit, meskipun tanpa adanya kontak langsung dengan mata.

8. DEA (diethanolamine), MEA (momoethanolamine) TEA (triethanolamine). Seringkali ditemukan dalam shampo, dan diketahui dapat memicu munculnya kanker.

9. FD & C Colour pigments. Pewarna dalam shampo ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala, bahkan hingga menyebabkan masalah pada saraf.

10. Formaldehyde. Bisa menyebabkan alergi, sakit kepala dan kelelahan. Selain itu, zat ini juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Demikian 10 bahan berbahaya yang sering ditemukan dalam sebotol shampo. Untuk itu, jadilan konsumen yang cerdas, dengan memilik produk yang aman dari bahan berbahaya tersebut. (Magforwomen/Healthmeup/Wikipedia/*/OL-06)
Sumber: metrotvnews.com/lifestyle - Selasa 8 Januari 2013

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online