WELCOME TO THE BLOG SERBA SERBI.

Kamis, 19 September 2013

5 Cara Cegah Dimensia di Hari Tua

arifuddinali.blogspot.com Penyakit degeneratif seperti dimensia belum ditemukan obatnya. Namun, tidak perlu khawatir, sebelum penyakit ini menyerang, ada beberapa cara untuk menghindari penyakit yang menyerang sel-sel otak ini. Salah satunya adalah dengan membuat otak selalu aktif dengan berbagai kegiatan dan dengan makanan. Berikut 5 cara pencegahan dimensia sebelum menyerang Anda di hari tua:

1. Sehatkan Otak
Makanlah makanan yang dapat menjaga kesehatan otak. Jenis ikan-ikanan seperti salmon dan tuna sangat baik untuk otak. Selain itu, konsumsi juga makanan yang mengandung asam lemak omega 3 untuk mencegah otak dari kerusakan.

2. Lakukan Senam Rutin
Para peneliti percaya bahwa senam rutin sangat baik untuk kesehatan otak. Sebuah studi menjelaskan, individu di usia pertengahan sangat rentan terkena dimensia. Sebelum terlanjur, ada baiknya mencegah dengan senam ringan. Lari dan kardio di area terbuka juga dapat membantu menyehatkan otak sekaligus jantung.

3. Olahragakan Otak
Selain olah raga tubuh, otak juga perlu diolah ragakan agar tetap sehat. Aktivitas seperti meditasi, menyusun puzzle, yoga, dan kegiatan berpikir lainnya dapat mengurangi penurunan fungsi otak.

4. Tunda Pensiun
Sebuah penelitian menunjukan bahwa salah salah pencegahan dimensia adalah terus jalankan aktivitas agar otak selalu bekerja. Di Prancis, 3,2 persen dari 500.000 orang terhindar dari risiko dimensia karena tidak memilih untuk pensiun dini. Dengan terus bekerja, otak juga akan semakin aktif. Jika otak terus aktif, fungsi kognitif otak juga tidak akan hilang.

5. Jaga Hubungan dengan Keluarga dan Sosial
Penelitian telah membuktikan, hubungan baik dengan keluarga dapat menurunkan risiko dimensia di kemudian hari. Lakukanlah kegiatan bersama keluarga Anda dengan aktivitas santai agar otak tetap bekerja. Ikuti juga kegiatan sosial dan kelompok agar terus beraktivitas. Jika tubuh rutin beraktivitas, kinerja otak pun akan ikut terjaga. (tempo.co 05092013)

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online