WELCOME TO THE BLOG SERBA SERBI.

Selasa, 28 Oktober 2014

Catat 4 Makanan yang Bikin Pendek Umur Anda

 
arifuddinali.blogspot.com - Semua orang mungkin ingin hidup lebih lama. Tapi sayangnya, keinginan ini tidak dibarengi dengan perubahan pola hidup sehat dan memilih mengonsumsi makanan yang enak dibanding sehat.

Seperti dikutip Health, Sabtu (25/10/2014) University of Utah Health Sciences pernah meneliti kalau beberapa makanan bisa merusak komponen dalam sel Anda atau enzim telomerase. Padahal komponen ini berfungsi melindungi telomer dan mengurangi kerusakan DNA yang diyakini memberi kontribusi pada proses penuaan.

"Telomer yang lebih pendek telah dikaitkan dengan kondisi seperti kanker dan penyakit kardiovaskular. Penelitian juga menunjukkan faktor gaya hidup termasuk pola makan dapat mempercepat proses pemendekan atau penuaan," tulis peneliti.

Peneliti juga mencatat ada 4 makanan yang dianggap bisa memperpendek umur, seperti berikut:

1. Soda

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Public Health dan melibatkan 5,309 orang dewasa ini menemukan bahwa mengonsumsi soda berarti mempercepat proses penuaan hingga 4,6 tahun.

Laman Times mencatat, penuaan ini juga bisa disandingkan dengan mereka yang suka merokok. Penelitian juga menunjukkan bahwa minum diet soda setiap hari berisiko 67 persen lebih besar terkena diabetes tipe 2.

2. Olahan daging

Apapun bentuknya baik sosis atau bakso, semua olahan daging bisa memperpendek umur. Sebuah studi tahun 2008 yang melibatkan 840 orang dan tercatat di the American Journal of Clinical Nutrition melihat, efek telomer. Para peneliti menemukan, orang yang mengonsumsi seporsi atau daging olahan setiap minggu memiliki telomere lebih pendek daripada mereka yang tidak makan daging olahan.

3. Daging merah

Terlalu banyak mengonsumsi daging merah seperti hamburger dan steak juga dikaitkan dengan penyakit jantung dan kanker sehingga efeknya juga pada telomere. Sebuah penelitian Clinical Nutrition, memberi makan tikus dengan berbagai makanan dari daging sapi atau ayam selama empat minggu. Hasilnya, tikus yang diberikan terlalu banyak daging, telomer lebih pendek.

4. Alkohol

Seperti daging merah, alkohol juga menyebabkan penyakit kronis. Sebuah penelitian yang dipresentasikan pada American Association 2010 menemukan, alkohol dapat mempercepat pemendekan telomere.

"Mereka yang minum alkohol empat gelas per hari memiliki telomere yang lebih pendek," tulis peneliti.

 Sumber: health.liputan6.com - 27 Oktober 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

gif maker

Arifuddin Ali