WELCOME TO THE BLOG SERBA SERBI.

Minggu, 19 April 2015

20 Lukisan Paling Terkenal dan Termahal di Dunia

arifuddinali.blogspot.com - Lukisan mungkin hanya terlihat bagaikan sebuah gambar yang di gambar maupun di lukis di sebuah kanvas atau media, namun tidak bagi orang-orang yang menikmati seni dan dapat memahami keindahan suatu lukisan.

Lukisan itu adalah sebuah karya seni yang di curahkan atau ekspresi dari pelukisnya, seni dari seorang seniman tersebut yang ada pada gambar tersebut yang membuat lukisan itu terlihat ekspresif maupun imajinatif.

Tahukah Anda bahwa di dunia ini terdapat beberapa lukisan yang merupakan karya seni yang sangat di puji bahkan hingga ratusan tahun telah berlalu lukisan ini tetap menjadi suatu goresan yang terkenal.

Berikut Lukisan paling Terkenal dan Termahal di Dunia :
 

1. Portrait of Adele Bloch-Bauer I Karya Gustav Klimt

Harga lukisan $157.7 juta. Gustav Klimt menyelesaikan lukisan ini pada tahun 1907 dengan kanvas berukuran 54 x 54 inci dan menggunakan minyak, emas dan perak. Akuisisi terbaru dari lukisan ini dibuat oleh Ronald Lauder pada tahun 2006 dan ditampilkan di galeri nya, Neue Galerie di New York City. Lukisan ini dibuat pada saat Klimt sedang berada di Wina. Ferdinand Bloch-Bauer, yang merupakan seorang tokoh industri gula, menugaskan Klimt untuk melukis istrinya, Adel Bloch-Bauer.


2. Garçon à la pipe Karya Pablo Picasso

Harga lukisan $130.6 juta. Lukisan cat minyak ini berukuran 100 x 81,3 cm adalah karya Pablo Picasso (kebangsaan Spanyol), menggambarkan seorang anak laki-laki kota Paris sedang memegang pipa di tangan kanannya. Dilukis pada masa “Rose Period” (1904–1906), masa dimana lukisan-lukisan Picasso bercorak riangdan didominasi warna oranye dan pink (merah muda). Lukisan ini tidak bergaya “cubist” seperti lukisan-lukisan cubist Picasso lainnya. Laku terjual seharga 104,1 juta dollar AS di tempat pelelangan Sotheby’s, New York, 4 Mei 2004.

3. “Dora with Cat” dilukis oleh Pablo Picasso.

Dilukis oleh Pablo Picasso pada tahun 1941. Lukisan potret diri ini menimbulkan kotroversi, karena ada yang menganggap bahwa lukisan ini menggambarkan diri kekasihnya, Dora Maar, seorang artis fotografer yang menjadi kekasih Picasso selama 10 tahun (1930 –1940). Lukisan ini laku terjual seharga 95,2 juta dollar AS pada pelelangan di Sotheby’s, tanggal 3 Mei 2006


4. Portrait of Dr. Gachet Karya Vincent van Gogh 


Harga lukisan $151.4 juta. Lukisan yang dilukis oleh pelukis impressionis Belanda ini, tiba-tiba saja menjadi terkenal di dunia ketika seorangpengusaha Jepang bernama Ryoei Saito membelinya seharga82,5 juta dollar AS ditempat pelelangan Christie’s, New York.Begitu gandrungnya Saito pada lukisan ini, sehingga ia ingin dikremasi bersama lukisannya ini jika kelak ia mati. Saitomeninggal tahun 1996 namun lukisannya tetap aman, tak ikut dikremasi. Vinvent van Gogh melukis potret diri Dr. Gachet’s 2 versi, versi satunya berada di museum Paris dan sangat berbeda warnanya dengan lukisan yang dimiliki Saito.


5. Bal du moulin de la Galette Karya Pierre-Auguste Renoir

Harga lukisan $143.3 juta. Lukisan ini dikenal juga dengan sebutan Bal du Moulin de la Galette yang diselesaikan pada tahun 1876 oleh seniman bernama Pierre-Auguste Renoir. Dalam dunia seni, lukisan ini dianggap sebagai salah satu lukisan terbaik. Sampai tahun 1894, lukisan ini merupakan bagian dari koleksi pribadi Gustave Caillebotte, yang juga seorang pelukis asal Perancis. Meskipun pembeli lukisan ini dirahasiakan, namun ada laporan bahwa lukisan ini dibeli oleh seorang kolektor asal Swiss.

6. “Massacre of the Innocents” dilukis oleh Peter Paul Rubens

Dilukis oleh Peter Paul Rubens, pada tahun 1611. Lukisan ini terjual seharga 76,7 juta dollar AS di tempat pelelangan Sotheby’s pada tahun 2002 dengan pembeli bernama Kenneth Thomson, seorang pengusaha terkaya di Kanada (keturunan bangsawan Inggris) dan kolektor lukisan.

7. “Portrait de I’artiste sans barbe” (Potret iri tanpa janggut) dilukis oleh Vincent van Gogh 

Lukisan ini adalah salah satu dari sekian banyak lukisan potret diri pelukis Belanda, Vincent van Gogh. Ia melukisnya pada September 1889 di Saint-Remy-Provence, Perancis. Lukisan cat minyak ini berukuran 40 cm x 31 cm. Lukisan potret diri ini tanpa janggut, tidak seperti lukisan-lukisan potret diri lainnya yang selalu ada janggutnya. Lukisan potret diri ini menjadi salah satu lukisan termahal di dunia ketika terjual pada tahun 1998 di New York dengan harga 71,5 juta dollar AS.


8. “Rideau, Cruchon et Compotier” dilukis oleh Paul Cezanne 

Lukisan ini dilukis oleh Paul Cezanne dalam kurun waktu 1893-1894. Terjual di tempat pelelangan Sotheby’s, New York, dengan harga 60.5 juta dollar AS pada 10 Mei 1999. Pembelinya adalah keluarga Whitneys. Whitney yang lahir dari keluarga kaya, adalah pemodal proyek, penerbit, produser film Hollywood, dan seorang dermawan.


9. “Femme aux Bras Croises” dilukis oleh Pablo Picasso 

Lukisan ini dilukis pada tahun 1901 oleh Pablo Picasso, dimasa “Blue Periode”(1901-1904), masa dimana Picasso mengalami “kegelapan” dan kesedihan dalam hidupnya. Keindahan dan warna biru pada lukisan-lukisannya saat itu adalah dominan. Lukisan ini menggambarkan seorang wanita sedang berpangku tangan dengan tatapan mata kosong. Lukisan ini terjual seharga 55 juta dollar AS pada pelelangan di Christie’s Rockefeller, New York.


10. “Irises” dilukis oleh Vincent van Gogh 

Vincent van Gogh melukis lukisan ini di Saint Paul-deMausole, Saint-Remy-de-Povence, Perancis, tahun 1889, 1 tahun sebelum kematiannya. Pada tahun 1987, lukisan ini merupakan lukisan termahal pada saat itu, ketika terjual seharga 53,9 juta dollar AS kepada Alan Bond. Akhirnya kemudian dijual lagi ke museum Getty di Brentwood, Los Angeles, California, Amerika Serikat.


11. WHISTLER'S MOTHER By James McNeil Whistler 

Jika anda menonton film Rowan Atkinson yaitu Mr.Bean The Movie, maka anda akan mengenal lukisan ini.
Lukisan ini merupakan lukisan yang di buat dari cat minyak di kanvas dari seorang seniman amerika yang bernama McNeil Whistler pada tahun 1871. Nama resmi dari lukisan ini sebenarnya adalah Arrangement in Grey and Black, tapi menjadi terkenal dengan namanya sekarang yaitu "Whistler's Mother".
Lukisan ini sekarang berlokasi di Musee d'Orsay, Paris.


12. THE SCREAM By Edward Munch

Salah satu lukisan artistik dan imajinatif dari seorang seniman yang bernama Edward Munch yang berasal dari Norwegian pada tahun 1893. The Scream sebenarnya terdapat 4 versi, yaitu 1 yang di cat dan 3 yang menggunakan pastel.
Lukisan ini mengekspresikan kecemasan, kesedihan dan perasaan kagum atau terpesona. Terlepas dari seni artistik dan nilai emosi yang di gambarkan lukisan ini, nilai jual lukisan ini pun sangat Mahal yaitu pada tahun 2012 versi ke-4 dari pastel lukisan ini mencapai nilai jual $119,922,600 (Rp. 1,233,403,941,000 yaitu 1,2 Trilliun Rupiah) dalam sebuah Lelang.


13. GIRL WITH A PEARL EARRING By Johannes Vermeer

Lukisan ini terkadang di kenal sebagai "Mona Lisa Belanda", dimana pada lukisan ini dapat terlihat seorang gadis dengan anting mutiara yang di lukis oleh seniman belanda Johannes Vermeer.
Lukisan ini di lukis pada tahun 1665, dimana ketika saat itu lukisan yang hanya menggambarkan sebagian tubuh ke-atas ini tidak dapat di anggap sebagai sebuah lukisan, oleh karena itu lukisan ini bahkan tidak dapat terjual.
Tapi saat ini lukisan ini telah menjadi lukisan yang paling di kagumi di dunia seni.


14. THE SCHOOL OF ATHENS By Raphael


Salah satu lukisan yang di lukis pada dinding terletak di Apostolic Palace, Vatian oleh seorang seniman bangunan Raphael Sanzio.
Raphael membuat lukisan dinding ini dalam waktu 2 tahun di dinding apostolic palace dan di lukis ini anda dapat melihat beberapa figur utama dari sekolah athena ini termasuk filosofi dan sarjana seperti plato, aristoteles, scrates, pythagoras dan lainnya. Setiap figur memiliki aktifitas yang berbeda.


15. THE CREATION OF ADAM By Michelangelo

Lukisan dinding yang mungkin paling anda sering lihat di berbagai film, karya seni dinding yang di lukis oleh seorang pemahat dan pelukis terkenal yaitu Michelangelo.
Lukisan ini merupakan salah satu bagian dari atap dinding gereja Sistine, dimana terdapat berbagai kejadian dalam kitab suci.
Lukisan ini merepresentasikan kejadian ketika adam, yaitu manusia pertama menerima kehidupan dari tahun, yang di gambarkan sebagai adam berbaring di tanah dan tuhan memberikan kehidupan dengan sentuhan dari jarinya.


16. THE LAST SUPPER By Leonardo da Vinci

Lukisan ini merupakan lukisan yang menggambarkan perjamuan malam suci, yang di lukis oleh seorang seniman bernama Leonardo da Vinci di dinding dari Biara Santa Maria Delle Grazie, Mila, Itali.
Lukisan ini di lukis pada tahun 1495, dimana pada lukisan ini terlihat yesus dan ke-12 muridnya sedang melakukan makan malam. Dimana ketika saat itu yesus memberitahukan bahwa salah satu dari ke-12 muridnya akan mengkhianati dirinya.


17. MONA LISA By Leonardo da Vinci

Karya seni ke-2 dari Leonardo da Vinci, dimana lukisan ini di kenal juga sebagai lukisan paling terkenal di dunia sepanjang sejarah.

Tidak ada lukisan yang dapat menandingin ketenaran dan popularitas dari lukisan ini sepanjang 500 tahun masa dari lukisan ini di ciptakan. Lukisan ini memiliki rekor dunia sebagai paling banyak di tiru, paling banyak di tuliskan, dan paling banyak di parodikan dalam dunia seni.

Rahasia dari lukisan ini adalah "Secret of The Smile" dari seorang wanita / perempuan, yang sampai sekarang masih menjadi misteri, dimana terdapat cerita bahwa seorang seniman perancis bernama Luc Maspero yang melakukan bunuh diri dengan meninggalkan sebuah pesan dimana ia lebih memiliki kematian dari pada memahami misteri di balik senyuman pada lukisan wanita ini.
 
 

18. Le Rêve

Lagi-lagi karya Picasso masuk dalam daftar lukisan termahal di dunia. Kali ini, lukisannya yang berjudul Le Rve menduduki peringkat empat dengan nilai 155 juta dolar. Le Rve secara harfiah berarti mimpi. Sama seperti Nu au Plateau de Sculpteur, lukisan tersebut juga dibuat pada tahun 1932 dan menggambarkan sosok Marie-Therese Walter, simpanan Picasso yang kala itu beru berusia 22 tahun.
Lukisan ini terkenal karena makna erotis yang terkandung di dalamnya. Jika Anda perhatikan lagi, di bagian atas kepala Marie-Therese Walter yang terbelah tampak gambar kelamin pria yang menurut spekulasi adalah gambar kelamin Picasso sendiri.
 

19. Woman III

Lukisan cat minyak ini merupakan karya pelukis beraliran abstrak ekspresionis Willem de Kooning. Harganya sendiri mencapai 137,5 juta dolar. Lukisan ini merupakan versi ketiga dari enam lukisan dengan tema serupa yang dibuat oleh De Kooning antara tahun 1951 sampai 1953. Lukisan tersebut awalnya dimiliki museum di Teheran sampai tahun 1994 dan sempat dilarang untuk dipertontonkan kepada pengunjung karena ketatnya peraturan terhadap seni visual yang diterapkan pemerintah setelah revolusi tahun 1979.
 
 

20. The Card Players

Dan gelar lukisan termahal di dunia jatuh pada The Card Players karya Paul Cezanne. Nilai lukisan ini diperkirakan antara 250-300 juta dolar. Sama seperti lukisan-lukisan sebelumnya, The Card Players juga terdiri dari serangkaian lukisan bertema sama yang dibuat oleh Cezanne dengan gaya post-impresionis.
Terdapat lima lukisan yang dibuat olehnya dengan ukuran dan gambar berbeda. Semuanya menunjukkan beberapa pria yang sedang bermain kartu. Cezanne mendapatkan inspirasinya dari lukisan-lukisan Prancis dan Jerman abad 17 yang seringkali menggambarkan permainan kartu antara beberapa pria yang sedang mabuk.
 
Dari berbagai Sumber

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online