WELCOME TO THE BLOG SERBA SERBI.

Sabtu, 25 April 2015

Waspadalah! Telinga Sering Gatal Jangan Dianggap Sepele

arifuddinali.blogspot.com - Telinga Anda sering gatal? Waspadalah! Hal ini karena bisa jadi telinga yang gatal ini merupakan gejala dari penyakit serius yang berawal dari telinga. Apa saja penyebab telinga gatal? Mari kita simak uraian berikut ini :

Kotoran telinga yang mengering akan membuat telinga gatal. Teteskan sedikit minyak zaitun untuk melembutkan kotoran telinga yang kering itu.
Infeksi di luar telinga seperti swimmer’s ear menimbulkan rasa gatal yang sangat mengganggu. Air terperangkap di dalam telinga. Gunakan antiseptik tetes untuk meredakan gatal akibat swimmer’s ear.

Penyebab telinga gatal lainnya adalah banyaknya kotoran seperti lilin di dalam telinga. Memakai obat khusus untuk membersihkan kotoran ini sangat disarankan.

Alergi bisa menjadi penyebab dari telinga gatal. Untuk meredakan gatal akibat energi, Anda bisa mengkonsumsi antihistamin.

Perhatikan apakah ada serangga kecil yang masuk ke dalam telinga? Hal ini bisa menyebabkan telinga menjadi gatal-gatal. Membersihkan telinga dengan air hangat mungkin bisa mengobati kondisi ini.

Membersihkan telinga menggunakan cotton bud atau peniti bisa menimbulkan gatal di telinga.

Penggunaan alat bantu pendengaran juga bisa menyebabkan telinga menjadi gatal apalagi jika alat itu tidak dipakai dengan tepat di telinga.
Kondisi kulit seperti eczema, alergi dermatitis dan psotiasis tidak hanya akan menimbulkan kulit kering yang gatal tetapi juga memberi dampak pada telinga. Krim steroid akan membantu meredakan rasa gatal akibat kondisi kulit ini.

Ada kondisi psikologis yang juga menjadi penyebab telinga gatal seperti stres, trauma atau depresi.

Meskipun tampak sepele tetapi telinga yang gatal tidak boleh dibiarkan karena jika tidak dirawat maka akan menimbulkan gangguan. Kita tidak bisa bekerja aktif seperti biasa karena tangan dan pikiran kerap tertuju pada telinga yang gatal.(doktersehat.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

gif maker

Arifuddin Ali