Rabu, 23 November 2011

Kecamatan Krayan

1. KEADAAN WILAYAH
Kecamatan Krayan berbatasan dengan Kabupaten Malinau dan Kecamatan Krayan Selatan di sebelah selatan, di sebelah barat dengan Serawak– Malaysia, di sebelah timur dengan Kecamatan Lumbis dan Kabupaten Malinau serta di sebelah utara berbatasan dengan Sarawak-Malaysia sehingga secara geografis sangat menguntungkan Kecamatan Krayan baik dari segi perdagangan, jasa maupun sektor lainnya. Luas Wilayah Kecamatan Krayan keseluruhan sekitar 1.837,54 km2, yang terdiri dari 65 desa .

Salah satu pemukiman penduduk di kecamatan Krayan

2. PEMERINTAHAN
Jumlah desa di Kecamatan Krayan adalah 65 desa yang beribukota di Long Bawan. Status hukum seluruh desa adalah definitif. Jumlah badan perwakilan desa/dewan kelurahan adalah 325 sedangkan jumlah Rukun Tetangga (RT) adalah sebanyak 87 RT. Keseluruhan desa di Kecamatan Krayan terletak di kelurahan bukan pesisir yang terdiri dari desa/kelurahan di dalam kawasan hutan berjumlah 9 desa, desa/kelurahan di tepi kawasan hutan 18 desa dan desa/kelurahan di luar kawasan hutan sebanyak 38 desa. Desa-desa tersebut adalah :

1 Pa Mulak 
2 Pa Inan 
3 Long Mangan
4 Long Kabid 
5 Pa Urud
6 Buduk Kubul
7 Pa Matung
8 Pa Putuk 
9 Cinglat 
10 Long Tugul
11 Lembudud 
12 Pa Kemut 
13 Pa Butal 
14 Pa Kidang 
15 Pa Delung 
16 Lembada
17 Liang Turan
18 Liang Alig
19 Pa Padi
20 Long Puak
21 Liang Biadung
22 Wa Laya 
23 Long Rupan 
24 Long Katung 
25 Pa Payak
26 Pa Mering 
27 Pa Terutun 
28 Long Bawan
29 Lepatar 
30 Liang Bua 
31 Pa Pirit 
32 Pa Rupai 
33 Buduk Tumu
34 Long Nawang 
35 Kampung Baru
36 Ma Libu 
37 Wa Yagung 
38 Sembudud
39 Pa Melade
40 Long Sepayang
41 Pa Umung
42 Pa Pawan
43 Bungayan
44 Long Umung
45 Buduk Kinangan
46 Wa Yanud
47 Pa Betung
48 Pa Nado
49 Pa Raye 
50 Pa Lutut
51 Pa Rangeb
52 Long Nuat
53 Long Tenem
54 Pa Sire
55 Pa Lidung
56 Long Berayang 
57 Pa Api
58 Liang Tuer
59 Ba Sikor
60 Sinar Baru
61 Pa Pala
62 Liang Butan
63 Pa Pani
64 Long Matung
65 Pa Kebuan  

3. KEADAAN PENDUDUK
Masalah kependudukan merupakan hal yang sangat penting dalam mencapai tujuan pembangunan. Penduduk memegang peranan yang sangat vital baik sebagai objek maupun subjek dari pembangunan itu sendiri. Pada tahun 2008 jumlah penduduk Kecamatan Krayan sebanyak 7.506 jiwa yang terdiri dari 3.910 laki-laki dan 3.596 perempuan. Sedangkan banyaknya keluarga berjumlah 1.823 Kepala Keluarga. Desa di kecamatan Krayan yang paling banyak penduduknya adalah desa Liang Butan berjumlah 466 jiwa, kemudian desa Long Bawan berjumlah 386 jiwa. Sedangkan desa-desa lainnya dengan jumlah penduduk dibawah 300 jiwa bahkan ada yang dibawah 100 jiwa dalam 1 desa.

Sumber penghasilan utama sebagian besar masyarakat kecamatan Kayan adalah dari sektor pertanian dan perdagangan. Sedangkan penduduk yang bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke luar negeri sebanyak 40 orang. Jumlah aparat kecamatan di Krayan berdasarkan tingkat pendidikan menurut data tahun 2008 adalah 10 orang tidak sekolah/belum tamat SD, 81 orang pendidikan sederajat dan 4 orang pendidikan sajana (S1).

4. PERUMAHAN DAN LINGKUNGAN HIDUP
Di Kecamatan Krayan , pasokan listrik diperoleh dari Listrik Non PLN, yaitu sebanyak 757 Kepala Keluarga yang menggunakan sarana tersebut. Karena tidak ada pasokan listrik dari PLN, maka tidak ada penerangan di jalan utama kecamatan. Sedangkan bahan bakar yang digunakan oleh sebagian besar keluarga untuk memasak adalah kayu bakar. Tempat buang sampah sebagian besar keluarga di Kecamatan Krayan adalah di sungai, sedangkan tempat buang air besar sebagian besar keluarga menggunakan jamban sendiri. Menurut data tahun 2008, jumlah sungai yang melintasi kecamatan ini adalah sebanyak 2 sungai, yang mana air sungai tersebut digunakan untuk mandi/cuci, sumber air minum/memasak sebagian besar keluarga dan irigasi. Sedangkan jumlah keluarga yang tinggal di bantaran/tepi sungai sebanyak 10 orang, dengan jumlah bangunan sebanyak 8 unit. Kecamatan Krayan adalah salah satu kecamatan yang rawan bencana banjir, yang mana dalam 3 tahun terakhir ini terjadi banjir yang menyebabkan kerugian/kerusakan.

5. PENDIDIKAN
Pendidikan merupkan salah satu upaya untuk mencetak sumber daya manusia yang potensial dan produktif bagi pembangunan, baik melalui pendidikan formal maupun nonformal. Penyediaan sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu upaya pemeintah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan yang ada di Kecamatan Krayan. Pada tahun 2008 di Kecamatan Krayan ada 4 Taman Kanak-kanak swasta, 21 Sekolah Dasar Negeri, 3 SLTP Negeri dan 1 SLTP Swasta , 1 SMU Negeri dan 3 SMU Swasta.

6. KESEHATAN DAN KELUARGA BERENCANA
Pembangunan bidang kesehatan bertujuan agar semua lapisan masyarakat dapat memperoleh pelayanan kesehatan secara mudah, merata dan murah. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan masyarakat diantaranya adalah rendahnya konsumsi makanan bergizi, kurangnya sarana kesehatan serta keadaan sanitasi dan lingkungan yang tidak mendukung. Sarana kesehatan di Kecamatan Krayan adalah : Puskesmas 1 unit, puskesmas pembantu 1 unit, puskesmas keliling 1 unit, posyandu 17 unit, dan toko khusus obat dan jamu adalah 1 buah. Sedangkan jumlah keluarga yang menerima Kartu Sehat/Kartu Peserta
Progam Jaminan Kesehatan Masyarakat Miskin selama tahun 2007 adalah sebanyak 74 Kepala Keluarga dengan jumlah surat miskin yang dikeluarkan sebanyak 74 surat.

7. PERTANIAN
Pertanian yang meliputi pertanian tanaman pangan, pekebunan, kehutanan, perikanan dan peternakan selalu diupayakan untuk menunjang pertumbuhan dan stabilitas ekonomi. Pembangunan di bidang pertanian memegang peranan penting dalam pembangunan ekonomi, terutama untuk meningkatkan taraf hidup petani sebagai kelompok besar masyarakat, disamping itu juga untuk mendukung pertumbuhan industri.
Luas lahan sawah di Kecamatan Krayan pada tahun 2008 adalah sejumlah 3.200 ha.
Lahan Persawahan di Krayan
 
8. SOSIAL BUDAYA DAN OLAH RAGA
Agama yang dipeluk oleh masyarakat Kecamata Krayan adalah Islam, Kristen, dan Katholik, sedangkan agama yang dipeluk oleh mayoritas masyarakat di kecamatan ini adalah agama Kristen, dengan jumlah gereja Katholik sebanyak 1 gereja, 1 Masjid dan 33 gereja kisten. Sedangkan jumlah Majelis ta’lim/kelompok pengajian/kelompok kebaktian adalah 65.
Lapangan Olah Raga di Krayan

Menurut data tahun 2007 jumlah penyandang cacat di Kecamata Krayan adalah 6 orang Tuna Netra, 1 orang Tuna Runggu – Wicara, 4 orang Tuna Grahita, 2 orang Tuna Daksa. Sedangkan jumlah suku/etnis di kecamatan ini adalah sebanyak 5 Suku, dengan mayoritas suku/etnis di kecamatan ini adalah suku Dayak
Putuk. Sarana dan prasarana olah raga di Kecamata Krayan terdiri dari 7 lapangan sepak bola, 4 lapangan bola volli, 1 lapangan bulu tangkis, dan Tenis

9. ANGKUTAN, KOMUNIKASI DAN INFORMASI
Transportasi menurut fungsinya adalah untuk melayani mobilitas orang, barang dan jasa lokal, regional, nasional, bahkan internasioanl serta berfungsi sebagai pendukung pembangunan sektor lain. Penyelenggaraan sistem transportasi daerah mencakup transportasi darat, laut, dan udara. Sarana dan Prasarana trasnportasi antar desa di Kecamatan Krayan terdiri dari sarana dan prasarana udara sebanyak 5 buah bandara. Seiring dengan berkembangnya jaman menuju era globalisasi sekarang ini, informasi dan komunikasi memegang peranan yang sangat pentingdalam kehidupan masyarakat. Berbagai kemudahan berkomunikasi merupakan salah satu dambaan masyarakat.Untuk mempermudah berkomunikasi, media komunikasi yang mudah dan cepat salah satunya adalah telepon. Jumlah keluarga pemakai telepon seluler tahun 2007 adalah 405 kepala keluarga, sedangkan jumlah kantor pos/pos pembantu/umah pos adalah 1 unit.
Transportasi ke Kraya
10. EKONOMI
Menurut data industri kecil, di Kecamatan Krayan memiliki industri kecil anyaman yang berjumlah 155 unit dan industri logam yang berjumlah 1 unit. Perdagangan merupakan salah satu sumber penghasilan utama di Kecamatan Krayan. Pada tahun 2008 tecatat di Kecamatan Krayan tedapat 3 kompleks petokoan, 1 pasar permanen, dan 113 warung klontongan, sedangkan jumlah penginapan di Kecamatan Krayan adalah sebanyak 3 unit. Jumlah lembaga keuangan mikro infomasi adalah 1 unit.

11. POLITIK DAN KEAMANAN
Menurut data tahun 2007, partai yang memperoleh suara terbanyak pada pemilu terkhir di Kecamatan Krayan adalah Golkar, kemudian PDIP, PBB, PAN, dan PDS.
Di Kecamatan Krayan terdapat 12 orang anggota HANSIP/KAMLING. Selama tahun 2007 tindak kriminalitas di Kecamatan Krayan yang paling banyakterjadi adalah pencurian.

Sumber; BPS Nunukan

Terkait:
  1. Kecamatan Nunukan
  2. Kecamatan Sebatik
  3. Kecamatan Sembakung
  4. Kecamatan Lumbis
  5. Kecamatan Krayan
back to Nunukan


Berita

Loading...

Arah Kiblat