WELCOME TO THE BLOG SERBA SERBI.

Sabtu, 25 Februari 2012

Langkah-Langkah Berhenti Merokok

Ada banyak alasan mengapa Anda harus berhenti merokok. Ada banyak resiko merokok yang tidak hanya merusak kesehatan saja, tetapi juga penampilan Anda. Merokok akan membuat nafas Anda tidak segar dan gigi menjadi kuning, bau tidak sedap pada pakaian, rambut, kulit dan air seni, menurunnya kemampuan atletik, batuk dan sakit tenggorokan, detak jantung dan tekanan darah meningkat, serta banyaknya biaya yang dihabiskan setiap harinya untuk membeli rokok.

Selain itu, resiko merokok lainnya adalah Anda menjadi rentan terhadap penyakit jantung, masalah pernapasan serius, kanker paru-paru, mulut dan gusi, mengalami penuaan dini, resiko sakit maag dan asam lambung, gangguan kehamilan dan janin, kanker payudara, serta memberikan contoh yang buruk terhadap anak-anak Anda.

Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk berhenti merokok:

Stop merokok! Tekankanlah kata-kata tersebut dalam diri Anda setiap waktu. Yang paling penting dalam melakukan sesuatu adalah niat dan tekad untuk terus menjalankannya. Jika Anda sudah berniat untuk berhenti merokok, maka kuatkanlah tekad Anda tersebut. Selalu berpikiran positif, bahwa berhenti merokok tersebut sangatlah mudah. Hal selanjutnya yang mungkin perlu Anda lakukan adalah membuang segala sesuatu yang berhubungan dengan rokok di dalam rumah Anda, baik itu asbak, korek api, dan pastinya rokok.

Mintalah bantuan dari orang-orang terdekat Anda. Dengan adanya dukungan dari keluarga dan teman, keinginan Anda untuk segera berhenti merokok mungkin bisa menjadi lebih mudah. Mintalah pada teman-teman dan keluarga untuk menghentikan dan mengalihkan perhatian Anda, ketika hasrat untuk merokok Anda muncul.

Anda mungkin memiliki kebiasaan merokok ketika bersantai atau saat mengalami stres. Untungnya, ada cara lain untuk mengelola stres yang Anda rasakan tanpa harus merokok. Bersantai dengan mandi air hangat, jalan dengan teman-teman, mendengarkan musik yang lembut, berolah raga, mengikuti kegiatan yoga dan meditasi, terbukti dapat mengurangi rasa stres Anda. Perubahan dalam rutinitas harian juga akan membantu Anda dalam menahan keinginan untuk merokok. Misalnya saja, jika biasanya Anda merokok saat Anda sedang minum kopi, cobalah minum teh hangat sebagai gantinya.

Resep obat-obatan seperti Bupropion SR dan Varenicline terbukti dapat membantu beberapa orang untuk berhenti merokok. Obat-obatan ini tidak mengandung nikotin sehingga Anda tidak akan mengalami kecanduan. Obat ini akan membantu Anda untuk melawan dorongan atau keinginan untuk merokok lagi. Namun sebelum menggunakan obat ini, konsultasikanlah terlebih dahulu dengan dokter Anda mengenai aturan pemakaian dan hal-hal apa saja yang harus dihindari selama pemakaian obat-obatan tersebut.

Proses penarikan diri dari nikotin memang tidak menyenangkan. Cepat marah, tidak sabaran, sakit kepala, mudah lapar, serta sulit berkonsentrasi, mungkin akan Anda rasakan pada beberapa hari pertama setelah Anda berhenti merokok. Namun jangan khawatir, hal tersebut biasanya akan hilang dalam beberapa minggu.

Berhenti merokok adalah suatu proses yang tidak mungkin terjadi dalam semalam. Intinya, jangan terlalu memaksakan diri. Lakukan secara bertahap agar tubuh dapat menyesuaikan diri dengan perlahan tanpa rokok. Ingat, berhenti merokok tidak hanya baik untuk kesehatan Anda, tetapi juga bagi keluarga dan saku Anda, tentunya.

Berhenti Merokok Dengan Nicotine Nasal Spray



Kecanduan terhadap zat kimia seperti nikotin adalah efek yang timbul karena kebiasaan merokok dan penggunaan produk tembakau lainnya. Kecanduan yang diakibatkan oleh konsumsi yang berlebihan akan produk tembakau seperti rokok akan sangat sulit untuk disembuhkan, karena kecanduan tersebut tidak hanya secara fisik namun juga mental. Ketergantungan pada nikotin dapat menyebabkan beberapa gejala yang tidak menyenangkan ketika mencoba berhenti, misalnya mengalami kecemasan, gangguan tidur, sakit kepala, dan pusing. Hal tersebut tidak termasuk bahaya rokok yang tentu saja lebih mengerikan. Untungnya ada solusi untuk perokok yang ingin berhenti merokok dan membutuhkan bantuan membebaskan mereka dari kecanduan.

Maret 1996 adalah waktu ketika nasal spray nikotin bisa dibeli dengan resep dokter. Cara ini telah menjadi salah satu cara populer untuk berhenti merokok dan telah membantu banyak orang yang menderita karena kecanduan rokok. Apalagi bahaya rokok sangat berbahaya bagi kesehatan jangka panjang bagi pecandunya, maka nasal spray diciptakan untuk membatu terapi berhenti merokok. Produk nasal spray ini tersedia dalam botol pompa yang disemprotkan sekali dalam setiap lubang hidung. Cara penggunaannya adalah ketika nasal spray disemprotkan pada lubang hidung, usahakan agar Anda tidak menghirup nafas pada saat yang sama. Alasan mengapa Anda tidak boleh menghirup nafas adalah karena nikotin yang disemprotkan harus tertempel pada lapisan hidung bagian dalam.

Pada saat menempel pada lapisan dalam hidung inilah, nikotin bisa diserap ke dalam aliran darah. Namun jika Anda menarik napas pada saat yang sama waktu penyemprotan, maka nikotin akan masuk ke dalam tenggorokan dan tertelan. Jika nikotin tertelan, nasal spray tidak akan bekerja, karena asam yang ada di perut Anda mampu merusak nikotin.
Mulailah dengan menggunakan 16-80 semprotan per hari, untuk 8-40 dosis harian. Setiap nasal spray berisi sekitar 200 semprotan. Oleh karena itu, Anda akan menggunakan seperempat hingga setengah botol setiap harinya.

Untuk membantu Anda berhenti merokok, nasal spray bisa digunakan sampai lima kali dalam satu jam. Jumlah semprotan akan dikurangi selama periode tiga bulan. Namun, karena tergantung kondisi fisik masing-masing individu, mungkin Anda akan menemukan bahwa Anda perlu melanjutkan terapi untuk berhenti merokok ini dalam jangka waktu yang lebih lama.

Berhenti Merokok Dengan Teknik Tusuk Jarum


Add caption
Bagi masyarakat kita dan banyak masyarakat dunia, merokok adalah suatu kebiasaan buruk yang bukan lagi menjadi hal yang aneh, sayangnya, kebiasaan ini sudah menjadi gaya hidup baik untuk orang dewasa atau pun anak muda. Untuk orang-orang yang sudah merokok selama bertahun-tahun, berhenti merokok adalah hal yang sangat ingin mereka lakukan. Metode yang tersedia juga sangat beragam seperti menggunakan cara medis, mengunyah permen, mengurangi menghisap rokok secara bertahap, dan lain sebagainya. Dari semua metode, satu metode yang terbukti sangat efektif adalah dengan menggunakan metode akupuntur.

Akupuntur atau yang lebih dikenal sebagai tusuk jarum adalah metode tradisional Cina yang terbukti membantu perokok meninggalkan kebiasaan mereka secara permanen. Metode akupuntur terbukti dapat memberikan hasil yang signifikan untuk mengurangi kebisaan merokok dan sebagai alat detoksifikasi dari racun-racun rokok yang mengendap di tubuh. Metode tusuk jarum tidak memfokuskan pada cara mengurangi konsumsi rokok, tetapi mengatasi gejala-gejala yang timbul saat seseorang mengurangi konsumsi rokoknya.

Gejala yang mungkin timbul saat mencoba berhenti merokok adalah sugesti kurangnya energi, emosi yang tidak stabil, dan tentu saja keinginan untuk mengkonsumsi rokok.  Suatu penelitian di Oslo menyebutkan bahwa metode tradisional ini dapat membantu orang untuk berhenti merokok selama lima tahun setelah perawatan pertama. Setelah menggunakan tusuk jarum, banyak orang merasa bahwa rasa tembakau menjadi tidak enak dan mereka tidak ingin mengkonsumsinya lagi.

Bagian tubuh yang menjadi target metode tradisional ini adalah telinga. Perawatan secara berkelanjutan sangat diperlukan untuk mendapatkan efek permanen. Dalam proses perawatan metode tradisional ini, pasien juga biasanya diberikan suatu pil yang akan ditempel di bagian telinga. Saat keinginan merokok memuncak, pil tersebut bisa ditekan dengan lembut untuk menghilangkan rasa ingin merokok.

Metode tusuk jarum juga berfungsi sebagai alat detoksifikasi. Akupuntur berkerja pada hati dan membantu hati yang selama ini dipengaruhi tembakau bekerja normal seperti orang yang tidak mengkonsumsi rokok.

Sumber: Pusat Medis.Com

Arief

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online