WELCOME TO THE BLOG SERBA SERBI.

Jumat, 18 Oktober 2013

Terapi air bagi penderita nyeri sendi

arifuddinali.blogspot.com - Air. Siapa yang tak mengetahui manfaatnya bagi tubuh kita?
80% tubuh manusia terdiri dari air. Otak dan darah adalah dua organ penting yang memiliki kadar air di atas 80%. Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sementara darah memiliki komponen air 95%. Secara normal kita butuh sedikitnya 2 liter sehari atau 8 gelas sehari. Bagi perokok jumlah tersebut harus ditambah setengahnya. Air tersebut diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi. Para dokter juga menyarankan agar mengonsumsi air putih 8-10 gelas setiap hari agar metabolisme tubuh berjalan baik dan normal.

Air terbukti memiliki banyak manfaat lebih dari sekedar penghilang dahaga.Banyak yang mengira bahwa banyak minum air putih akan meredamkan lapar lebih sedikit. Faktanya, air putih dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Lalu bagaimana dengan penderita sendi?
Tulang sendi pada tubuh manusia sangat rentan terjadi gesekan dan kerusakan akibat iklim. Minum air putih yang banyak dapat membantu menghilangkan nyeri sendi. Faktanya, tulang rawan berikut sendi akan menipis jika asupan air kurang.

Inilah therapi air putih bagi penderita sendi:
Pagi hari ketika baru bangun tidur minumlah 1.5 liter air, yaitu 5 sampai 6 gelas.
Hal yang sangat penting untuk diketahui bahwa jangan minum atau makan apapun satu jam sebelum dan sesudah minum 1.5 liter air ini. Juga telah diteliti dengan seksama bahwa tidak boleh minum minuman beralkohol pada malam sebelumnya.

Apakah mungkin Minum 1.5 Liter Air Sekaligus?
Untuk awal, mungkin akan sulit meminum 1.5 liter air sekaligus, namun secara perlahan akan terbiasa juga. Mula-mula, ketika latihan, Anda boleh minum 4 gelas dulu dan sisanya yang 2 gelas diminum dua menit kemudian. Efeknya ialah akan buang air kecil 2 sampai 3 kali dalam satu jam, tapi setelah beberapa lama, akan normal kembali.

Disarankan agar therapi ini dilakukan tiga kali sehari, yaitu pagi, siang, dan malam satu jam sebelum makan -selama satu minggu, setelah itu dua kali sehari sampai nyeri sendi agak berkurang. 
Sumber: sendikiawan



8 Kiat Agar Sendi Sehat

sendi-sehat
  • Pola makan yang baik untuk memelihara persendian antara lain mengandung banyak sayuran misalnya wortel dan brokoli, buah-buahan (jeruk, pepaya, mangga, jambu biji, nenas, semangka, melon, alpukat), ikan sumber asam lemak omega3 yang bersifat antiinflamasi, sumber kalsium seperti susu dan yogurt. Pilih makanan sumber antioksidan (vitamin A, C, E, dan selenium). Beras merah cukup banyak mengandung selenium.

  • Banyak minum air putih. Sebaliknya hindari minuman bersoda dan gula refinasi (gula putih).
  • Olahraga teratur. Olahraga baik untuk menjaga otot-otot serta persendian tetap bugar dan kuat. Bagi yang sudah mengalami nyeri sendi, sebaiknya tidak melakukan aerobik, bersepeda, atau joging, karena dapat menyakiti lutut. Lebih baik berenang atau berjalan kaki. Jika menyukai angkat beban, ingatlah untuk menjaga postur yang tepat, agar tidak cedera. Yoga, tai chi, dan pilates juga baik untuk menguatkan sendi, otot-otot, dan juga mental.
  • Jaga postur. Selalu perhatikan postur tubuh ketika beraktivitas. Jangan sampai berat tubuh hanya membebani persendian secara berlebihan, sehingga menimbulkan cedera. Contohnya, saat membawa tas punggung (ransel), kenakan kedua talinya secara benar, sehingga beban terbagi secara seimbang. Jika hanya satu tali yang tergantung di bahu, bisa menekan sendi bahu lalu menjalar ke sendi panggul, lalu lutut. Kebiasaan ini berisiko menimbulkan nyeri sendi bahu, panggul, pinggang, lutut, dan kaki.
  • Jaga badan. Usahakan berat badan selalu dalam kisaran ideal. Orang yang gemuk atau kelebihan berat badan lebih berisiko mengalami nyeri sendi, terutama di area panggul, pinggang, dan lutut. Bagian-bagian tubuh inilah yang paling besar bebannya dalam menyangga berat badan kita. Kelebihan 1 kilogram saja berarti menambah tekanan sekitar 5 kg pada sendi-sendi tersebut.
  • Jangan sering pakai high heels. Mengenakan sepatu berhak tinggi memang membuat kaki tampak lebih seksi, tetapi juga bisa terluka. Sol tujuh sentimeter, menurut para ahli, bisa membebani kaki tujuh kali lebih banyak dibandingkan sol 2,5 sentimeter. Sol sepatu tinggi juga akan member tekanan lebih pada lutut sehingga berisiko terkena osteoarthritis.
  • Manjakan diri. Nikmati pijatan di seluruh tubuh untuk merilekskan ketegangan otot dan mengatasi kelelahan. Pijatan yang benar bisa memperbaiki fungsi sendi. Jika belum sempat, berendam atau mandi air hangat sebelum tidur juga bisa merilis ketegangan otot, dan meredakan sakit sendi.
  • Jika terasa nyeri di lutut atau persendian lain, produk yang dioleskan dengan kandungan Glukosamin disertai pereda nyeri, akan banyak membantu.

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online