WELCOME TO THE BLOG SERBA SERBI.

Candi



Candi adalah istilah dalam Bahasa Indonesia yang merujuk kepada sebuah bangunan keagamaan tempat ibadah peninggalan purbakala yang berasal dari peradaban Hindu-Buddha. Candi merupakan bangunan replika tempat tinggal para dewa yang sebenarnya. Beberapa candi seperti Candi Borobudur dan Prambanan dibangun amat megah, detil, kaya akan hiasan yang mewah, bercitarasa estetika yang luhur, dengan menggunakan teknologi arsitektur yang maju pada zamannya.

Kompleks candi Prambanan, candi Hindu terbesar di Indonesia

Candi di Indonesia 

Candi Borobudur,
monumen Buddha terbesar di dunia

Candi Mendut
dekat Borobudur


Candi Pawon
antara Borobudur dan Mendut


Candi Prambanan,
candi Hindu terbesar di Indonesia


Candi Sewu,
candi Buddha terbesar kedua setelah Borobudur

Candi Puntadewa, Dieng


Candi Arjuna, Dieng

Candi Srikandi, Dieng

Candi Semar, Dieng

Candi Gedong Songo, Ungaran

Candi Cangkuang, Garut, Jawa Barat

Candi Sukuh

Candi Penataran

Candi Jawi

Candi Kidal

Candi Singhasari

Candi Jago

Candi Sumberawan

Candi Padas Gunung Kawi, Bali

Candi Tikus, Trowulan

Candi Wringin Lawang, Trowulan

Candi Brahu, Trowulan

Candi Jabung

Candi Gumpung, Muaro Jambi, Jambi

Candi Muaro Takus, Jambi



Candi Gatotkaca
Candi Gatotkaca adalah candi Hindu yang berada di Dataran Tinggi Dieng, di wilayah Kabupaten Banjarnegara, Propinsi Jawa Tengah. Candi ini terletak di sebelah barat kompleks Candi Arjuna, di tepi jalan ke arah Candi Bhima, di seberang Museum Dieng Kailasa. Dahulu, Candi Gatotkaca merupakan bagian dari kompleks yang terdiri atas enam bangunan candi. Nama Gatotkaca sendiri diberikan oleh penduduk dengan mengambil nama tokoh wayang dari cerita Mahabarata.

Candi Gatotkaca berdenah bujursangkar dengan pintu berada pada dinding sisi barat. Pada ketiga sisi dinding yang lain terdapat relung berhias kala-makara.

 

Candi Bima

Candi Bima terletak paling selatan di kompleks Percandian Dieng. Pintu masuk berada di sisi timur. Candi ini cukup unik dibanding dengan candi-candi lain, baik di Dieng maupun di Indonesia pada umumnya, karena kemiripan arsitekturnya dengan beberapa candi di India. Pada bagian atap terdapat relung dengan relief kepala yang disebut dengan kudu. Candi ini sekarang berada dalam kondisi buruk, antara lain karena beberapa kali kasus pencurian arca kudu tersebut[r] serta rusak akibat solfatara dari Kawah Sikidang.

 

Candi Lumbung

Candi Lumbung adalah candi Buddha yang berada di dalam kompleks Taman Wisata Candi Prambanan, yaitu di sebelah candi Bubrah. Menurut perkiraan, candi ini dibangun pada abad ke-9 pada zaman Kerajaan Mataram Kuno. Candi ini merupakan kumpulan dari satu candi utama (bertema bangunan candi Buddha) yang dikelilingi oleh 16 buah candi kecil yang keadaannya masih relatif cukup bagus.

Lokasi di wikimapia

 

Candi gebang dilihat dari sudut tenggara

Candi Gebang adalah candi Hindu yang berada di dusun Gebang, kelurahan Wedomartani, Ngemplak, Sleman, DIY. Candi yang ditemukan pada tahun 1936 ini diperkirakan dibangun pada sekitar abad ke-8 M pada saat wangsa Sanjaya berkuasa di zaman Kerajaan Mataram Kuno. Candi yang dipugar oleh Van Romondt tahun 1937-1939 ini mempunyai ukuran kira-kira 5 x 5 meter dengan tinggi 8 meter. Candi Gebang mempunyai puncak berbentuk lingga, dan pada relung sebelah barat dan timur terdapat arca Ganesa, Nandiswara dan yoni. 

 Nama-nama Candi


Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Arifuddin Ali