WELCOME TO THE BLOG SERBA SERBI.

Jumat, 27 April 2012

Ziarah Madinah

ISI
  1. Madinah El Munawarah
  2. Mesjid Nabi
  3. Raudah
  4. Kuburan Nabi
  5. Mesjid Quba
  6. Baqi'
  
1. Madinah El Munawarah

Tanah Haram Madinah Dan Batas-Batasnya
Rasulullah saw. membuat kota Madinah sebagai tanah haram, sebagaimana Ibrahim a.s. membuat kota Mekah menjadi tanah haram. Rasulullah saw. bersabda, "Kota Madinah yaitu daerah antara dua kawasan berbatu hitam adalah tanah haram."

Batas-batas Kota Madinah
1. Daerah antara dua Labah (labatani/lahar). Yang dimaksud dengan Labatani ialah dua harrah (harratani/dua kawasan berbatu hitam); yaitu, Bagian Timur yang dahulu dikenal dengan nama Harrah Waqim, dan di Bagian Barat yang dahulu dikenal dengan Harrah Wabarah.

2. Pengharaman daerah antara dua kawasan berbatu hitam dan tiga lembah, yaitu jama' Tadharu`, jama' Ummu Khalid dan jama' Aqil atau Aqir, yaitu pegunungan yang membentang dari lembah Aqiq sebelah Barat sampai ke sumur Urwah (dekat Universitas Islam Madinah).

3. Pengharaman daerah antara Tsur dan Ir.
* Tsur adalah bukit kecil yang terletak di belakang gunung Uhud, berwarna merah. Di belakang bukit ini sekarang terdapat jalan ke arah Pelabuhan Udara.
* Ir adalah gunung hitam yang besar yang mengarah ke Barat Daya dari Zulhulaifah (Bir Ali). Pada lereng sebelah Baratnya melintas jalan Hijrah yang merupakan jalur cepat.

Keutamaan Madinah
a. Madinah adalah daerah yang paling dicintai oleh Allah Taala. Ia adalah tempat hijrah utusan-Nya, Muhammad saw, tempat tidur beliau, keluarganya, tetangganya dan Ansharnya. Ia adalah rumah iman dan ke sanalah iman dapat bertahan pada akhir zaman. Dan pada pintu masuknya terdapat malaikat yang menjaga. Tidak akan dimasuki oleh Dajjal dan penyakit thaun. Ia adalah negeri terakhir di dunia yang hancur. Ia adalah tempat turunnya wahyu. Hampir tidak ada tempat di Madinah kecuali di sana diturunkan wahyu atau keluar hadis nabi.

b. Barangsiapa yang ingin berbuat buruk, maka Allah akan melarutkannya sebagaimana larutnya garam di air. Ia terhindar dari kejahatan. Rasulullah saw. bersabda,
اللهم حبب إلينا المدينة كحبنا لمكة أو أشد
Artinya, " Ya Allah! Tumbuhkanlah kecintaan kami kepada Madinah seperti cinta kami kepada Mekah atau lebih dari itu. "

اللهم اجعل بالمدينة ضعفي ما جعلت بمكة من البركة
Artinya, " Ya Allah! Jadikanlah keberkahan kota Madinah berlipat dari keberkahan yang Engkau turunkan di Mekah. "

اللهم بارك لنا في مدينتنا، اللهم بارك لنا في صاعنا، اللهم بارك لنا في مدنا، اللهم اجعل مع البركة بركتين.
Artinya, " Ya Allah! Berkahilah kami di kota Madinah kami. Ya Allah! Berkahilah kami pada rezki kami. Ya Allah! Berkahilah kami pada makanan kami. Ya Allah! Jadikanlah satu keberkahan menjadi dua keberkahan. "

من استطاع أن يموت بالمدينة فليمت فإني أشفع لمن يموت بها
Artinya, " Barangsiapa yang mampu untuk meninggal di Madinah, maka meninggallah di sana karena sesungguhnya aku akan memberi syafaat kepada orang yang meninggal di sana. "



2. Mesjid Nabi
Keutamaan Mesjid Nabi
Mesjid Nabi adalah mesjid kedua dalam Islam yang mempunyai keutamaan posisi dan keutamaan pahala bagi orang-orang yang salat dan yang datang berziarah ke sana di sisi Allah swt. Rasulullah saw. bersabda: "Janganlah kamu bersusah payah mengadakan perjalanan kecuali ke tiga mesjid, Masjidilharam, mesjidku ini (Mesjid Nabi) dan Masjidilaksa."

Ditegaskan pula bahwa salat di Mesjid Nabi mempunyai keutamaan yang besar. Dalam hal ini Rasulullah saw. bersabda: "Salat di mesjidku ini adalah lebih baik dari 1000 (seribu) salat di mesjid lain kecuali di Masjidilharam."

Doa Di Mesjid Nabi
Tidak ada zikir khusus ketika memasuki Mesjid Nabi. Doa masuk Mesjid Nabi sama seperti doa yang dibaca ketika masuk mesjid manapun. Ketika masuk hendaklah dengan kaki kanan dan membacakan doa masuk mesjid: بسم الله اللهم صل على محمد وعلى آل محمد، اللهم اغفر لي ذنوبي، وافتح لي أبواب رحمتك
Artinya, " Dengan nama Allah, Ya Allah! Berikanlah salawat dan salam kepada nabi besar Muhammad saw. dan keluarga beliau. Ya Allah! Ampunilah dosa-dosaku dan bukakan bagiku pintu-pintu rahmat-Mu. "


3. Raudah
Adab Ziarah Rasululah saw.
Merendahkan suara di hadapan Rasulullah saw. merupakan adab kita kepada beliau dan menaati firman Allah Taala,

يا أيها الذين آمنوا لا ترفعوا أصواتكم فوق صوت النبي ولا تجهروا له بالقول كجهر بعضكم لبعض أن تحبط أعمالكم وأنتم لا تشعرون، إن الذين يغضون أصواتهم عند رسول الله أولئك الذين امتحن الله قلوبهم للتقوى لهم مغفرة وأجر عظيم
Artinya, " Hai orang-orang yang beriman janganlah kamu meninggikan suaramu lebih dari suara Nabi, dan janganlah kamu berkata kepadanya dengan suara keras sebagaimana kerasnya (suara) sebagian kamu terhadap sebagian yang lain, supaya tidak hapus (pahala) amalanmu sedangkan kamu tidak menyadari. (49/2). Sesungguhnya orang-orang yang merendahkan suaranya di sisi Rasulullah mereka itulah orang-orang yang telah diuji hati mereka oleh Allah untuk bertakwa. Bagi mereka ampunan dan pahala yang besar. "
Ayat ini mengancam orang yang meninggikan suaranya di depan Rasulullah saw. yaitu Allah akan menghapus pahala
Ayat ini turun berkenaan dengan Tsabit bin Qais ra. Dia adalah sahabat yang paling keras suaranya. Karena takutnya kepada ancaman Allah, ia duduk di rumah menangis dan berkata, "Saya adalah sahabat yang paling tinggi suaranya di depan Rasulullah saw. saya tidak menduga ayat ini turun melainkan berkenaan denganku." Ketika Rasulullah saw. merasa kehilangan dia, beliau mengutus orang untuk mencari di rumah keluarganya. Mereka berkata, "Ini dia, di dalam rumahnya, air matanya masih berlinang sejak beberapa hari." Ketika mereka menemuinya, ia berkata bahwa tidaklah ayat ini turun kecuali berkenaan dengannya. Kemudian ia dibawa menjumpai Rasulullah saw. dan Rasulullah saw. menenangkannya dan memberi kabar gembira kepadanya dengan surga.
Diriwayatkan bahwa Abu Bakar Siddiq ra. berkata, "Tidaklah patut meninggikan suara, baik ketika Rasulullah saw. masih hidup atau sudah wafat."
Aisyah ketika mendengar suara yang memekakkan telinga atau suara paku yang dipalu di rumah tetangga, ia datang ke rumah tersebut dan berkata, "Janganlah kalian menyakiti Rasulullah saw."
Umar bin Khatab ra. melihat dua orang lelaki sedang ribut di dalam Mesjid Nabi. Kemudian dia mengisyaratkan untuk datang menemuinya dan bertanya, "Dari mana kalian berdua؟" Kedua orang itu menjawab, "Dari Taif." Umar ra. berkata, "Kalau seandainya kalian penduduk Madinah, maka aku akan pukul kalian dengan keras. Sesungguhnya mesjid kami ini, tidak ada suara yang tinggi di dalamnya."


4. Kuburan Nabi
Makam Rasulullah Saw.
1-Setelah selesai melaksanakan salat Tahiyatul mesjid, penziarah terus menuju ke kamar mulia dan berdiri menghadap kubur Rasulullah saw. sambil memberikan salam,
السلام عليك يا رسول الله، السلام عليك يا حبيب الله، السلام عليك يا خير خلق الله، أشهد أنك بلغت الرسالة وأديت الأمانة، ونصحت للأمة وجاهدت في سبيل الله حتى أتاك اليقين
Artinya, " Salam sejahtera buatmu wahai Rasulullah saw, salam sejahtera buatmu wahai kekasih Allah, salam sejahtera buatmu wahai sebaik-baik makhluk. Aku bersaksai bahwa engkau telah menyampaikan risalah Islam, engkau telah melaksanakan amanat, engkau telah menasehati ummat dan engkau telah berjihad di jalan Allah sampai datangnya kematian."
Kemudian bergerak selangkah ke kanan dan mengucapkan salam kepada Abu Bakar Siddiq ra.,
السلام عليك يا أبا بكر، السلام عليك يا ثاني اثنين إذ هما في الغار، السلام عليك يا خليفة رسول الله
Artinya, " Salam sejahtera buatmu wahai Abu Bakar, salam sejahtera buatmu wahai Pendamping Rasulullah saw. ketika kamu berdua di gua Tsur, salam sejahtera buatmu wahai Khalifah Rasulullah saw. "
Kemudian bergerak selangkah ke kanan dan mengucapkan salam kepada Umar bin Khatab Al Faruq ra.,
السلام عليك يا أمير المؤمينين، السلام عليك يا أبا حفص، السلام عليك يا غلق الفتنة
Artinya, " Salam sejahtera buatmu wahai Amirul Mukminin, salam sejahtera buatmu wahai Abu Hafsh, salam sejahtera buatmu wahai Pembendung Fitnah. "
Kemudian menghadap kiblat dan kamar mulia baginda berada di belakang sambil berjalan meninggalkan tempat tersebut untuk para penziarah lainnya dan berdoa kepada Allah dengan doa apapun baik perkara dunia atau perkara akhirat.


5. Mesjid Quba
1- Mesjid pertama di Madinah Munawarah. Allah Taala memuji mesjid ini dan penduduk Quba yang mendirikan salat di sana dengan firman-Nya,
لمسجد أسس على التقوى من أول يوم أحق أن تقوم فيه، فيه رِجال يحبون أن يتطهروا والله يحب المطهرين
Artinya, " Sesungguhnya mesjid yang didirikan atas dasar takwa (mesjid Quba), sejak hari pertama adalah lebih patut kamu salat di dalamnya. Di dalamnya ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Allah menyukai orang-orang yang bersih. "Apa yang kamu lakukan di dalamnya sehingga Allah membaguskan pujian buat kamu? " Mereka menjawab, "Sesungguhnya kami menggabung antara batu dan air dalam bersuci."
2- Diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad saw. menziarahi Quba setiap hari Sabtu dengan naik tunggangan. Beliau juga pernah datang ke sana pada hari Senin. Rasulullah saw. bersabda, "Barangsiapa yang sudah suci dari rumahnya kemudian pergi menuju mesjid Quba dan melaksanakan salat apapun di sana, maka dia akan memperoleh pahala umrah. "
Terdapat dalam hadis bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Barangsiapa yang salat di mesjid Quba pada hari Senin dan hari Kamis, maka pahalanya diganti dengan pahala umrah."


6. Baqi'
Baqi` Al Gharqad
1- Yang dimaksud dengan kata Baqi` adalah tanah subur (gembur) yang tidak terdapat batu-batuan. Tanah jenis ini biasanya diperuntukkan buat daerah pemakaman. Di Madinah terdapat banyak tanah seperti ini, di antaranya Baqi` Az Zubair, Baqi` Al Khail dan lain-lain. Rasulullah saw. sering menziarahi kuburan Baqi` Al Gharqad pada malam hari dan berdoa untuk penghuninya:
السلام عليك دار قوم مؤمينين
Artinya, " Salam sejahtera buat kamu wahai penghuni Baqi`, kaum yang beriman dan orang-orang Islam. Semoga Allah mengasihi orang-orang yang mendahului kami dan orang-orang yang terkemudian. Sesungguhnya kami dengan izin Allah akan menyusul kamu. "
2.Disebutkan dalam hadis bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Aku adalah orang pertama yang akan dikeluarkan dari bumi --pada hari kiamat--, dan aku adalah orang pertama yang akan dibangkitkan. Aku, Abu Bakar ra. dan Umar ra. keluar menuju pemakaman Baqi`, kemudian mereka semua dibangkitkan, lalu penduduk Mekah. Kemudian semuanya berkumpul memenuhi antara Dua Tanah Haram (Madinah dan Mekah)."
Dikuburkan di sana sekitar 10.000 (sepuluh ribu) sahabat.
Doa Ketika Menziarahi Kuburan Baqi`
Menurut riwayat doa-doa ziarah Baqi` Al Gharqad adalah sebagai berikut:
1- السلام عليك دار قوم مؤمنين، و أتاكم ما توعدون، غدا مؤجلون، وإنا إن شاء الله بكم لاحقون، اللهم اغفر لأهل بقيع الغرقد
Artinya: Salam sejahtera buat kamu wahai tempat tinggal orang-orang beriman, diberikan kepadamu apa yang telah dijanjikan, besok akan tiba hari yang telah ditetapkan, sesungguhnya kami dengan izin Allah akan menyusul kamu. Ya Allah! Ampunilah penghuni baqi Al Gharqad.
2- السلام عليك يا أهل القبور يغفر الله لنا ولكم، أنتم سلفنا ونحن بالأثر.
Artinya: Salam sejahtera buat kamu wahai penghuni kubur, semoga Allah mengampuni kami dan kamu. Kamu pendahulu kami dan kami mengikut kamu.
3- السلام عليك دار قوم مؤمنين، أنتم لنا فرط، وإنا بكم لاحقون، اللهم لا تحرمنا أجرهم ولا تضلنا بعدهم.
Artinya: Salam sejahtera buat kamu wahai tempat tinggal orang-orang beriman. Kamu adalah orang-orang yang lebih dahulu. Dan sesungguhnya kami akan menyusul kamu. Ya Allah! Janganlah Engkau haramkan kepada kami pahala mereka dan janganlah Engkau sesatkan kami selepas mereka.

Terkait
Jenis-Jenis Haji

  1. Haji Tamattu
  2. Haji Qiran
  3. Haji Ifrad
  4. Manasik Umrah
  5. Haji Wada
  6. Ziarah Madinah
  7. Hukum kurban dan dam
  8. Kisah Alquran
  9. Masjidilharam
  10. Mesjid Nabi
  11. Fikih Haji
Arief

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online