WELCOME TO THE BLOG SERBA SERBI.

Minggu, 02 Oktober 2011

Partai Amanat Nasional

Partai Amanat Nasional (PAN) adalah sebuah partai politik di Indonesia. Asas partai ini adalah "Akhlak Politik Berlandaskan Agama yang Membawa Rahmat bagi Sekalian Alam" (AD Bab II, Pasal 3 [2]). PAN didirikan pada tanggal 23 Agustus 1998 berdasarkan pengesahan Depkeh HAM No. M-20.UM.06.08 tgl. 27 Agustus 2003. Ketua Umum saat ini adalah Hatta Rajasa[1]. Ketua Majelis Pertimbangan Partai dijabat oleh Amien Rais.

Sejarah Kelahiran PAN

Platform (Identitas, Sifat, Visi, Misi dan Garis Perjuangan Partai)

 

Kegiatan

Tanggal 5-7 Juli 1998, dilaksanakan Tanwir Muhammadiyah di Semarang yang dihadiri oleh seluruh jajaran Pimpinan Pusat Muhammadiyah serta utusan dari tingkat Wilayah(provinsi). Dalam sidang komisi, mayoritas peserta menginginkan agar warga Muhammadiyah membangun partai yang baru. Namun dalam keputusan resmi dinyatakan, bahwa Muhammadiyah tidak akan pernah berubah menjadi parpol, juga tidak akan membidani lahirnya sebuah parpol. Tetapi warga Muhammadiyah diberi keleluasaan untuk terlibat dalam parpol sesuai dengan minat dan potensinya.

Tanggal 22 Juli, Amien Rais menghadiri pertemuan MARA di hotel Borobudur. Hadir dalam acara membahas situasi politik terahir ini, antara lain: Goenawan Mohammad, Fikri Jufri, Dawan Raharjo, Ratna Sarumpaet, Zumrotin dan Ismet Hadad. Dari hasil diskusi dan evaluasi kinerja MARA, Goenawan kemudian menyimpulkan bahwa disepakati perlunya MARA memersiapkan pembentukan partai, disamping fungsinya semula sebagai gerakan moral. Tim kecil yang diharapkan akan membidani lahirnya sebuah parpol kemudian dibentuk.

Pencapaian pada Pemilu Anggota DPR 2009

Partai Amanat Nasional mendapat 43 kursi (7,5%) di DPR hasil Pemilihan Umum Anggota DPR 2009, setelah mendapat sebanyak 6.254.580 suara (6,0%).

Tokoh-Tokoh


Ketua Hatta Rajasa
Sekretaris jenderal Taufik Kurniawan
Didirikan 23 Agustus 1998
Kantor pusat Jakarta Selatan, DKI Jakarta
Ideologi Pancasila
Kursi di DPR (2009)
43 / 560
Situs web
Situs Resmi Partai Amanat Nasional

-------------------------------------------------------------

Historis Hubungan Muhammadiah Dengan PAN


Amien Rais – Selamatkan Indonesia

 

Berita:  

Iklan Partai Amanat Nasional

video



 Galery:
 Photo Nunukan

Referensi  

Hatta Rajasa Ketua Umum PAN Secara Aklamasi, VIVANews.com, 9 Januari 2010. Diakses pada 9 Januari 2010.


back to Parpol

Arief

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online