WELCOME TO THE BLOG SERBA SERBI.

Kamis, 06 November 2014

Manfaat dan Khasiat Daun Cincau Bagi Kesehatan

arifuddinali.blogspot.com - Manfaat dan khasiat daun cincau untuk kesehatan cukup banyak. Ada 2 jenis cincau yang bisa peroleh khasiatnya yakni yang pertama cincau hijau yang dibuat menggunakan tanaman Cyclea barbata, yang kedua adalah cincau hitam yang berasal dari tanaman Mesona palustris atau cincau perdu Premna serratifolia. Manfaat cincau ini biasanya dibuat sebagai es cincau. Manfaat dan Khasiat Daun Cincau Cincau banyak disukai disemua kalangan. Bahan cincau ini sangat tinggi kandungan mineralnya terutama kalsium dan fosfor. Saat ini Cincau sangat baik dikonsumsi untuk program diet anda dikarenakan rendah kalori tetapi mengandung tinggi serat. Cincau dipercaya dapat meredakan sakit panas dalam, sembelit, derita perut kembung, demam serta diare. Adapaun seratnya bermanfat dalam membersihkan organ pencernaan dari zat karsinogen penyebab kanker.

Khasiat Daun cincau hijau diperoleh karena ada senyawa dimetil kurin-1 dimetoidida, Dimana zat tersebut mampu mengendurkan otot. Senyawa lain seperti isokandrodendrin mampu mencegah sel tumor ganas. Tumbuhan Cincau juga memiliki kandungan alkaloid bisbenzilsokuinolin serta S,S-tetandrin yang berkhasiat dan bermanfaat mencegah kanker ginjal, obat antiradang serta dapat menurunkan tingkat tekanan darah tinggi. Tanaman Cincau termasuk kedalam jenis tumbuhan berbatang merambat, tetapi diameter lingkar batang kecil, kulit batangnya kasap dan berduri. Panjang batangnya bisa mencapai belasan meter dan daunnya berbentuk perisai dengan
permukaan dengan permukaan dipenuhi bulu halus. Bunganya berwarna kuning dengan buah batu berwarna merah mempunyai bentuk lonjong. Cincau tumbuhan ini biasa ditemukan pada daerah terbuka ditepi hutan ataupun di semak belukar, Banyak juga dipelihara dan merambat pada pagar tanaman. Cincau Tumbuhan Cincau cocok tumbuh di daerah yang memiliki ketinggian kurang dari 1000 meter di atas permukaan laut. Nama-nama lain dari tanaman ini adalah Cincau (Indonesia), Camcao, Juju, Kepleng (Jawa); Camcauh, dan Tahulu (Sunda). Tumbuhan Cincau ada jenis, yakni yang hijau yanq terbuat dari tanaman Cyclea barbata, dan yang hitam berasal dari tumbuhan Mesona palustris atau perdu (Premna serratifolia).

Cara pengolahan menjadi Gelatin/Gel Cincau :
Pilih petik daun yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda. Daun cincau diremas-remas dalam air matang dengan perbandingan kira-kira 1 liter air untuk 2 genggaman daun cincau. Air remasan tadi lalu disaring dan dibiarkan selama 1 malam. Sehingga pagi hari air ini sudah akan mengental dan membentuk gelatin. Gel/gelatin inil yang kita sebut sebagai cincau.

Manfaat dan khasiat Cincau bagi kesehatan adalah sebegai berikut:
  1. Manfaat dan khasiat Cincau untuk mengobati Sakit Perut dan Hipertensi Daun cincau secukupnya diremas-remas menggunakan air matang, lalu disaring serta dibiarkan beberapa saat sampai bentuknya menyerupai agar-agar, lalu ditambah santan kelapa juga pemanis dari gula kelapa. Cara penggunaanya yaitu dengan dimakan seperti biasa.
  2. Manfaat dan khasiat Cincau untuk mengobati Demam. Akar cincau secukupnya diseduh dengan air panas kemudian disaring. Cara menggunakannya adalah seperti minum biasa. Menurut penelitian para ahli, tumbuhan ini mengandung zat sejenis karbohidrat yang akan menyerap banyak air, dengan demikian daunnya akan menjadi padat. Disamping kandungan zat karbohidrat , daun cincau juga mengandung zat lemak dan lain-lain. Adapun untuk daun cincau hijau banyak mengandung senyawa dimetil kurin-1 dimetoidida.
  3. Manfaat dan khasiat Cincau untuk mengendurkan otot
  4. Manfaat dan khasiat Cincau untuk mengobati tumor ganas. Senyawa lain seperti isokandrodendrin dipercaya mampu mencegah sel tumor ganas.
  5. Manfaat dan khasiat Cincau untuk mengobati kanker ginjal, antiradang, hipertensi. Tanaman cincau memiliki kandungan alkaloid bisbenzilsokuinolin dan S,S-tetandrin yang berkhasiat mencegah kanker pada ginjal, antiradang serta menurunkan tekanan darah tinggi.

Berikut Nutrisi yang terkandung dalam setiap 100 g Cincau yaitu
  • Energi: 122 kkal
  • Protein: 6 g
  • Lemak 1 g
  • Karbohidrat 26 g
  • Kalsium 100 mg
  • Fosfor 100 mg
  • Zat besi 3.3 mg
  • Vitamin A 10.750 SI
  • Vitamin B1 80 mh
  • Vitamin C 17 mg
  • Serat Makanan 6.23 g

Khasiat daun Cincau lainnya yaitu menyejukkan perut, menurunkan panas, menanggulangi gangguan pencernaan, dan menekan kadar kolesterol. Tumbuhan dari genus Mesona, terutama M. procumbens, M. chinensis yang banyak diproduksi di Tiongkok bagian selatan serta Indocina, atau M. palustris yang banyak digunakan di Indonesia, menghasilkan cincau hitam. Cylea barbata Myers atau cincau hijau, menghasilkan cincau berwarna hijau dan agak lebih padat konsistensinya. Melasthoma polyanthum atau cincau perdu. Cylea barbata Myers atau cincau hijau lebih dikenal dan disukai di Indonesia karena memiliki struktur yang lebih kenyal dan lebih banyak manfaatnya. (infoherbaltradisional)

Bebas Bayar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online